Belajar dari LG: Berpikir Sederhana, Berinovasi Besar

Belajar dari LG: Berpikir Sederhana, Berinovasi Besar

Seoul – Dengan memiliki 83 ribu karyawan di seluruh dunia dan mengantongi pendapatan sebesar USD 136,7 juta pertahunnya. LG Corp tumbuh menjadi salah satu perusahaan besar di dunia. Apa rahasia di balik itu kesuksesan perusahaan yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan itu?

DetikINET berkesempatan mengunjungi LG Twin Tower yang berada di Seoul pada 12-16 Oktober 2015. Salah satu yang dipaparkan adalah bagaimana LG memulai sebuah inovasi baru dalam produknya sebelum diluncurkan ke publik.

Inovasi besar LG yang dimulai dengan cara berpikir sederhana. Lalu mereka wujudkan dalam sebuah perangkat yang diharapkan mampu membuat hidup konsumennya lebih mudah.

“Seberapa sering Anda membuka kulkas dalam satu hari?” kata Manger H&A Asia RESSales Marketing Team, LG, Ju-mi Seo.

Bagi yang sibuk, kata Seo, mungkin dua kali di pagi hari dan 5 kali setelah pulang kantor. Jumlah ini semakin banyak jika kita sedang seharian di rumah. Tapi berdasarkan riset yang dilakukan LG, ternyata satu orang umumnya membuka kulkas sebanyak 79 kali per hari. Dari 79 kali membuka kulkas, paling banyak mencari minuman dan buah-buahan.

Dari pertanyaan sederhana ini, lantas dijawab LG lewat riset profesional. Alhasil terciptalah kulkas 6 pintu. Masing-masing dua pintu di bagian atas sebelah kiri dan kanan, serta satu pintu di bagian bawah sebelah kiri dan kanan.

Dengan model ini, konsumen bisa lebih banyak menyimpan minuman dan buah di empat pintu bagian atas. Adapun bagian bawah, untuk membuat es atau menyimpan daging. Sebab produk ini paling jarang dibuka setiap harinya oleh konsumen.

LG turut melakukan inovasi pada perangkat mesin cucinya. Berawal dari pertanyaan sederhana lagi, mengapa orang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mencuci baju. Akhirnya mereka menciptakan mesin cuci dua tingkat. Tujuannya agar pengguna dapat mencuci banyak jenis pakaian dalam satu waktu.

Demikian juga pada perangkat Air Conditioner (AC). Umumnya konsumen mempunyai kendala di remote AC yang sering rusak karena dibuat mainan anak-anak. Solusinya, LG membuat smartphone yang bisa berfungsi sebagai remote AC.

Inovasi LG tidak sampai di situ. Bagi keluarga yang sibuk dan sering keluar rumah, LG memberikan solusi masalah rumah tangga, dari memasak, mencuci baju dan AC. Layanan ini dikenal dengan HomeChat, sebuah layanan pesan yang memungkinkan pengguna smartphone ‘berteman’ dan ‘mengobrol’ dengan perangkat elektronik di rumahnya.

Menggunakan jaringan WiFi, HomeChat menghubungkan smartphone dengan mesin cuci, microwave, air conditioner dan kulkas sehingga bisa dioperasikan dari jauh bahkan ketika pemiliknya berada di luar rumah. Layanan ini memanfaatkan aplikasi LINE sebagai media ‘chatting’, dimana pemilik rumah bisa memperlakukan perangkat elektronik layaknya asisten pribadi.

HomeChat juga bisa memerintahkan mesin cuci untuk bekerja sendiri saat pengguna keluar rumah. Jika terburu-buru meninggalkan rumah sementara cucian masih menumpuk dan harus segera dicuci. Cukup masukkan pakaian, deterjan dan pewangi ke dalam mesin cuci. Saat berada di luar rumah dan ingin proses pencucian dimulai, pengguna bisa mengirimkan pesan di LINE dengan ‘mulai mencuci’ dan mesin akan bekerja secara otomatis.

Lewat pertanyaan sederhana, LG mampu melakukan inovasi pada setiap perangkat besutannya. Dan melalui inovasi ini pula yang membuat LG terus bertahan di tengah persaingan yang semakin sengit di kelasnya. Nah, sudahkah Anda berpikir sederhana untuk membuat perubahan besar hari ini hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: