Bus Trans Metro Bandung Dibekali Kartu Pintar

Bandung – Telkom menggandeng Sony FeliCa Jepang mengembangkan smart card (kartu pintar) dengan layanan teknologi Near Field Communication (NFC). Untuk tahap pertama akan diterapkan dalam layanan transportasi Trans Metro Bandung (TMB).

Kerjasama tersebut ditandatangani Project Director of ICT Public
Transportation Suprayitno dan Senior General Manager FeliCa Business Division Sony Corporation Kazuyuki Sakamoto disaksikan Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo, di Gedung Grha Merah Putih PT Telkom, Jalan Japati, Kamis (15/10/2015).

Menurut Indra, pemanfaatan ICT kini semakin luas, terutama di public service. “Untuk tahap awal kita akan coba yang paling kompleks yaitu transportasi. Ke depan kartu ini bisa jadi kartu identitas kita, jadi paymentyang dipakai di berbagai aspek. Transaksi jadi cashless,” ujarnya.

Untuk tahap awal sesuai nota kesepahaman, katanya, teknologi NFC akan dipakai untuk bus Trans Metro Bandung. “Ini akan menjadi sebagai alat pembayaran untuk meningkatkan pelayanan transportasi di Bandung,” ujar Indra.

Sementara itu, Project Director of ICT Public Transportation Suprayitno menambahkan, kerjasama ini berlangsung tiga tahun. “Sekarang miniatur dulu dengan TMB di Bandung, mungkin nanti bisa ke Surabaya, atau Medan,” katanya.

Ia menambahkan, untuk sementara smart card ini akan diterapkan pada 10 bus TMB. “Kami akan mencetak dua ribu kartu,” katanya.

Soal kapan dan bagaimana mendapatkan kartu ini, menurut Suprayitno, pihaknya masih menunggu kesiapan dari Pemkot Bandung. “Kalau sistemnya sudah siap, nanti kita akan bicara dengan Pemkot Bandung soal kesiapan SOP-nya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Senior General Manager FeliCa Business Division Sony Corporation Kazuyuki Sakamoto meyakini kerjasama ini bisa memberikan kontribusi positif pada kedua belah pihak. Ia juga menjamin keamanan teknologi NFC.

“Saat ini teknologi kami sudah dipakai di Jepang dan Hong Kong untuk berbagai aplikasi seperti transportasi dan e-payment,” tandasnya.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: