Windows 10 Mobile ‘Rakus’ Storage

Windows 10 Mobile Rakus Storage

Jakarta – Pemilik ponsel Windows low end harus bersiap kecewa. Mereka kemungkinan besar tak bisa mencicipi Windows 10 mobile. Perlu kapasitas penyimpanan yang besar untuk menampung Windows 10 Mobile.

Business Insider, Sabtu (29/8/2015) melansir, Windows 10 mobile memakan kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB untuk melakukan update dari Windows Phone 8.1.

Isu ini menimpa sejumlah handset Windows Phone dengan spesifikasi rendah berbagai merek, antara lain termasuk Lumia 530 dan HTC 8S. Ponsel ini rata-rata cuma punya kapasitas penyimpanan internal 4 GB.

Windows Insiders, program Microsoft yang khusus menguji sistem operasi terbaru, menemukan bahwa versi awal Windows 10 Mobile memerlukan kapasitas lebih dari 4 GB. Dan sepertinya, kapasitas yang dibutuhkan kini menjadi dua kali lipatnya.

Syarat kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB memang langkah aneh yang dilakukan Microsoft. Pasalnya, pasar terbesar Microsoft adalah ponsel low end yang rata-rata tidak punya penyimpanan internal cukup untuk Windows 10 Mobile.

Sejumlah pengamat memperingatkan, langkah tersebut berpotensi menciptakan fragmentasi. Sebagian besar pengguna tetap setia memakai Windows Phone 8 sementara segelintir pengguna perangkat high end menggunakan Windows 10 Mobile. Masalah ini juga menimpa OS Android.

Apple sudah belajar dari pengalaman serupa. Saat iOS 8 dirilis, diperlukan 5 GB untuk menginstalnya. Protes pengguna kemudian membuat Apple merampingkan ukurannya menjadi 1,1 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: