I am ?

cikalersindonesia.blogspot.com

Di dalam kehidupan ini, pasti kalian sudah banyak bertemu dengan berbagai macam orang dari segala jenis baik umur, gender, ras, suku, budaya, kebiasaan dan lain sebagainya. Di dalam kehidupan tersebut pastinya kalian harus benar-benar dapat memahami karakteristik dari setiap orang, karena karakter seseorang pastinya berbeda ada yang senang sekali tertawa, tersenyum, cepat marah, cepat bosan, pendiam dan lain sebagainya. Hal ini jangan pernah disalah artikan bahwa seseorang yang cepat marah ataupun cepat emosi dan pendiam bahkan cuek adalah orang yang tidak menyenangkan. Coba bayangkan bagaimana jika tidak ada orang yang marah dan hanya ada orang yang tersenyum, pastinya ini sangat membosankan bukan?

Dari sekitar lingkungan yang ada di hidup kalian, pasti kalian telah memahami bebrapa sifat atau karakter dari setiap orang seperti karakter teman, sahabat, pacar, orang tua, tetangga, dan keluarga yang lainnya. Tetapi apakah kalian telah mengenali diri kalian sendiri? Nah mari kita simak bebrapa pendapat saya untuk mengenali diri sendiri. Cekidott…

  1. Cobalah semua hal yang baru

Mungkin terkadang kalian pernah merasa bosan dan tidak tau apa yang membuat kalian bosan ? cobalah untuk keluar dari zona aman kalian, dan lihatlah lingkungan sekitar kalian. Bagaimana keadaan dan hiruk pikuk di luar sana. Mungkin saja kalian tidak pernah mencoba hal yang baru dan terkesan memilih untuk tetap pada titik aman kalian. Cobalah untuk mencoba hal yang baru dan mungkin saja kalian akan menemukan diri kalian yang sebenarnya.

  1. Luangkan waktu untuk merenung

Banyak orang yang mengatakan bahwa orang yang merenung itu tidaklah baik, tetapi ini berbeda , luangkan waktu sebentar saja dari rutinitas atau kesibukan kalian untuk berbicara kepada diri kalian sendiri apa yang sebenarnya yang kalian inginkan saat ini. Ini juga akan mempengaruhi tindakan dan rencana hidup kalian kedepannya.

  1. Melatih untuk evaluasi diri

Ketika kita dihadapkan oleh masalah atau persoalan yang terkadang membuat kita stress berkepanjangan bahkan menjadi putus asa, berlatihlah untuk evaluasi diri. Kalian dapat mengevaluasi diri dari permasalahan yang kalian hadapi seperti jika cara seperti ini apakah nantinya akan menyelesaikan masalah ataukah akan memperpanjang masalahnya. Lalu, sikap kita dalam menghadapi masalah juga sangat berpengaruh terhadap kesiapan kita dalam menghadapi permasalahan yang ada. Seringlah mengevaluasi diri dan belajar dari permasalahn sebelum-sebelumnya.

  1. Meminta pendapat kepada orang lain

Terkadang untuk menentukan karakter orang lain itu lebih mudah daripada menentukan karakter diri sendiri, maka dari itu mintalah pendapat kepada orang lain seperti orang tua, keluarga, teman, sahabat dan lain-lain. Dengan mendengar pendapat dari orang lain kalian akan lebih mudah mengidentifikasi mana yang baik dan buruk dari diri kalian sehingga kalian dapat memahami karakter diri kalian sendiri.

Mungkin hanya itu pendapat saya mengenai memahami diri sendiri, yang paling penting adalah bagaimana cara kita menjadi pribadi yang baik, bukan untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

 

Terimakasih telah mampir membaca 🙂

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi blog award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: