Setahun Jokowi-JK, Apa yang Paling Diburu Netizen?

Setahun Jokowi-JK, Apa yang Paling Diburu Netizen?
Jakarta – Tak terasa sudah setahun usia pemerintahan Jokowi-JK. Sepanjang itu pula banyak netizen yang ingin tahu lebih banyak soal sepak terjang Presiden ke-7 Indonesia ini. Google mencatatkan apa-apa yang saja isu yang paling banyak dicari dari Jokowi.

Pertama adalah kata paling banyak diketik soal Jokowi. Menempati posisi teratas ternyata adalah ‘Jokowi Asap’. Bisa dipastikan ini ada kaitannya dengan bencana asap yang belakangan ini melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Sepertinya banyak netizen ingin tahu apa tindakan yang telah dilakukan Jokowi terkait bencana kabut asap.

google trends

google trends

Kemudian topik yang paling dicari terkait Jokowi sendiri antara lain adalah Budi Gunawan dan Megawati, Bali Nine, Pelantikan Ketua Kapolri, Reshuffle Kabinet, serta Danau Toba dan Asap Riau. Terlihat urutan topik ini mengikuti isu yang berkembang selama setahun ke belakang.

Informasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah pembagian wilayah netizen yang paling banyak cari tahu soal Jokowi. Ternyata Jakarta atau bahkan pulau Jawa tak masuk hitungan sebagai wilayah yang netizennya suka cari tahu soal Jokowi. Tercatat Sumatera Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Barat yang netizennya paling banyak cari tahu soal Jokowi.

google trends

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: