Faktor-Faktor penyebab Konflik Sosial

Perbedaan antara individu
Perbedaan pendirian, perasaan, akan melahirkan bentrok atau konflik di antara individu.

Perbedaan kepentingan
Perbedaan kepentingan antar individu atau kelompok adalah penyebab atau sumber utama munculnya pertentangan antara kepentingan ekonomi, politik, dan lainnya.

Perubahan sosial
Perubahan sosial secara tidak langsung ikut mengubah nilai-nilai yang ada di masyarakat sehingga memunculkan golongan yang memiliki pendirian berbeda.

Perbedaan Antarkebudayaan

Kebudayaan adalah warisan yang diwariskan secara turun-temurun, sehingga hal ini dapat menjadi suatu hal yang sangat rapuh jika disinggung dengan cara yang tidak tepat, misalnya seorang dengan suku X menghina kebudayaan orang lain dengan suku Y yang memicu terjadinya konflik.

Perbedaan Etnis

Salah satu konflik yang didasari atas perbedaan etnis yang menjadi sejarah dunia adalah pembantaian orang-orang Yahudi oleh kelompok Nazi di Jerman yang dikarenakan adanya fenomena primordialisme dan etnosentrisme.

Perbedaan Ras

Konflik yang disebabkan oleh perbedaan rasial di Indonesia pernah terjadi, yaitu konflik dengan orang-orang Tiong Hoa sampai pemerintah mengatur bahwa penyebutan “Cina” harus diganti dengan “Tiong Hoa”, bahkan hingga kini sentimen negatif terhadap orang-orang Tiong Hoa masih sering ditemukan.

Perbedaan Agama

Salah satu konflik yang terjadi karena perbedaan agama yang baru-baru ini terjadi adalah konflik yang terjadi antara sebagian orang Islam dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, yang berakhir dengan pemenjaraan mantan gubernur tersebut.

Tugas Individu

Sebutkan salah satu konflik sosial yang terjadi dilingkungan sekitarmu kemudian analisis faktor-faktor penyebab konflik yang terjadi !

( Tugas dikirim lewat japri Whatsapp )

Sumber :

https://www.zenius.net/prologmateri/sosiologi/a/1538/faktorpenyebabkonflik

https://www.suara.com/news/2020/12/10/122738/pengertian-konflik-sosial-dan-faktor-penyebabnya?page=all

 

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA Kelas XI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: