Kota Penuh Kenangan Ambarawa

www.rizkaalyna.com

Siapa yang tidak mengenal kota Ambarawa? Pasti yang tidak mengenal adalah orang yang melupakan sejarah bangsanya. Kota Ambarawa termasuk dalam daerah yang berperan penting dalam memerdekakan wilayah Semarang, Jawa Tengah untuk merebut kekuasaan atas pasukan Sekutu pada saat itu. Kota ini menjadi saksi atas pertempuran Ambarawa pada tanggal 20 November 1945 dan berakhir pada 15 Desember 1945. Telah banyak pengorbanan yang dikerahkan oleh para pemimpin pertempuran Ambarawa , keringat dan peluh, kesengsaraan, keluarga bahkan jiwa raganya. Hal ini menunjukkan betapa besar pengorbanan yang telah dilakukan demi mencapai kemerdekaan dan ketentraman yang saat ini dapat kita rasakan.

Kota Ambarawa terletak di sebelah selatan kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini sangat sejuk karena terletak di kaki gunung Ungaran. Dari kota ini juga banyak dihasilkan hasil tanam seperti padi, ketela, jagung, bayam, sawi, dan lain sebagainya. Mayoritas penduduk di Ambarawa berprofesi sebagai petani dan pedagang. Jika kalian sedang berada di Ambarawa pasti kalian akan merasakan asrinya alam sekitar dan juga ramahya penduduk yang ada di Ambarawa.

Kota Ambarawa merupakan kota kecil dengan sejuta pesona. Wisata alam, wisata sejarah, dan wisata kuliner semuanya ada di Ambarawa, bagi kalian yang menyukai travelling dan explore suatu daerah, Ambarawa dapat menjadi salah satu tujuan destinasi kalian. Wisata alam yang ada di Ambarawa yaitu Rawa Pening, danau yang melegenda sejak dahulu yang dapat dijadikan referensi untuk menyegarkan kembali fikiran dan tubuh setelah lelah beraktivitas atau bekerja. Untuk kalian yang menyukai trekking dapat mendaki gunung Ungaran ataupun Merbabu.

Wisata sejarah dari kota Ambarawa juga tidak kalah menarik wisatawan untuk melihat langsung bukti nyata perjuangan pada pertempuran Ambarawa. Diantaranya, terdapat Museum Kereta Api, Monumen Palagan, Beteng William 1, Candi Gedong Songo dan lain-lain.

Di Museum Kereta Api kalian dapat melihat kereta api uap yang dahulu digunakan untuk transportasi para Sekutu, selain itu di Museum Kereta Api juga menyediakan jasa kereta api uap peninggalan sejarah yang masih berfungsi dan akan mengantar pengunjung ke daerah yang lain pada jalur tersebut, akan tetapi kalian harus membeli tiket untuk dapat menaiki kereta api uap. Di Monumen Palagan kalian dapat melihat peninggalan senjata-senjata yang digunakan untuk perang pada zaman dahulu dan juga kalia dapat melihat relief-relief perjuangan para pendahulu. Untuk masuk ke monummen palagan kalian juga dikenakan tariff, tetapi harganya tetap terjangkau kok ^^

Berbicara tentang wisata kuliner, Ambarawa juga punya segudang makanan yang wajib kalian kunjungi jika pergi ke Ambarawa. Ini nih daftar wisata kuliner yang bisa kalian jadikan referensi ; Pecel Tukinem Ambarawa, Tahu Serasi Bandungan, Eva Coffee House, Sate Kelinci Bandungan, Surabi Kuah Ambarawa, Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari, Sate Kempleng Pak Slamet, Gudeg Merakmati, dan lain sebagainya. Cukup sekian tentang kota kenangan Ambarawa, semoga bermanfaat ya ^^

 

Terimakasih telah mampir membaca 🙂

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi blog award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: