Nintendo NX Lebih Gahar dari PS4 & Xbox One?

Nintendo NX Lebih Gahar dari PS4 & Xbox One?
Jakarta – Belakangan, industri game disibukkan dengan spekulasi konsol misterius Nintendo NX. Setelah dikabarkan bakal mengusung konsep console-mobile hybrid, kini NX disebut menjadi mesin gaming terbaru Nintendo yang siap mengalahkan PlayStation 4.

Bicara mengenai persaingan konsol, jelas nama PlayStation 4 yang menempati posisi teratas. Konsolcurrent-gen Sony ini bahkan dengan mudah mengalahkan eksistensi Xbox One.

Lantas bagaimana dengan nasib Nintendo? Sebagai perusahaan yang berkecimpung di industri yang sama, Nintendo sama sekali tidak bisa berbuat apa-apa. Reputasi perusahaan yang berdiri 125 tahun silam itu kian luntur seiring berjalannya waktu.

Hal ini lantaran Nintendo kerap menggunakan hardware yang kurang mumpuni setiap kali merilis konsol, sebut saja GameCube, Wii, dan Wii U. Dengan akselerasi dan performa yang jauh lebih lemah dibandingkan kompetitor, tak sedikit dari developer third-party yang kemudian meninggalkan Nintendo.

Seolah belajar dari pengalaman pahit, Nintendo pun bangkit. Pembesut Mario Bros ini dirumorkan tengah menyiapkan sebuah konsol yang diklaim powerful, bahkan siap bersaing dengan PlayStation 4.

Dikutip detikINET dari Wii U Daily, Senin (19/10/2015), mengacu dari seorang jurnalis Wall Strett Journal Takashi Mochizuki, Nintendo mengatakan bahwa jeroan NX akan disokong oleh industri chipset terkemuka.

“Industri chipset terkemuka — lebih kuat dari PS atau Xbox? Jawabanku adalah tidak tahu. Tapi itulah yang digambarkan oleh sumber,” kicau Mochizuki di akun Twitternya.

Sayang, informasi yang diberikan masih sebatas misteri. Belum jelas siapa penyokong itu, entah AMD atau Intel. Namun, GamesBeat pernah mendapat kabar bahwa AMD akan menyokong prosesornya untuk konsolnext-gen Nintendo. “Mereka akan segera mengumumkannya dan Anda akan mengetahui bahwa APU AMD yang akan dipakai di produk tersebut,” ujar CFO AMD, Devinder Kumar tahun lalu.

Hingga saat ini informasi soal NX memang masih sangat minim. Nintendo dengan tegas mengatakan tak mau memberi informasi mengenai NX hingga tahun 2016. Ada yang bilang Nintendo sengaja menutupnya rapat-rapat karena takut idenya tercuri oleh pesaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: