Media Pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Mulai yang paling kecil sederhana dan murah hingga media yang canggih dan mahal harganya. Ada media yang dapat dibuat oleh guru sendiri, ada media yang diproduksi pabrik. Ada media yang sudah tersedia di lingkungan yang langsung dapat kita manfaatkan, ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran.Meskipun media banyak ragamnya, namun kenyataannya tidak banyak jenis media yang biasa digunakan oleh guru di sekolah. Beberapa media yang paling akrab dan hampir semua sekolah memanfaatkan adalah media cetak (buku).
selain itu banyak juga sekolah yang telah memanfaatkan jenis media lain gambar, model, dan Overhead Projector (OHP) dan obyek-obyek nyata. Sedangkan media lain seperti kaset audio, video, VCD, slide (film bingkai), program pembelajaran komputer masih jarang digunakan meskipun sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar guru.
Anderson (1976) mengelompokkan media menjadi 10 golongan sbb :
No | Golongan Media | Contoh dalam Pembelajaran |
I | Audio | Kaset audio, siaran radio, CD, telepon |
II | Cetak | Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar |
III | Audio-cetak | Kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis |
IV | Proyeksi visual diam | Overhead transparansi (OHT), Film bingkai (slide) |
V | Proyeksi Audio visual diam | Film bingkai (slide) bersuara |
VI | Visual gerak | Film bisu |
VII | Audio Visual gerak, film gerak bersuara, video/VCD, televisi | |
VIII | Obyek fisik | Benda nyata, model, specimen |
IX | Manusia dan lingkungan | Guru, Pustakawan, Laboran |
X | Komputer | CAI (Pembelajaran berbantuan komputer), CBI (Pembelajaran berbasis komputer). |
Referensi: ………., Media Pembelajaran, (Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat
https://www.asikbelajar.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini saya ambil dari blog-blog terpercaya serta saya cantumkan sumbernya.”