Virtualisasi

  1. Perbedaan FullVirtualization dan ParaVirtualization
Pada FullVirtualization mesin virtual mengizinkan eksekusi instruksi dengan menjalankan OS yang tidak dimodifikasi dengan cara yang sepenuhnya terisolasi. Dalam paravirtualization, mesin virtual tidak mengimplementasikan isolasi penuh OS melainkan menyediakan API berbeda yang digunakan saat OS mengalami perubahan.
Full Virtualization lebih tidak aman dibandingkan paravirtualization Paravirtualization lebih aman daripada Full Virtualization.
Full Virtualization menggunakan terjemahan biner dan pendekatan langsung sebagai teknik untuk operasi. Sedangkan Paravirtualization menggunakan hypercall pada waktu kompilasi untuk operasi.
Full Virtualization lebih lambat daripada paravirtualisasi dalam operasi. Paravirtualization lebih cepat beroperasi dibandingkan dengan full virtualization
Full Virtualization lebih portabel dan kompatibel. Paravirtualization kurang portabel dan kompatibel.
2. Jenis-Jenis Virtualisasi

1. System Virtualization (Virtualisasi Sistem)

Virtualization (Virtualisasi Sistem) adalah virtualisasi yang dilakukan terhadap suatu perangkat keras seperti CPU. Software (perangkat lunak) yang digunakan biasa disebut dengan VMM (Virtual Machine Monitor) atau hypervisor.

2. Process Virtualization (Virtualisasi Proses)

Process Virtualization (Virtualisasi Proses) adalah virtualisasi yang dilakukan terhadap suatu proses. Contohnya adalah JVM (Java Virtual Machine) yang menginterpretasikan kode program ke native system.

3. Arsitektur Virtualizon

Arsitektur virtualisasi adalah model konseptual yang menetapkan pengaturan dan keterkaitan komponen tertentu yang terlibat dalam memberikan versi virtual bukan fisik seperti contohnya sistem operasi (OS), server, perangkat penyimpanan atau sumber daya jaringan. Ini adalah praktik terbaik untuk mengelola sumber daya fisik dan virtual, perangkat jaringan, dan aplikasi secara holistik dari satu titik kontrol. sebelum menerapkan sistem virtualisasi, ada baiknya jika anda menentukan jenis arsitektur virtualisasi yang akan digunakan dalam pusat data Anda.

Terdapat 2 jenis arsitektur virtualisasi yaitu Host dan Baremetal. Hosted Architecture yaitu jenis virtualisasi yang dihosting, sistem operasi (OS) yang diinstal pada perangkat keras terlebih dahulu. Berikutnya adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi tamu, atau mesin virtual (VM) pada perangkat keras. Aplikasi kemudian diinstal dan dijalankan pada mesin virtual dengan cara yang sama seperti mesin fisik. Arsitektur vitualisasi yang dihosting lebih berguna untuk pengembangan perangkat lunak, menjalankan aplikasi lawas, dan mendukung sistem operasi yang berbeda.

4. Membangun Infrastruktur Virtualisasi

a. Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Seperti terlihat bahwa teknologi cloud computing adalah sebuah komputerisasi secara virtua yang telah terkonfigurasi. Meskipun pengguna tidak mengontrol, mengelola dan mengoperasikan hardware di layer fisik, tapi terdapat abstraksi layer pada infrastruktur fisik sebagai pendukung utamanya demi kelangsungan sebuah sistem tersebut. Supaya kualitas dan performanya meningkat, biasanya diperlukan maintenance pada hardwarenya. Dalam hal ini termasuk perangkat keras (hardware) meliputi peralatan jaringan komputer.

Perangkat keras yang dimaksud di antaranya adalah router, saklar, firewall, array penyimpanan, server, penyeimbang beban, dan perangkat cadangan. Server di sini merupakan sistem komputer yang bertugas untuk memberikan layanan tertentu pada jaringannya. Jadi server di sini didukung oleh processor yang sifatnya scalable dan ukuran RAMnya besar. Karena dalam hardware dilengkapi sistem operasi khusus jaringan. Sementara, untuk komputasi awan dioperasikan lewat teknologi virtualisasi. Jadi, semua saling terikat dan bekerjasama dalam satu workstation.

b. Jaringan

Jaringan merupakan media komunikasi atau transmisi dengan menghubungkan beberapa device menjadi satu. Komputasinya berlangsung di pusat data off-premise. Pengguna mengakses dan berinteraksi dengan komponen-komponen ini melalui jaringan private atau public yang mengkomunikasikan data antara dua belah pihak.

Selanjutnya untuk konfigurasi jaringan cloud itu tersusun atas beberapa subnet yang visibilitasnya tidak sama. Cloud mampu membuat jaringan VLAN dengan mudah. Perlu diperhatikan juga untuk berapa besaran bandwidth yang digunakan agar menjaga kualitas dari teknologi cloud. Biasanya bandwidth disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

c. Virtualisasi

Virtualisasi merupakan salah satu bagian elemen inti dari platform awan. Yang dimaksud alat virtualisasi meliputi desktop, virtualisasi pengguna, dan penyimpanan aplikasi. Dalam teknologi ini, pengguna bisa melakukan virtualisasi kepada semuanya. Jadi peran administrator sangat penting sekali karena harus memanajemen fungsionalitas sistemnya. Dengan adanya virtualisasi membuat lingkungan semakin terlihat lincah karena sumber data didapatkan secara cepat dan online sehingga sangat fleksibel.

d. Penyimpanan (Storage)

Storage di sini merupakan teknologi yang digunakan untuk penyimpanan data secara online dengan memanfaatkan server virtual sebagai medianya. Ini memudahkan pengguna untuk menggunakan penyimpanan sebagai layanan cloud yang bisa ditambah atau dihapus, tanpa perlu menyediakan hardware secara manual di setiap server

5. Virtualization Software

Ada 2 jenis Virtualization Software (Perangkat Lunak Virtualisasi):

1. Dekstop atau Workstation

Jenis ini merupakan jenis yang dipasang ke dalam OS host serta memiliki kontrol yang terbatas. Contohnya adalah Misal : Vmware Workstation, Parallels Desktop, Xen Desktop, dan lain-lain.

2. Server  atau Enterprise

Jenis ini merupakan jenis yang berjalan pada perangkat fisik secara langsung serta memiliki kontrol penuh. Contohnya adalah Misal: Vmware ESX/vSphere, Xen Server, dan lain-lain.

6. Kelebihan dan Kekurangan Virtualisasi
1. Kelebihan
  • Hemat biaya
  • Kompleksitas yang lebih minim
  • Pengelolaan yang lebih baik
  • Lebih cepat dalam pemasangan
2. Kekurangan
  • Apabila server utama mengalami masalah, segala mesin virtual yang ada di dalam server tersebut tidak bisa digunakan
  • Perlu spesifikasi hardware (perangkat keras) yang lebih tinggi.
7. (Intel  VT-x/AMD-V) dengan (VT-d/AMD-Vi) Serta Perbedaannya

Perbedaan dari Intel VT-x/AMD-V dengan VT-d/AMD-Vi adalah bahwa Intel VT-x/AMD-V membuat perangkat keras dari virtual guest melakukan pekerjaannya di prosesor, dimana hal ini memungkinkan terjadinya operasi yang tepat. Sedangkan VT-d/AMD-Vi merupakan fitur dari suatu prosesor yang bisa membuat virtualisasi input output sumber daya.

8. Hardware Assisted Virtualization

Hardware Assisted Virtualization adalah suatu teknik dalam virtualisasi dimana dalam virtualisasi tersebut akan diberikan akses yang penuh dengan adanya bantuan dari suatu sistem atau hardware (perangkat keras) dari host. Contohnya adalah Intel VT-x atau AMD V dan Intel VT-d.

SIstem File

Pengertian File:

File adalah tipe data abstrak dalam bentuk register logis yang didefinisikan dan diimplementasikan oleh sistem operasi. Entri logis dapat berupa elemen data byte, baris, atau kompleks. Kompatibilitas dengan tipe catatan logis biasanya dikelola oleh sistem operasi itu sendiri. Namun terkadang sistem operasi juga memberikan peran ini ke program aplikasi. Salah satu tugas terpenting sistem operasi adalah memetakan konsep file logis ke perangkat penyimpanan fisik seperti hard disk atau perangkat NVM. Karena catatan fisik tidak selalu berukuran sama dengan catatan logis, kadang-kadang diperlukan untuk mengubah catatan logis menjadi catatan fisik. Terkadang peran ini sepenuhnya diambil alih oleh sistem operasi atau ditugaskan ke program aplikasi. Dalam sistem file, ada baiknya membuat folder untuk mengatur file. Sistem file satu tingkat dalam sistem multi-pengguna dapat menyebabkan masalah penamaan karena setiap file harus memiliki nama yang unik dan berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan direktori dua tingkat, di mana setiap pengguna dapat membuat direktorinya sendiri. Sistem file dua tingkat biasanya digeneralisasikan sebagai direktori. Namun, ada beberapa struktur sistem direktori dua tingkat. Folder tersebut memungkinkan pengguna membuat subfolder untuk mengatur file. Sedangkan untuk struktur folder grafis akrilik, pengguna dapat berbagi file dan subfolder, tetapi mencari dan menghapusnya agak sulit. Pengguna kemudian memiliki fleksibilitas penuh dalam berbagi file dan folder dalam keseluruhan struktur folder grafis. Namun, struktur ini terkadang memerlukan metode pengumpulan sampah untuk mendapatkan kembali ruang disk yang tidak terpakai. Sistem file jarak jauh menghadirkan tantangan mereka sendiri dalam hal keandalan, kinerja, dan keamanan. Tujuan dari sistem informasi terdistribusi adalah untuk menyimpan informasi pengguna, host, dan akses sehingga klien dan server dapat berbagi informasi tentang penggunaan dan kondisi manajemen akses. Karena file adalah mekanisme penyimpanan data utama di sebagian besar sistem komputer, keamanan file diperlukan dalam sistem multi-pengguna. Akses ke file dapat dikelola secara terpisah untuk setiap penggunaan: baca, tulis, jalankan, tambah, hapus, direktori, dll. Keamanan file dapat dipastikan dengan daftar akses, kata sandi, dan teknik lainnya.

Type File:

Tipe file antara lain:

1. Dapat dieksekusi

Memiliki ekstensi  .exe.

2. File Objek

File objek adalah file yang telah dikompile dan berbahasa mesin. Ekstensinya .obj atau .o.

3. Kode sumber

File ini biasanya berisi kode dari berbagai macam bahasa pemrograman, salah satu contoh ekstensinya adalah .c.

4. Batch

Batch adalah file yang berisi perintah. Biasanya berekstensi .bat atau .sh.

5. Teks

File ini berisi teks, biasanya berekstensi .txt ataupun .doc.

6. Pengolah kata

File ini berbeda tergantung dari aplikasi pengolah katanya, misalnya .doc.

7. Library

File ini berisi library yang digunakan oleh para programmer. Salah satu contoh ekstensinya adalah .lib.

8. Print or View

File ini berisi kode ASCII atau kode biner yang digunakan untuk diprint ataupun dilihat. Contoh ekstensinya adalah .arc, .zip, dan .tar.

 

Virtual Memory (VRAM)

Virtual Memory (VRAM)

Pengertian VRAM:

Sebelum mengetahui apa itu VRAM sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu VGA, Kartu
Video Graphic Array (VGA) memproses data grafis atau sinyal digital menggunakan komputer
dan kemudian sinyal grafis dikeluarkan ke layar. VGA dibedakan menjadi dua jenis, yaitu VGA
On-board dan VGA Off-board. VGA On-board memiliki chip VGA yang menjadi satu dengan
motherboard dan sudah berintegrasi dan tidak bisa dipisahkan, VGA On-board bekerja
menggunakan Random Access Memory (RAM) pada komputer. Sedangkan VGA Off-board atau
add-on adalah VGA yang belum terintegrasi dan belum terpasang pada motherboard, kualitas
dari VGA Off-board lebih baik jika dibandingkan dengan VGA Onboard karena VGA off-board
merupakan komponen yang berdiri sendiri dan komponen yang upgradeable, Virtual Random
access memory atau yang biasa disebut dengan VRAM adalah memori yang ada di dalam
komputer yang digunakan untuk menyimpan data yang berupa gambar yang ditampilkan pada
layar komputer, VRAM berfungsi sebagai penyangga antara processor (CPU) dan kartu grafis
(VGA). Ketika sebuah gambar perlu ditampilkan di layar, prosesor terlebih dahulu membacanya
dan kemudian menulisnya pada VRAM, atau secara singkatnya VRAM merupakan memory
yang berfungsi untuk memproses gambar atau video pada kartu grafis. Biasanya mendesain
ruang alamat logis untuk tumpukan untuk memulai pada alamat logis Max dan tumbuh “turun”
sementara tumpukan tumbuh “naik”, Untuk gamer, atau orang yang mahir untuk bermain game,
biasanya mempunyai perangkat yang disebut VRAM. VRAM, atau memori akses acak video
seperti yang biasa dikenal, adalah komponen dari kartu grafis. Namun menurut sumber yang
berbeda Memori VRAM pertama kali ditemukan oleh F. Dill. D. Ling dan R. Matic dari IBM
Research pada tahun 1980. Namun keduanya baru dipatenkan lima tahun kemudian, yaitu pada
tahun 1985. Kini datanglah VRAM, sebelum ada teknologi memori dual-port, namun harganya
cukup mahal dan kualitasnya terbatas. VRAM tidak diperkenalkan secara komersial dan luas
sampai tahun 1986 oleh IBM, dengan sistem PC/RT kemudian menjadi standar untuk monitor
grafis. VRAM diartikan sebagai memory computer yang menyimpan data yang berupa gambar
untuk kemudian ditampilkan pada layar komputer, VRAM berfungsi sebagai buffer antara CPU
dan kartu grafis. Sehingga, ketika ada gambar di layar, prosesor baru terlebih dahulu membaca
gambar, lalu menulisnya menggunakan VRAM.

 

Cara Kerja VRAM:

Sebenarnya cara kerja VRAM hampir sama dengan cara kerja RAM pada umumnya. Namun
perbedaannya adalah ketika RAM digunakan untuk menyimpan data user secara sementara untuk
CPU, tetapi VRAM digunakan sebagai media penyimpanan untuk GPU atau VGA.

Jenis Jenis VRAM:

VRAM berdasar jenisnya dibagi menjadi empat jenis yang berbeda dan masing – masing
memiliki fungsi yang berbeda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Berikut
beberapa jenis VRAM antara lain :
  • Synchronus Graphics RAM (SGRAM)
    Jenis VRAM ini dapat menyinkronkan video secara acak dengan kecepatan clock
    prosesor. Biaya VRAM jenis ini relatif murah. Ia bekerja dengan menerima dan
    memodifikasi data dalam satu proses, tetapi tidak dalam urutan baca, tulis, atau perbarui.
  •  Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
    VRAM jenis RDRAM ini dikembangkan oleh Rambus, oleh karena itu VRAM jenis ini
    dinamakan Rambus Dynamic RAM. RDRAM adalah VRAM yang mempunyai speed
    baca dan tulis yang cukup tinggi dan masih menjadi yang tercepat dibanding yang
    lainnya, terutama dalam hal transfer data yang bisa mencapai 800 MHz. Terdapat bus
    khusus pada dalam RDRAM yang berguna dalam mempercepat baca dan tulis sehingga
    aliran data yang ada di antara VRAM dengan frame buffer akan lebih cepat.
  •  Multibank Dynamic RAM (MDRAM)
    MDRAM adalah salah satu jenis VRAM yang dalam perkembangannya masih ditangani
    oleh MoSys. VRAM jenis ini memiliki harga yang bisa dibilang tidak murah, karena
    dengan kinerja yang tinggi, yang pastinya VRAM ini sebanding dengan harganya.
    RDRAM akan bekerja dengan cara membagi memori sampai terbagi menjadi 32 Kb.
    Setelah itu masing – masing dapat diakses secara terpisah.
  • Windows RAM (WRAM)
    Meskipun dinamakan Windows RAM, namun VRAM jenis ini tidak berkaitan sama
    sekali dengan Microsoft ataupun windows. VRAM jenis ini memiliki kinerja yang cukup
    baik dan cukup tinggi dengan bandwitch kurang lebih 25% yang mana lebih besar
    daripada VRAM yang biasa.

Fungsi VRAM:

  • Penyimpanan data
    Fungsi pertama, VRAM dapat bertindak sebagai memori yang menyimpan semua data
    grafis yang dibutuhkan oleh GPU sebelum diberikan kembali ke komputer. Ini karena
    GPU menghasilkan data dari VRAM relatif lebih cepat dibandingkan dengan mengambil
    data dari hard drive atau bahkan RAM sistem.
  •  Memiliki teknologi dual gate. VRAM
    memiliki teknologi dual-port yang memungkinkan CPU untuk menulis gambar
    sementara kartu grafis membacanya untuk ditampilkan di layar komputer. ketika sebuah
    gambar ditampilkan di layar, gambar tersebut, yang masih berupa data digital, pertamatama diproses di GPU dan kemudian ditulis ke VRAM. Kemudian mengubah RAM
    menjadi sinyal analog menggunakan konverter digital-ke-analog (RAMDAC) hingga
    akhirnya muncul di layar komputer.
  • Menggunakan chip dual-port
    Tidak seperti kinerja RAM pada umumnya, VRAM ini menggunakan chip dual-port,
    yang berguna untuk memperbarui setiap frame layar yang dibaca oleh VRAM. Dengan
    menggunakan sistem yang luar biasa ini, mudah untuk melihat kedipan di antara
    tampilan layar pengguna.

Computational Thinking

Computational Thinking

 

A. Pengertian Computational Thinking

Computational thinking (Berpikir Komputasi) adalah sebuah kemampuan
mental untuk menerapkan konsep berpikir komputasi , metode, teknik pemecahan
masalah, dan penalaran yang logis untuk menyelesaikan suatu masalah di semua
domain, termasuk dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam pendidikan, Computational Thinking adalah serangkaian Teknik
dalam pemecahan masalah yang dapat mengekspresikan masalah beserta solusinya
dengan cara yang dapat dilakukan komputer. Ini termasuk otomatisasi proses, serta
pemrosesan data untuk mempelajari, menganalisis, dan juga memahami proses
(alami dan buatan manusia). Mungkin sulit untuk memahami apa itu pemikiran
komputasi, dan orang bisa jatuh ke dalam perangkap pemikiran hanya tentang
kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah salah satu contoh paling populer dari
pemikiran komputasi, tetapi tidak mewakili seluruh bidang. Pemikiran komputasi
dimulai jauh sebelum kecerdasan buatan bisa menjadi populer, didorong oleh
pembelajaran yang mendalam. Misalnya, dalam hal pemrograman matematika yang
terkait dengan riset operasi adalah pemikiran komputer yang dikembangkan selama
Perang Dunia II, di mana kecerdasan buatan secara tradisional digunakan hanya
satu dekade yang lalu. Pada intinya Berpikir komputasi atau computational thinking, adalah cara
berpikir seseorang untuk memecahkan masalah. Caranya adalah dengan memecah
setiap masalah menjadi beberapa bagian atau langkah yang efektif dan efisien. Ini
juga dapat diartikan sebagai metode pemecahan masalah yang dirancang untuk
diselesaikan oleh orang atau sistem atau keduanya.

B. Konsep Computational Thinking

1. Dekomposisi (Decompotition)
Dekomposisi atau dekomposisi adalah metode yang dapat digunakan dalam
berpikir komputasi. Berpikir komputasional itu sendiri berarti suatu pendekatan
yang dapat ditempuh dalam suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk
mencapai apa yang ingin dicapai seseorang.
Kita bisa menggunakan metode dekomposisi untuk menguraikan masalah
yang kita miliki menjadi masalah yang lebih kecil atau membaginya menjadi subbab. Ini adalah bagian sederhana dari masalah yang membantu memecahkan
masalah besar lebih cepat. Memilih untuk memecahkan masalah besar secara
langsung membuat mereka lebih sulit, tetapi ketika masalah diselesaikan, mereka
menjadi lebih mudah. Lingkup penerapan metode dekomposisi sangat luas.
Jika Anda memiliki masalah yang menurut Anda dapat diselesaikan dengan
cara ini. Hal ini dapat dijelaskan jika Anda ingin mengetahui cara menghidupkan
dan menggunakan ponsel Anda. Kita memiliki masalah ingin mengetahui cara
kerja ponsel, sehingga kami dapat mengisolasi setiap bagian ponsel dan
mempelajari secara detail cara kerja masing-masing bagian ini. Tentu saja, lebih
mudah menemukan jawaban yang Anda cari dengan cara ini daripada
memeriksa telepon tanpa memecahnya menjadi seri terlebih dahulu.
Teardown juga bisa digunakan untuk memecahkan masalah yang
berhubungan dengan komputer. Dekomposisi dalam ilmu komputer dengan
menguraikan masalah atau sistem yang kompleks menjadi bagian-bagian yang
lebih mudah dipahami dan diprogram. Hampir semua masalah dapat
diselesaikan dengan metode pembongkaran ini, mulai dari pembuatan kue hingga
pengajuan aplikasi dan penyelesaian kasus pencurian. Metode dekomposisi
adalah cara yang sangat cerdas untuk membantu untuk mencapai apa yang ingin
dicapai selanjutnya.

2. Pattern recognition (Pengenalan pola)
Pengenalan pola adalah alat penting dalam pemikiran komputasi karena
membantu menyederhanakan masalah dan memperdalam pemahaman tentang
seluk-beluk. Pengenalan pola dalam pemikiran komputasi menggunakan
identifikasi kesamaan dalam kumpulan data atau urutan yang diberikan untuk
memfasilitasi pemahaman dan pemecahan masalah atau tujuan. Kita juga dapat
meningkatkan efektivitas proses pemecahan masalah dengan menciptakan solusi
yang dapat diulang untuk memecahkan masalah dan tujuan yang sama.
Bahkan jika solusi komputer untuk masalah atau tujuan lain tidak dapat
direproduksi dengan sempurna, pengenalan pola dapat membantu
mengidentifikasi bagian-bagian berbeda dari masalah yang dapat diselesaikan
oleh bagian-bagian dari solusi lain.
Contoh pengenalan pola dalam kehidupan sehari-hari adalah mengendarai
mobil. Saat mengemudi, kami menggunakan pengenalan pola untuk
mengantisipasi dan merespons proses pola lalu lintas yang berbeda. Misalnya,
Anda dapat melihat bahwa lampu lalu lintas berikutnya telah berubah menjadi
oranye. Pola proses pada timed traffic light di area tersebut adalah belok jalur
untuk lalu lintas lintas kemudian belok kanan, lalu simpang lurus, jalur belok kiri
menuju ke arah kita, dan akhirnya lampu berubah menjadi hijau. Ini dapat
secara otomatis menangani pola ini dan secara wajar memprediksi berapa lama
waktu yang dibutuhkan lampu untuk berubah menjadi hijau.

3. Abstraction (Abstraksi)
Abstraksi adalah bagian penting dari pemikiran komputasi. Berpikir
komputasional adalah keterampilan pemecahan masalah yang mengembangkan
algoritma atau urutan langkah-langkah untuk melakukan tugas atau
memecahkan masalah.
Dalam pemikiran komputasi, dekomposisi dan pengenalan pola
memecah kompleksitas, dan abstraksi mencari cara untuk memproses berbagai
bagian secara efisien dan akurat. Proses ini dilakukan dengan menyaring
informasi yang tidak relevan dan mengidentifikasi yang paling penting. Setiap
masalah yang didekomposisi kemudian dihubungkan untuk menciptakan solusi
yang lengkap.
Abstraksi mirip dengan fungsi penyaringan selektif di otak kita yang
membuka gerbang sinyal saraf yang dengannya kita terus-menerus dibombardir
sehingga kita dapat memahami dunia kita dan fokus pada apa yang penting bagi
kita.
Cara lain untuk berpikir tentang abstraksi adalah dalam konteks
konsep-konsep besar yang menginformasikan bagaimana kita berpikir tentang
dunia seperti Hukum Gerak Newton, Hukum Penawaran dan Permintaan, atau
Teorema Pythagoras. Semua ini menuntut orang-orang di belakang mereka
untuk memikirkan konsep-konsep yang besar, luas, dan kompleks; untuk
memecahkan masalah dan bereksperimen; dan untuk menemukan pola di antara
eksperimen; dan pada akhirnya mengabstraksikan pengetahuan konkret ini
untuk mengemasnya ke dalam pernyataan-pernyataan steril yang melindungi
kita dari kerumitan dan kesulitan yang dilalui untuk sampai pada hukum ini.
Abstraksi dalam pengkodean dan ilmu komputer digunakan untuk
menyederhanakan rangkaian kode menjadi fungsi yang berbeda. Ini
menyembunyikan kompleksitas yang mendasari dalam bahasa pemrograman,
yang membuatnya lebih mudah untuk mengimplementasikan algoritma dan
berkomunikasi dengan alat digital.
Abstraksi membantu siswa kembali ke masalah yang lebih besar yang
mendorong seluruh petualangan berpikir komputasional ini dan mengidentifikasi
detail terpenting dari fase sebelumnya. Memahami abstraksi memungkinkan
siswa untuk memahami masalah yang mereka hadapi, tidak kewalahan
menghadapi kompleksitas, dan mampu mempertahankan, menghitung,
mengulangi, dan menghasilkan ide.

4. Algorithm (Algoritma)
Algoritma adalah salah satu langkah atau metode dalam berpikir
komputasional yang harus dipelajari dengan baik untuk menyelesaikan masalah
secara efektif dan efisien.

Skip to toolbar