Windows 10 Versi Mini, Bisa Apa Sih?

Windows 10 Versi Mini, Bisa Apa Sih?

Jakarta – Selain merilis Windows 10 versi penuh untuk PC, ternyata OS anyar milik Microsoft itu juga ada versi mininya, yang diberi nama Windows 10 IoT Core. Sesuai namanya, OS ini diposisikan oleh Microsoft untuk digunakan di perangkat berbasis internet of things (IoT).

Jangan bayangkan OS ini akan sekuat versi penuhnya, yang bisa menjalankan aplikasi semacam Office dan Photoshop. Windows 10 IoT Core hanya bisa dipakai sebagai basis untuk sistem otomatisasi rumah, ataupun robot.

Dan pada saat ini baru bisa dipasangkan dengan dua jenis perangkat, yaitu Raspberry Pi 2 dan MinnowBoard Max, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (11/8/2015).

Keduanya adalah perangkat PC berukuran super mini dan hemat daya. Perbedaannya adalah Raspberry Pi 2 menjalankan prosesor ARM,sementara MinnowBoard Max memakai prosesor Intel.

Kedua PC itu punya target yang serupa, yaitu para developer, pehobi dan pendidik. Di mana Microsoft ingin OS anyarnya itu akan dipakai untuk membuat perangkat-perangkat unik, seperti robot dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: