TRUE BLOG

LANGKAH-LANGKAH PENULISAN SKRIPSI

by on Nov.09, 2015, under Antropologi

KAJIAN PUSTAKA

Peneliatian mengenai perubahan perilaku dan penyimpangan sosial pernah dilakukan,dapat dikatakan bahwa hal ini bukan kali pertama dilakukan. Berbagai pnelitian yang pernah dilakukan sebagai berikut :

  1. Isna mufidah (2010) dalam skripsinya bentuk-bentuk/jenis-jenis Penyimpangan perilaku yang sering dilakukan oleh para remaja di Dusun Kasin kecamatan Gondanglegi, adalah:
  2. Penyimpangan Perilaku Individu

Yang dimaksud dengan penyimpangan perilaku secara individu merupakan penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang yang berupa pelanggaran terhadap norma-norma suatu kebudayaan yang telah mapan.

  1. Adapun penyimpangan perilaku individu yang terjadi di dusun Kasin antara lain:
  2. Narkoba

Penggunaan narkoba/ narkotika dalam bidang kedokteran, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dapat memberikan manfaat bagi manusia. Akan tetepi, sekelompok orang telah memakai zat tersebut tidak pada tepatnya. Zat yang semestinya dipakai orang sakit untuk mengurangi rasasakit, dipergunakan oleh orang yang secara. wajar jasmani sehat utuk mengrangi tingkat kesadaran.Hal ini sering dilakukan oleh anak laki-laki yang mungkin dipengaruhi oleh teman-temannya atau lingkungan sekitarnya, dengan tujuan untuk memperoleh kenikmatan yang membuai atau untuk membangkitkan gairah dan menimbulkan efek halusinasi (khayalan) yaitu impian-inpian yang indah-indah dan rasanya nyaman. Pada awalnya para remaja yang terlibat dalam narkoba hanya dikasih gratis oleh temanya yang kemudian remaja tersebut mengalami ketergantungan “kecanduan” dengan sendirinya. Sehingga dia harus menuruti keinginanya untuk membeli lagi obat-obatan tersebut dengan cara

apapun. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan bahwa para pecandu narkoba di Dusun Kasin ini berawal dari rasa ingin tahu dan pengaruh dari teman-temannya.

  1. Mencuri

Mencuri adalah mangambil barang milik orang lain yang bukan haknya. Mencuri juga termasuk perilaku menyimpang yang melanggar norma dan nilai yang berlaku didalam masyarakat. hal ini terjadi kerena seorang tersebut mengalami keterbelakangan ekonomi. Dari hasil penelitian pada bab sebelumnya Seorang remaja yang mencuri karena ada sebab-sebab tertentu yang pertama yaitu karena keterbatasan ekonomi dan pengangguran. Sehingga mereka melakukan

hal tersebut.

  1. Elly Malihah, Bunyamin Maftuh,Rizki Amalia (2014) dalam jurnalnya yang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas maraknya tawuran dikalangan pelajar sebagai dampak dari meningkatnya solidaritas dalam kelompok. Masalah tersebut menjadi tantangan dunia pendidikan. Penelitian ini ingin memperoleh jawaban atas pertanyaan bagaimana solidaritas pada kelompok pelajar dalam mempengaruhi perilaku tawuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Temuan penelitian: (1) Tawuran antar pelajar yang terjadi dikarenakan permusuhan, pertikaian atau konflik yang ada diantara kelompok-kelompok pelajar. (2) Proses pelajar menjadi anggota kelompok bersifat alamiah dan didasari karena kedekatan letak rumah atau tempat tinggal, minat yang sama, serta satu tempat tongkrongan. (3) Proses pembentukan solidaritas dimulai dari interaksi diantara sesama anggota kelompok, kegiatan yang dilakukan bersama-sama hingga akhirnya keterlibatan perasaan. (4) Solidaritas yang terbentuk menyebabkan tawuran antar pelajar selama ada ancaman dari kelompok lain, terjadinya konflik diantara kelompok-kelompok pelajar, serta tidak terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan perkembangan pelajar sebagai remaja.

 

:,

12 Comments for this entry

Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...