Indonesia mirip dengan China 7 Tahun Lalu

Presiden Baidu: Indonesia Mirip China 7 Tahun Lalu

Jakarta – Meski melakukan kunjungan singkat, President Baidu Zang Ya-Qin mengaku memperoleh pandangan baru tentang bisnis internet di Indonesia. Bahkan ia menilai Indonesia memiliki kemiripan dengan China.

Dijelaskan oleh Zhang, Indonesia dan China memiliki kesamaan dalam tiga hal. Pertama demografi, jumlah populasi di kedua negara cukup banyak. Seperti diketahui China menjadi menjadi negara berpenduduk terbanyak di dunia. Sementara Indonesia berada di posisi keempat.

Kedua, penetrasi pengguna mobile internet di Indonesia sama tingginya seperti di China. Begitu pula dengan tingkat konsumsinya, menurut Zhang, di kedua negara sama tingginya.

Persamaan ini membuat Indonesia sama potensialnya dengan China di bidang ICT. Jadi tak mengerankan bila Baidu berani menggelontorkan banyak dananya di Indonesia.

Hanya saja Zhang mencatat beberapa perbedaan besar antara China dan Indonesia. Orang nomor satu di Baidu itu berharap gap tersebut dapat segera berkurang. Adapun yang menjadi perbedaan yakni kualitas infrastruktur, ketersediaan publik transportasi dan data center.

Menurut Zhang, kondisi infrastruktur, transportasi publik maupun ketersediaan data center dinilainya belum sebaik di China. Namun ia optimistis Indonesia bakal dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Zhang juga sangat mengapresiasi usaha pemerintah Indonesia yang tengah giat pembangunan infrastruktur di segala bidang, khususnya jaringan internet lewat program broadband.

“Ini mengingatkan saya saat China menggenjot pembangunan infrastruktur internet jelang Olimpiade 2008. Indonesia mungkin ke depannya akan sama seperti China,” pungkasnya.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: