Materi Sosiologi Kelas X : Metode Penelitian Sosial

images (1)Sesuai dengan kodratnya manusia dibekali dengan hasrat ingin tahu. Dengan adanya hasrat ingin tahu itu dalam diri manusia selalu muncul berbagai macam pertanyaan. Sebagai akibatnya, manusia juga selalu berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yang muncul tadi. Hasrat ingin tahu tersebut akan terpenuhi apabila manusia memperoleh pengetahuan baru atau mampu memecahkan masalah sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sendiri. Biasanya manusia selalu berpikir jika berhadapan dengan banyak permasalahan. Akan tetapi, tidak semua masalah membuat kita terdorong untuk memikirkannya secara sungguh-sungguh.

Atas dorongan rasa ingin tahu inilah biasanya manusia terdorong untuk melaksanakan suatu kegiaatan untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka yaitu dengan melakukan penelitian. Sama seperti bidang-bidang ilmu lain, sosiologi sebagai ilmu sosial juga memiliki suatu metode yang dapat digunakan dalam melakukan penelitian sosial.

Metode – Metode Sosiologi Secara Umum

Secara garis besar, Sosiologi membagi metode penelitiannya kedalam 2 kategori, yaitu :

  1. Metode kualitatif

Metode Kulitatif adalah metode yang memprioritaskan berbagai sulit untuk diukur dengan angka, walaupun kejadian tersebut secara nyata terjadi dalam masyarakat. Pengelompokkan suatu hasil penelitian kedalam Metode Kualitatif apabila hasil tersebut tidak bisa dijabarkan secara matematis

  1. Metode kuantitatif

Metode Kuantitatif adalah metode yang memprioritaskan penelitian berdasarkan penelitian berdasarkan kepada angka atau gejala-gejala yang dapat diukur dengan skala matematis seperti tabel, grafik, dan uji statistik. Pengukuran data secara matematis tidak mengharuskan peneliti sosiologi menguasai ilmu statistik yang tinggi, karena pengamatan hanya menggunakan ilmu matematis sederhana seperti mencari rata-rata, melihat tabel, frekuensi, dll, serta topik yang dibahas tetaplah tentang masyarakat.

  1. Metode – metode sosiologi secara khusus

Dalam Sosiologi suatu pengantar edisi kedua, Soerjono Soekanto, 1986 dikatakan bahwa sosiologi adalah ilmu untuk mengungkap dan meninjau realitas sosial yang ada dalam masyarakat. Sebagai ilmu pengetahuan, tentunya sosiologi menggunakan metode Ilmiah agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Nah berikut ini adalah metode – metode yang digunakan :

images (2)

  1. Metode statistik

Metode Statistik adalah metode yang digunakan untuk menunjukan hubungan atau pengaruh kualitas, dan memperkecil prasangka pribadi dari suatu pihak. Contohnya adalah penggunaan tabel saat melakukan pengamatan agar memperoleh hasil secara kuantitatif.

  1. Metode eksperimen

Metode eksperimen adalah metode yang digunakan untuk membandingkan hasil percobaan dari dua kelompok. Satu kelompok sebagai eksperimen dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol.

  1. Metode induktif

Metode Induktif adalah metode yang digunakan dengan mempelajari suatu hal yang khusus untuk mendapatkan hasil atau kesimpulan yang lebih luas dan bersifat umum.

  1. Metode deduktif

Metode Deduktif adalah metode yang digunakan untuk mempelajari suatu hal yang bersifat umum untuk mendapatkan suatu hasil atau kesimpulan yang kemudian dipelajari pada keadaan lebih sempit atau lebih khusus.

  1. Metode studi kasus

Metode Studi Kasus adalah metode yang digunakan untuk meneliti kebenaran peristiwa yang terjadi dengan melakukan pengamatan terhadap suatu keadaan, individu, dan berbagai kelompok. Alat – alat yang digunakan dalam studi kasus adalah wawancara, pertanyaan – pertanyaan kuesioner, dan teknik keterlibatan peneliti dalam suatu masalah.

  1. Metode survei lapangan

Metode Survei Lapangan adalah metode yang digunakan dengan cara turun secara langsung kedalam lingkungan masyarakat untuk mendapatkan data.

  1. Metode partisipasi

Metode Pertisipasi adalah metode yang digunakan untuk melakukan suatu penelitian secara mendalam terhadap suatu kelompok tertentu. Agar mendapatkan data dengan metode ini, Peneliti harus berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat / kelompok yang diamati.

  1. Metode empiris dan rasionalistis
  • Metode Empiris adalah metode yang menggunakan fakta yang telah terjadi dalam masyarakat untuk mendapatkan data.
  • Metode Rasionalistis adalah metode yang menggunakan akal sehat untuk menemukan dan meninjau masalah-masalah yang berkaitan dengan kemasyarakatan.
  1. Metode fungsionalisme

Metode Fungsionalisme adalah metode yang digunakan untuk menilai bagaimana fungsi suatu lembaga kemasyarakatan dan struktur sosial dalam masyarakat.

  1. Metode studi pustaka

Metode Studi Pustaka adalah metode yang memanfaatkan berbagai literatur dan buku untuk mendapatkan suatu data. Metode ini tidak memerlukan banyak biaya karena dapat memanfaatkan perpustakaan untuk mendapatkan banyak sumber. Namun peneliti harus memiliki kemampuan untuk mencari buku – buku yang memang sesuai dengan topik yang akan dibahas.

DAFTAR PUSTAKA :

Soewinto, dkk. Sosiologi Kelas X Semester Ganjil. Solo : Trijaya Utama.

Bagja, waluya. 2007. Sosiologi menyelami fenomena sosial di masyarakat untuk Kelas X. Bandung : PT Setia Purna Inves.

Maryati, Kun; Suryawati, Juju. 2007. Sosiologi Untuk Kelas X 1. Jakarta : Esis.

https://softilmu.blogspot.co.id/2015/02/Metode-Metode-Penelitian-Sosiologi-Adalah.html Diakses pada 22 Desember 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.