PC Seukuran Kancing Kelak Saingi Super Komputer

PC Seukuran Kancing Kelak Saingi Super Komputer

Jakarta – Intel belakangan ini rajin memproduksi berbagai PC berukuran kecil. Mulai dari yang seukuran ibu jari hingga kancing pakaian, yaitu Compute Stick, Edison dan Curie.

Curie adalah sebuah platform yang dikembangkan Intel untuk menjadi otak dari perangkat wearable. Dan memang, ukuran Curie hanya sebesar kancing pakaian pada umumnya.

Saat ini kemampuan komputasi Curie memang masih terbatas, sekitar 2 gigaflops. Namun Intel yakin bahwa lima tahun mendatang, kemampuan komputasi Curie akan meningkat drastis.

Kirk Skaugen, Senior Vice President & General Manager Intel Client Computing Group mengungkapkan hal tersebut di sela ajang Computex 2015 yang turut dihadiri detikINET di Taipei, Taiwan.

Menurutnya, Curie bakal punya kemampuan komputasi sebesar 120 gigaflops pada tahun 2020. Itu setara dengan sebuah super komputer yang pernah dibuat pada tahun 1993.

Tak sekadar cuap-cuap, di ajang Computex 2015 Intel juga memamerkan sejumlah penemuan-penemuan unik yang menggunakan Curie sebagai basisnya. Penemunya disebut oleh Intel sebagai Maker, dan mereka adalah peserta dari Intel Maker Workshop.

Salah satu dari penemuan tersebut bernama Pet Health Keeper. Yaitu sebuah alat yang secara otomatis memberi makanan ke hewan peliharaan. Tak sekadar memberikan makanan dalam porsi yang tepat, alat ini juga bisa menjaga suhu dari makanan hewan tersebut.

Lalu yang paling menarik adalah sebuah perangkat bernama BetterMe. Berbentuk seperti sebuah kalung, yang mempunyai mikrofon untuk ‘mendengar’ dan menganalisa suara si penggunanya

Dan dari analisa tersebut, BetterMe bisa mengetahui tingkat emosi dari si pengguna, dan memberikan notifikasi jika tingkat emosinya terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: