Perusahaan Ini Jadi Korban Ambisi Mobil Pintar Apple

Perusahaan Ini Jadi Korban Ambisi Mobil Pintar Apple
Jakarta – Apple belakangan sangat agresif merekrut sejumlah ahli otomotif, demi memenuhi kebutuhan sumber daya untuk proyek mobil pintar. Namun untuk itu, ada yang dikorbankan.

Sebuah startup di bidang otomotif bernama Mission Motors, diketahui menutup operasionalnya pada Mei silam, setelah kehilangan sejumlah engineer berbakatnya. Para engineer papan atas ini direkrut oleh Apple.

Meski tak secara terbuka menyebutkan niatannya membuat mobil listrik, Apple nyatanya merekrut puluhan ahli di bidang otomotif yang kebanyakan dari produsen mobil ternama seperti Ford hingga Mercedes-Benz.

Sejumlah sumber Mission Motors menyebutkan, mereka merugi sejak kepindahan sejumlah engineer ke Apple. Mereka juga gagal menemukan investor yang bersedia mendanai bisnis mereka.

CEO Mission Motors Derek Kaufman mengatakan, perusahaannya sebenarnya bisa bertahan, andai mereka tidak kehilangan para karyawan yang menjadi penggerak utama.

“Mission memiliki sekelompok engineer hebat, terutama untuk urusan kendaraan listrik. Apple tahu itu dan menginginkan mereka. Maka mereka pun pergi,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/10/2015).

Mission Motors yang berpusat di San Francisco, Amerika Serikat bukan yang pertama mengkritik ambisi Apple di bidang otomotif. Sebelumnya, CEO Tesla Motors Elon Musk secara terang-terangan mencaci Apple karena berusaha mencuri engineer mereka.

Selain itu pada Februari silam, produsen baterai mobil listrik A123 Systems bahkan mengajukan tuntutan terhadap Apple karena merekrut sejumlah engineer kebanggaan mereka sehingga menghambat penyelesaian proyek yang sedang berjalan.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: