Antar Barang Cepat, Amazon Tiru Uber

 Antar Barang Cepat, Amazon Tiru Uber
Jakarta – Amazon baru-baru ini diketahui sedang menguji layanan yang mirip dengan Uber. Meski demikian, raksasa retail online tersebut punya tujuan berbeda.

Jika Uber umumnya dikenal sebagai layanan untuk mengantar penumpang, Amazon menggunakannya untuk menangani paket ‘Prime Now’ yang harus diterima di tangan konsumen dalam waktu paling lama satu jam.

Langkah ini dilakukan Amazon, mengingat musim belanja pada November-Desember menuntut mereka bekerja keras mengantar pesanan barang tepat waktu.

Dilansir AFP, Kamis (1/10/2015), untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Amazon membuka perekrutan khusus untuk sopir layanan antar barang. Sopir harus minimal berusia 21 tahun dan bebas catatan kriminal.

Amazon akan membayar sopir USD 18 hingga USD 25 atau sekitar Rp 252 ribu – Rp 350 ribu per jam, melalui program Amazon Flex. Perekrutan ini dibuka di kota-kota besar di Amerika Serikat (AS) seperti Seattle, New York, Manhattan, Baltimore, Miami, Dallas, Austin, Chicago, Indianapolis, Atlanta dan Portland.

Perusahaan yang dipimpin Jeff Bezos itu pun mengembangkan layanan Prime Now bagi para anggotanya bernama Prime Loyalty Program dengan bayaran USD 99. Ini adalah layanan antar cepat yang mengantarkan beragam barang mulai dari tisu toilet, anggur, makanan beku, hingga Kindle dalam waktu satu jam.

Uber, meski lebih dikenal sebagai aplikasi pemesanan taksi, pada kenyataannya berkembang ke layanan pesan antar. Kontroversi di sejumlah negara, membuat Uber harus putar otak.

Di Barcelona, Spanyol misalnya, pemerintah setempat melarang taksi Uber mengantar penumpang. Tak habis akal, Uber beralih mengantarkan makanan.

Untuk beberapa kota di negara tertentu, Uber memang menawarkan layanan yang lebih variatif. Contohnya di Manhattan, AS ada Uber Rush untuk mengantarkan paket. Ada juga Uber Pool di San Francisco, AS yang memungkinkan sekelompok orang dengan tujuan sama, saling berbagi pembayaran taksi.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: