Blogroll

Blogroll

Imperator: Ulasan Roma – epik sejarah yang megah namun menuntut

Imperator: Ulasan Roma – epik sejarah yang megah namun menuntut

Paradox terbaru sangat besar tetapi datang dengan beban berat

Semua mata tertuju pada Roma di era Klasik awal. Negara adidaya memiliki saingan di timur di Mesir, Frigia, dan Makedonia, dan pertengkaran internal untuk bersaing dengan bangsawannya sendiri. Dengan ancaman perang saudara tidak pernah jauh di cakrawala, Roma yang perkasa tetap berkembang dengan kecepatan yang menakutkan bagi musuh-musuhnya, menelan Etruria di barat laut dan Sabinia di timur dalam beberapa tahun.

beranda

Ulasan PC Yakuza Kiwami 2 – meningkatkan performa

Sementara itu, ribuan mil jauhnya di anak benua India, seorang penguasa baru diangkat di Kamarupa. Berbatasan dengan Maurya yang perkasa, potensi ekspansi mereka minimal. Tapi apa yang tidak diketahui oleh para pejabat tinggi Maurya adalah bahwa Kamarupa tidak peduli dengan hukuman ekspansi yang agresif.

Dari titik awal ini, atau lusinan lainnya menurut negara pilihan Anda, seluruh sejarah alternatif dimainkan di Imperator: Roma. Dan itu dilakukan dengan detail yang sangat mengejutkan sehingga Anda dapat memberikan ceramah TED selama satu jam pada setiap sesi permainan – jika saja Anda dapat menemukan auditorium orang-orang yang terpesona oleh pasang surut diplomatik dan aliran kerajaan imajiner Anda.

Seperti mesin Clausewitz sezamannya Europa Universalis dan Raja Salib – dan meskipun saya belum pernah memainkan Hearts of Iron, itu juga – Imperator: Roma adalah kotak pasir strategi sejarah dengan skala besar dan detail mikroskopis, Ini adalah permainan yang menumbuhkan daya tarik nyata bagi sejarah era yang digambarkannya, dan terlepas dari kebajikan itu, itu adalah permainan yang mudah tersesat di dalam dan menemukan diri Anda tanpa kendali dalam kekacauan menu dan angka.

Imperator Roma

Bukan berarti ini sesuatu yang kontroversial atau tidak biasa untuk dikatakan tentang permainan strategi besar Paradox. Penggemar berat dari salah satu seri yang disebutkan di atas akan memberi tahu Anda bahwa Anda keluar dari game ini apa yang Anda masukkan; menginvestasikan waktu dan Anda akan mendapatkan banyak hadiah di kemudian hari karena telah melewati kebingungan awal Anda. Dan saya cenderung setuju dengan itu. Aku tidak bisa membayangkan apa lagi yang mungkin mendorongku untuk meneliti Kamarupan di waktu senggangku.

TIDAK ADA CARA MUDAH UNTUK MENDAPATKAN GAMBARAN UMUM TENTANG HUBUNGAN

Namun, mereka yang berada di sisi lain, yang memiliki 0,8 jam Raja Salib di akun Steam mereka, akan memberi tahu Anda bahwa game-game Clausewitz Engine ini tertekuk di bawah beban kerumitannya dan tidak melakukan cukup banyak untuk membiarkan Anda masuk ke sistem mereka. Saya cenderung setuju dengan itu juga. Ada tutorial di Imperator: Roma, memberi Anda kendali ke Roma 450 tahun setelah berdirinya dan dengan lembut mendorong Anda menuju beberapa tugas manajemen dan perluasan kerajaan. Dan dalam banyak hal, itu menyampaikan garis besar kampanye yang tepat, tetapi juga meninggalkan banyak detail dan fungsi yang harus Anda pelajari sendiri nanti – atau melakukan pekerjaan rumah di YouTube.

Jadi kekuatan Kamarupan saya didorong ke dalam kampanye tanpa tujuan eksplisit. Dan, memang, saya tidak benar-benar memahami seberapa baik saya mengelola kerajaan saya selama ratusan tahun. Tugas-tugas sederhana seperti menginvasi tanah kekaisaran lain membutuhkan pendekatan diplomatik yang sangat spesifik – biasanya membuat klaim atas tanah mereka, kemudian menggunakan itu sebagai alasan untuk menyatakan perang, kemudian  menduduki tanah mereka, dan akhirnya menegosiasikan perdamaian tetapi menuntut tanah yang diduduki itu sebagai gantinya. Imperator: Tutorial Roma mendorong Anda untuk menyerang wilayah lain, tetapi tidak membahas cara mencapainya. Tanpa pengetahuan sebelumnya tentang game strategi besar Paradox, Anda akan kesulitan untuk menavigasi protokol seperti ini.

Imperator Roma

Ada sejumlah besar kerumitan pada angka dan sistem yang mengatur pertempuran, dan Imperator: UI Roma tidak melakukan pekerjaan luar biasa untuk menggambarkannya. Sangat mudah untuk melewatkan pilihan taktik dari pasukan Anda sendiri dan musuh Anda, dan berbagai penggemar ke unit dan jenis serangan tertentu yang mereka buat. Juga sulit untuk membaca tentang bagaimana sebenarnya pertempuran berlangsung, dadu bergulir demi lemparan dadu, karena data itu diapit dalam layar pertempuran yang sangat banyak info.

Anda dapat melontarkan kritik yang sama pada banyak aspek lain dari Imperator: Roma. Berbagai mata uang Anda – uang, tenaga kerja, kewarganegaraan, agama, dan kekuatan pidato – memiliki hubungan yang kompleks dengan tindakan Anda dan dengan satu sama lain. Bahkan dimungkinkan untuk mengubah kekuatan ini menjadi emas jika Anda kekurangan uang, mirip seperti kota-kota yang Anda tunjuk untuk menanam emas di Civ dengan mengorbankan pertumbuhan dan kebahagiaan. Mereka adalah sumber kehidupan permainan, tetapi tidak ada cara mudah untuk mendapatkan gambaran visual dari hubungan tersebut. Anda harus mempelajari banyak menu, mengawasi semua bonus dan penalti yang Anda peroleh, dan mencari tahu mengapa Anda memilikinya, untuk benar-benar tetap berada di puncak kerajaan Anda.

Dalam banyak hal, itulah permainannya – tidak mudah untuk memimpin negara adidaya era Klasik. Tetapi ada perbedaan antara menguasai kompleksitas yang melekat pada tugas dan bergulat dengan permainan untuk mendapatkan info yang Anda butuhkan. Pendekatan visual ini tampaknya tertanam dalam game yang berjalan di mesin ini, tetapi di Stellaris ada metode yang lebih eksperimental dan lebih mudah dipahami untuk memberi Anda gambaran umum tentang banyak sistem rumit yang berinteraksi dalam kendali Anda.

Imperator Roma

Tetapi jika Anda memiliki minat yang cukup pada era Klasik, dan / atau cukup tertarik dengan peta dunia yang indah – penuh dengan perbatasan yang telah lama terlupakan yang menyebabkan ribuan orang mati dan menampilkan nama-nama yang belum pernah Anda dengar sebelumnya – Anda terus maju. Dan Imperator: Roma menghargai Anda karena melakukannya.

Vox Pops

VOX POPS

Mengelola perasaan orang-orang Anda adalah tugas yang sangat melibatkan di Imperator: Roma, karena mereka dipecah menjadi hierarki sosial, masing-masing dengan sifat yang berbeda. Menghabiskan kekuatan religius untuk penggemar adalah obat yang bagus untuk semua penyakit sosial.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan gulungan dadu virtual acak yang membentuk narasi tentang subjek Anda. Saya memiliki seorang konsul yang menjadi depresi setelah diam dalam pidato publik dan kehilangan reputasi, yang mendekam selama bertahun-tahun sebelum akhirnya sembuh total. Saya meminta seorang konsul lain menjadi sangat marah, berbicara dalam bahasa roh dan mulutnya berbusa. Yang lain mempelajari rahasia kepuasan, menyatakan kepada pengadilannya, “Berhenti menginginkan lebih.” Dampak numerik dari mikro-narasi ini tidak besar: konsul saya yang depresi sedikit merusak kekuatan pidato saya, dan konsul gila saya sedikit tidak setia. Tidak ada yang bisa meruntuhkan perekonomian suatu negara. Tapi ceritanya tetap melekat pada saya.

Ini memberi Anda imbalan atas pencapaian yang lambat dan lambat yang Anda capai dari waktu ke waktu juga. Mendapatkan wilayah baru adalah tugas yang panjang dan berat yang membutuhkan banyak perencanaan dan manajemen mikro yang dekat saat Anda melakukan semua urusan perang yang sebenarnya, pergerakan pasukan, dan diplomasi. Jadi, ketika Anda memperkecil peta dan hanya melihat seberapa besar kerajaan Anda yang sederhana tumbuh, hadiahnya terasa lebih dalam daripada yang mungkin terjadi di game 4X, di mana pertempuran menangani dirinya sendiri dan diplomasi adalah sentuhan yang lebih lembut.

Imperator Roma

Secara inheren, ia juga menghargai Anda dengan kelancaran dalam sistemnya. Karena ini adalah jenis permainan yang dimainkan dalam puluhan jam – mungkin ratusan – akhirnya mata Anda tahu persis ke mana harus melihat ketika Anda perlu memeriksa seperti apa hubungan Anda dengan faksi Mercantile, atau ingin melakukan ritual pengorbanan untuk memulihkan stabilitas Anda. muncul. Jadi berdasarkan pengalaman jangka panjang, reservasi yang disebutkan di atas akan berkurang seiring waktu.

Jenderal kursi berlengan?  Kendalikan game strategi terbaik di PC

Ini seperti belajar mengemudi, dengan cara itu. Betapa membingungkan dan canggungnya pedal kopling saat Anda pertama kali mengoperasikannya. Tapi seberapa sering Anda memikirkannya setelah 100 jam di belakang kemudi? Dan tanpanya, Anda tidak akan bisa mengemudi ke mana pun – kecuali Anda baru saja membeli mobil otomatis. Jadi begini: jika Anda ingin melihat era Klasik terungkap secara mendetail sesuai dengan tindakan Anda di peta dunia yang indah, Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk menemukan titik gigitnya.

Sayang sekali Imperator: Roma tidak dapat menemukan cara untuk menjadi lebih mudah diakses tanpa kehilangan kedalamannya yang luar biasa – tidak semua orang memiliki waktu atau rentang perhatian untuk mengumpulkan kenikmatan yang ditawarkan di sini dari ujung depan yang mengesankan itu.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: