IP Private dan IP Public

IP Private dan IP Public

download-1

kita mengenal sebuah pengalamatan pada jaringan komputer yang sering disebut dengan IP (Internet Protocol) Address, pada IP terdapat IP public dan IP private, apa sebenarnya itu???

IP Public diperuntukan untuk memberikan alamat secara public atau digunakan untuk pemberian ip di internet, sebagai contoh ketika kita akses google, sebenarnya yang kita akses adalah sebuah ip publik yang sudah dikonversikan menjadi pengalamatan domain, nah ip yang seperti ini disebut dengan ip public yang sifatnya unik (tidak sama) di masing-masing alamat.

IP Private diperuntukan untuk memberikan alamat secara lokal atau digunakan untuk memberikan ip di jaringan lokal atau LAN, semisal lab, kantor dsb, ada aturan untuk pemberian alamat IP Private ini, yang diharapkan supaya ip lokal yang kita buat tidak masuk ke ranah ip publik. adapun ip private tersebut adalah

KELAS A

10.0.0.0 – 10.255.255.255

KELAS B

172.16.0.0 – 172.31.255.255

KELAS C

192.168.0.0 – 192.168.255.255

 

diharapkan setelah kita mengetahui range dari IP private pada saat kita mengonfigurasi sebuah ip lokal tidak keluar dari  range tersebut, sehingga kita menjadi paham bahwa memang boleh mengunakan ip berapapun akan tetapi ada aturan dalam menggunakan ip private.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar