Silabus untuk Mata Pelajarn Antropologi SMA kelas X Kurikulum 2013

November 28, 2015

Satuan Pendidikan         : SMA

Kelas /Semester            : X/1-2

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 KI3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

(lebih…)

2

Silabus untuk Mata Pelajarn Antropologi SMA kelas XII Kurikulum 2013

November 28, 2015

Satuan Pendidikan         : SMA

Kelas /Semester            : XII /1-2

Kompetensi Inti

 KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 KI3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

(lebih…)

2

Silabus untuk Mata Pelajarn Antropologi SMA kelas XI Kurikulum 2013

November 28, 2015

Satuan Pendidikan  : SMA

Kelas /Semester    : XI /1-2

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 KI3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

(lebih…)

2

Dominic dan Revolusi

November 22, 2015

Berhubung karena filmnya lagi booming, maka saya tergelitik, untuk iseng menulis, yang berkaitan dengan film Fast and Furious. Sebenarnya sepintas lalu, film ini hanya kelihatan seperti orang-orang kelebihan uang, yang demi memacu kendaraannya, tidak memerhatikan sama sekali segala kerusakan akibat tindakannya tersebut. Film ini benar-benar menggambarkan mimpi anak muda, untuk terlibat dalam berbagai aksi menegangkan dan penuh tantangan.

Sekilas, film ini melibatkan berbagai kemewahan, judi, dan berbagai budaya liberal lainnya. Akan tetapi, kalau kita melihat dari episode awal film ini (sekarang sudah ke-7), kita akan menemukan prinsip moral utama, dari para tokoh utama film tersebut. Dominic Toretto, dan Brian O’Conner, yang diperankan masing-masing oleh Vin Diesel dan almarhum Paul Walker, adalah tokoh utama dari film tersebut.

Sebagian besar orang mungkin akan berfokus menonton aksi almarhum Paul Walker, yang meninggal secara tragis, akibat kecelakaan mobil, pada tahun 2013 lalu. Akan tetapi, pada tulisan ini, saya akan berfokus pada Dominic Toretto. Ia adalah seorang kriminal, yang tak segan-segan merampok, untuk menghidupi dirinya. Hal tersebut hampir sama dengan tokoh di rusia yang membantu pendanaan revolusi negaranya.

(lebih…)

7

Orang orang di Persimpangan Kiri Jalan

November 22, 2015

buku ini merupakan skripsi soe hok gie dalam menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia. melalui buku ini Gie menyinggung Hindia belanda bertindak kian tegas pasca kegagalan PKI pada aksinya di tahun 1926. kemudian, suasana saling menyalahkan di antara tubuh PKI pun terjadi sehingga muncul bermacam macam kubu di dalamnya. meski begitu PKI tetap satu visi yaitu menyelamatkan kaum kaum yang ditindas.

Setelah masa penjajahan mulai meredup, dimana Sosialis-Komunis mulai berkembang, tokoh tokoh kiri sangat di unggulkan oleh rakyat, terkhususkan oleh pemuda. Sayangnya konsep Revolusi yang mereka pikirkan sangat sulit di wujudkandan memilih menarik diri dari kabinet.

Akhirnya Hatta naik sebagai perdanan mentri baru kala itu. Era ini membuat sayap kiri kebingungan dimana tidak ada sayap kiri dalam kabinet. Bekas bekas kelompok sayap kiri yang tetap mendukung Hatta menggabungkan diri dalam panitia program Nasional untuk kepentingan politiknya. tetapi, Amir Sjarifudin mengundurkan diri dan membangkitkan kembali sayap kiri yang semula lemah menjadi Front Demokrasi Rakyat (FDR). berjalannya waktu akhirnya suasana memanas dimana muncul pro-FDR dan anti -FDR. Solo dan madiun menjadi tempat dimana situasi ini berlangsung, akhirnya muncullah perang antar saudara.

Pada akhir bagian buku, terdapat kutipan yang Soe Hok Gie kutip dari Mayjend. T.B bahwa sebenarnya persoalan persoalan-persoalan yang sedang dihadapi hanyalah pandangan semata, sisanya untuk kebahagiaan dan kebesaran tanah air yang satu juga. di situ pula dijelaskan secara lebih dalam tentang pra kejadian, saat kegiatan, dan pasca kejadian di Madiun.

Gie melihat kejadian madiun dan menjelaskan secara kritis, Idealis, Nasionalis, meskipun terkadang nampak sisi radikalnya namun tetap menjaga etika dan tidak kurang ajar. Gie tidak melihat Komunis sebagai monster jahat, Gie lebih mendeskripsikan Komunis memiliki cara sendiri untuk memerdekakan bangsanya dari penjajah sebenarnya. Dari buku ini juga membuka pikiran kita bagaimana proyeksi kita mengenai PKI yang selama ini kita dengar dari sudut lain, keleluasaan untuk berfikir diberikan dalam setiap lembarnya.

6

Studi kasus Relasi Pedagang Etnis Cina, Arab dan Jawa di Pekalongan

November 22, 2015

     batik-pekalongan

   Dari sekian banyak jenis jenis batik di Indonesia, Batik Pekalongan merupakan salah satu motif batik khas Indonesia yang disukai masyarakat dunia. Batik adalah kain bermotif yang memiliki nilai historis dan filosofis. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki corak batik dengan ciri khas motif dan nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Dari hal tersebut maka batik menjadi komoditi utama bagi warga kota pekalongan. Hal ini juga berdampak pada bagaimana kegiatan ekonomi yang di ambil oleh para pengusaha batik di pekalongan. Pengusaha tersebut berusaha mewududkan relasi yang meluas agar produksi batik dapat berkembang dan mendapati minat para pelanggan. Dari terciptanya relasi, pengusaha batik tersebut juga memunculkan trust antar masing masing relasinya. Trust adalah karakteristik individu, sehingga bisa dikatakan bahwa trust adalah variabel kepribadian, yang menempatkan karakter-karakter individu seperti perasaan, emosi dan nilai-nilai keyakinan. Intinya, pada level individu, seseorang dipercaya untuk melakukan sesuatu berdasarkan pada apa yangdiketahui kemampuan dan reputasi orang tersebut, juga apakah individu tersebut memiliki kemauan, kebaikan kejujuran dan integritas atau tidak. Membahas trust pada level individu sejalan dengan pendekatan disposisi dalam memahami proses pengembangan trust, yaitu:

(lebih…)

4

Metode Pembelajaran Discovery Learning

November 16, 2015

Discovery Learningseiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, dalam dunia pendidikan juga mengalami berbagai perkembangan. pendidikan di indonesia yang kian berubah pada sektor kurikulum juga berperan dalam proses kelangsungan pembelajaran di kelas. di bawah ini saya akan sedikit membagikan model pembelajaran yang dapat membantu pendidik dalam memberikan materi, khususnya materi sosial.

(lebih…)

5

Peran Pendidikan dalam Masyarakat

November 8, 2015

mengajar

Latar belakang

Kehidupan sosial merupakan aktivitas yang berkaitan antara individu dengan individu lain sehingga membentuk aktivitas bersama. Dalam hal ini maka tidak lepas pula keterkaitan perilaku individu satu dengan yang lain. Pada era yang kian mendesak untuk menyesuaikan globalisasi maka kita dituntut untuk bisa mengimbangi nilai dan norma yang berkembang pula. Dari hal ini saya akan memaparkan dimana pendidikan memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup. Pendidikan memang selalu terjadi dimanapun kita berada, dari keluarga hingga di pergaulan secara umum. Namun yang akan menjadi kajian kita kali ini adalah pendidikan diluar keluarga, atau dapat kita sederhanakan lingkupnya dalam pendidikan sekolah.

(lebih…)

6
Lewat ke baris perkakas