Materi Sosiologi SMA/MA Kelas X Bab I “Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat

Hallo blogy’s, kali ini saya memposting pelajaran sosiologi kelas X kurikulum 2013 revisi. nah, di kelas X Bab I membahas mengenai  fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di Masyarakat, untuk lebih jelasnya simak materi berikut ini ya…

Istilah sosiologi pertama kali digunakan oleh Auguste Comte untuk mempelajari keadaan masyarakat Eropa pada saat itu. Sosiologi sebagai ilmu mulai dikenal sejak abad ke-19 dengan melepaskan diri dari filsafat. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat, dan menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia dalam kehidupan. Sosiologi mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama, cara terbentuk, tumbuh, dan berubahnya kumpulan-kumpulan manusia yang hidup bersama itu, serta kepercayaan, keyakinan yang memberi sifat tersendiri kepada cara hidup bersama itu dalam tiap persekutuan hidup manusia. Singkatnya, sosiologi merupakan ilmu masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang mempelajari manusia sebagai anggota golongan atau masyarakat (tidak sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakat), serta ikatan-ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan atau agama, tingkah laku, dan kesenian, atau kebudayaan masyarakat tersebut.

Objek kajian sosiologi adalah masyarakat. Selo Soemardjan mengatakan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. J. L Gillin dan J. P Gillin mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar. Mereka mempunyai kebisaaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama. Sementara itu, menurut Ralf Linton, masyarakat merupakan suatu kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja sama dalam waktu yang cukup lama. Dalam mempelajari masyarakat sebagai objek kajian, sosiologi memfokuskan studinya pada hal-hal seperti hubungan timbal-balik antara manusia satu dan manusia lainnya, hubungan antara individu dan kelompok. hubungan antara kelompok yang satu dan kelompok lainnya, proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masyarakat.

Sebagai sebuah ilmu, Sosiologi memiliki ciri :

  1. Empiris (berdasarkan hasil observasi atau pengamatan)
  2. Teoritis (berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi)
  3. Kumulatif (teori-teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori-teori yang sudah ada sebelumnya dalam arti memperbaiki, memperluas dan memperhalus teori-teori lama)
  4. Non-Etis (tidak mempersoalkan baik buruk suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis)

Peran Sosiologi

  1. Sosiolog sebagai ahli riset. Para sosiolog melakukan riset ilmiah. Tujuannya adalah mencari data kehidupan sosial masyarakat.
  2. Sosiolog sebagai konsultan kebijakan. Prediksi sosiologi dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi.
  3. Sosiolog sebagai praktisi. Beberapa sosiolog terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat.
  4. Sosiolog sebagai guru atau pendidik

Untuk mendukung materi tersebut, disini saya menambahkan postingan dengan artikel berita https://www.femina.co.id/profile/rita-padawangi-peneliti-yang-menyuarakan-kaum-miskin link tersebut silahkan diklik untuk membantu menambah pemahaman

Dan untuk menambahkan wawasan mengenai materi ini, maka saya membuat beberapa soal pengayaan, kerjakanlah soal pengayaan berikut :

  1. Apakah yang anda rasakan setelah belajar sosiologi? Kaitkan dengan materi ini!
  2. Apakah belajar sosiologi di era sekarang masih diperlukan? Jelaskan sesuai dengan sepemahaman anda!
  3. Beerikan contoh keterkaitan antara belajar Sosiologi dengan Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat
  4. Buatlah review dari artikel berita tersebut!
  5. Apakah ada perbedaan antara orang yang mempelajari sosiologi dengan tidak mempelajari sosiologi dalam menghadapi gejala sosial di masyarakat?

Sumber:

Maryati, Kun, Juju Suryawati. 2014. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta : Erlangga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: