Inggris Sediakan Rp 82 Miliar untuk Pembuat Game

Inggris Sediakan Rp 82 Miliar untuk Pembuat Game
Jakarta – Sebesar 4 juta poundsterling atau sekitar Rp 82 miliar (1 poundsterling = Rp 20.500) adalah besaran dana yang dialokasikan oleh pemerintah Inggris untuk membiayai startup. Dana ini bisa digunakan oleh para startup yang ingin menciptakan prototipe video game buatannya.

Video Games Prototype Fund ini berasal dari Kementerian Media, Kebudayaan dan Olahraga Inggris. Dan memang didesain untuk membantu para pembuat video game agar bisa mengangkat konsep video game buatannya menjadi sesuatu yang lebih nyata.

Awalnya, tiap startup game bisa mendapat bantuan dana sampai dengan 25 ribu poundsterling. Dana ini akan diberikan mulai dari tahun ini hingga 2019, dan bisa dipakai untuk sekadar membuat prototipe.

Jika ada startup yang ingin membawa gamenya ke tahap yang lebih lanjut, pemerintah Inggris menyediakan dana tambahan sampai dengan 50 ribu poundsterling, dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (12/10/2015).

Pemerintah Inggris memang menganggap bahwa industri video game adalah salah satu kisah yang paling sukses di Inggris. Contohnya antara lain adalah Grand Theft Auto (GTA) dan Tomb Raider.

GTA dibuat oleh sekelompok programer di Rockstar North yang berbasis di Skotlandia. Sementara seri Tomb Raider dikembangkan oleh Eidos Interactive, sebuah perusahaan game yang berbasis di London.

“Dana ini akan memberikan kesempatan bagi UKM, startup dan individual untuk menjadi lebih baik, dan bisa menarik perhatian para investor untuk bisa menciptakan game besar di kemudian hari,” ujar Ed Vaizey, Menteri Kebudayaan dan Ekonomi Digital.

Sebuah laporan menyatakan, pada bulan September lalu setidaknya ada 1.908 perusahaan pembuat game yang berbasis di Inggris. Dan menurut Kementerian Media, Kebudayaan dan Olahraga Inggris, industri ini menghasilkan uang sekitar 4,5 juta poundsterling tiap harinya, serta membuka sekitar 19 ribu lapangan kerja.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: