KERATAN SILABUS SOSIOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM 2013

 Salam Agent of Change!

       Salah satu perangkat pembelajaran dalam suatu sekolah adalah silabus yang sudah pasti didalamnya memiliki Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran yang mendukung tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut. Akan tetapi, disini saya hanya akan menyajikan ‘keratan atau penggalan’ dari silabus sosiologi saja selama dua semester khususnya pada Kelas XI di SMA Kurikulum 2013 , yakni sebagai berikut :

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran/minggu.

        Sebelum memasuki Materi Pembelajaran apa yang akan dipelajari , berikut ini adalah harapan kurikulum kepada para siswa agar dapat lebih memahami dan terciptanya suatu tujuan pembelajaran seperti yang ada di dalam Kompetensi Dasar sebagai berikut :

  • Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan   pendekatan Sosiologis
  • Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut  pandang dan pendekatan Sosiologis

Dengan didukung oleh Materi Pembelajaran yang terkait dalam kompetensi dasar Satu tersebut di atas :

  1. Materi Pembelajaran

Dalam Materi Pembelajaran ini kita akan mempelajari materi-materi sosiologi sebagai berikut:

Pembentukan kelompok sosial.

  • Dasar-dasar pembentukan kelompok.
  • Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat.
  • Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme

Kompetensi Dasar yang kedua adalah sebagai berikut :

  • Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  • Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Dua kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

Permasalahan sosial dalam masyarakat.

  • Permasalahan sosial di masyarakat.
  • Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik.
  • Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik.
  • Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik.
  • Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik.

Kompetensi Dasar yang ke Tiga adalah sebagai berikut :

  • Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
  • Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Tiga , kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial

  • Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat.
  • Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik.
  • Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik.
  • Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik.

Kompetensi Dasar yang ke Empat adalah sebagai berikut :

  • Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.
  • Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh  kembangkan perdamaian di masyarakat.
  • Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat.
  •  Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar.
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Empat, kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

 Konflik, kekerasan, dan perdamaian

  • Konflik, kekerasan, dan perdamaian
  • Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
  • Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
  • Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
  • Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian.

Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan.

  • Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial.
  • Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial.
  • Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial.

Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat.

Note : Silabus ini telah dimodifikasi oleh penulis. Semoga bermanfaat 🙂 kritik dan saran sangat dibutuhkan.

Selengkapnya bisa kalian lihat atau download Silabus Sosiologi Peminatan SMA K.13 KEMENDIKBUD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: