Kompetensi Dasar Pada kelas 10 di kembangkan menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut :
Kompetensi Dasar 1
Pada kompetensi dasar ini meliputi materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang bisa di gunanakan sebagai acuan peserta didik yaitu sebagai berikut :
Memahami Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional, selanjutnya adalah Membaca berbagai literatur dan mendiskusikan hasil bacaan tentang ilmu Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.
Lebih lengkapnya mengenai pemaparan materi dan kegiatan pembelajaran :
Materi pembelajaran
– Pengertian tentang Ilmu Antropologi
-Konsep-konsep dasar Ilmu Antrpologi: Budaya (culture); Adat; Kelompok Etnik; Etnosentrisma, Relativisme Kebudayaan (cultural relativism), Emik; Etik; Holistik, Struktur Sosial; Bhinneka Tunggal Ika; Kerukunan nasional; Sikap Mental; Revolusi Mental.
-Sub-disiplin Ilmu Antropologi
-Tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi.
Kegiatan pembelajaran
-Interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa-guru-lingkungan; membaca berbagai literatur tentang pengertian, konsep-konsep dasar, sub-disiplin, tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi.
-Mendiskusikan dan mendeskripsikan dalam bentuk lisan, tulisan, dan poster tentang pengertian, konsep-konsep dasar, sub-disiplin, tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi.
-Menarik kesimpulan tentang manfaat ilmu Antropologi untuk membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.
Kompetensi dasar (2)
pada kompetensi dasar ini, didalamnya terdapat materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang bisa di gunakan acuan yaitu Mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam. Selanjutnya Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.
Materinya Pembelajaran
-Konsep Differensiasi Sosial, yaitu penggolongan masyarakat berdasarkan kriteria: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
Kegiatan pembelajaran
-Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.
-Membaca dan mengobservasi masyarakat etnik sendiri dan/atau komunitas setempat.
-Mengidentifikasi kelompok-kelompok dalam masyarakat yang berbeda berdasarkan kriteria agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
-Mendiskusikan, menganalisis dan menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antar berbagai kelompok.
-Melakukan refleksi untuk menyadari tentang keanekaragaman masyarakat Indonesia sehingga terbentuk sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.
Kompetensi dasar (3)
Dalam kompetensi dasar ini, didalamnya terdapat materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang di gunakan sebagai acuan peserta didik yaitu Mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia, selanjutnya Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.
Materi pembelajaran
-Konsep Stratifikasi Sosial, yaitu pelapisan sosial dalam masyarakat berdasarkan kriteria: penghasilan, pendidikan, pangkat, dan lain-lain (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
-Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.
Kegiatan Pembelajaran
-Membaca dan mengobservasi masyarakat etnik sendiri dan/atau komunitas setempat.
-Mendiskusikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.
-Mendiskusikan, menganalisis dan menarik kesimpulan tentang pelapisan sosial.
-Melakukan refleksi untuk menyadari tentang adanya pelapisan sosial sebagai sebuah kondisi yang perlu disikapi dengan bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.
untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai acuan pembelajaran kelas 10 dapat di lihat
Silabus Antropologi SMA Kurikulum 2013
merupakan referensi dari tulisan di atas