Dalam film Sicko tersebut menceritakan tentang pelayanan kesehatan yaitu yang terjadi di Amerika, Inggris, Perancis, Kanada dan Kuba. Khususnya yaitu membandingkan pelayanan kesehatan yang ada di Amerika dengan Inggris, Perancis, Kanada dan Kuba. Dalam film tersebut menceritakan sulitnya pelayanan kesehatan yang ada di Amerika, yaitu warga negaranya mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan fasilitas yang memadai. Walaupun di Amerika telah disediakan berbagai macam jenis asuransi kesehatan yang dapat digunakan oleh warga negaranya dengan tujuan untuk memperbaiki dan kesejahteraan kesehatan, namun masyarakat Amerika justru dipersulit dengan berbagai persyaratan dalam mendapatkan asuransi tersebut. Asuransi tersebut hanya dipergunakan untuk memperbanyak keuntungan bagi perusahaan asuransi tersebut.
Perusahaan asuransi tersebut bekerjasama dengan dokter agar dokter menolak pasien yaitu menolak pasien yang memiliki penyakit berat dan menerima pasien dengan penyakit ringan maupun yang tidak memerlukan banyak biaya. Dengan kata lain, bahwa dokter juga turut menerima keuntungan dari perusahaan asuransi tersebut yaitu dengan semakin banyak dokter menolak pasien, maka semakin besar keuntungan yang didapat oleh dokter dari perusahaan asuransi tersebut. Selain itu, warga negara Amerika juga tidak mendapat perlindungan kesehatan dari negara karena para anggota pemerintah juga turut mempersulit pelayanan kesehatan warga, sehingga yang terjadi adalah banyaknya korban kematian.
Berbeda halnya dengan pelayanan kesehatan yang terdapat di Negara Inggris yang memiliki pelayanan kesehatan jauh lebih baik dibanding dengan Negara Amerika. Dimana pelayanan kesehatan di Inggris pelayanan kesehatan diberikan secara gratis bahkan pasien juga diberikan uang untuk saku pulang dari Rumah sakit yaitu untuk membayar transportasi pasien yang hendak pulang. Di dalam rumah sakit di Inggris, menyediakan loket, tetapi loket tersebut tidak dipergunakan untuk memungut biaya dari pasien yang telah berobat, malah justru dipergunakan untuk memberikan uang kepada pasien. Artinya, di Inggris masyarakat selain mendapat pengobatan dan pelayanan kesehatan secara gratis, tetapi pasien juga mendapat uang. Namun walaupun di Inggris pelayanan kesehatan diberikan secara gratis, tetapi bukan berarti pelayanan yang diberikan ala kadarnya karena pelayanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat Inggris yaitu seluruhnya ditanggung oleh palayanan kesehatan nasional, adapun masyarakat yang dipungut biaya yaitu dipergunakan sebagai ongkos resep. Di dalam film tersebut juga terlihat di dalam apotek di Inggris obat diberikan secara gratis dan kalaupun dipungut biaya yaitu sebagai ongkos resep, artinya seberapapun banyaknya obat yang diminta, biaya yang dikeluarkan tetap sama.
Di Perancis semua pelayanan kesehatan juga diberikan secara gratis yaitu juga menyediakan pelayanan jasa kesehatan dokter bisa datang ke rumah, bahkan jika ada pasien yang melahirkan akan diberikan pelayanan pembantu yaitu untuk mengurus segala keperluan rumah tangga seperti memasak, mencuci, menyetrika dan semua biaya itu ditanggung oleh pemerintah. Pelayanan kesehatan di Perancis diberikan kepada seluruh masyarakat tanpa memandang status.
Di Kanada berlaku pelayanan kesehatan gratis dan pelayanan kesehatan yang diberikan cepat dan berkualitas tanpa memandang latar belakang pasien. Pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu berfokus dan bertujuan untuk kebaikan pasien. Pelayanan kesehatan di rumah sakit tidak ditentukan batas maksimum pasien rawat inap, walaupun pelayanan kesehatan diberikan secara gratis tetapi pasien akan dipulangkan jika dinyatakan sudah benar-benar sembuh dan memiliki tempat untuk tinggal dan hidup. Selain itu dapat dikatakan pula bahwa pelayanan kesehatan di Kanada mudah diakses karena pelayanan kesehatan diberikan tidak hanya untuk warga negara Kanada saja, tetapi juga warga negara luar Kanada, hal ini terlihat adanya warga Amerika yang mengunjungi Kanada hanya untuk berobat yaitu dengan alasan Kanada lebih terbuka dalam masalah kesehatan dan melayani pasien yang membutuhkan, tidak seperti di negaranya yaitu Amerika dengan pelayanan kesehatan yang berbanding terbalik dengan Kanada yaitu pelayanan kesehatan dipersulit dan bahkan akan mengeluarkan pasien yang tidak mampu membayar.
Selanjutnya adalah pelayanan yang diberikan di Kuba pelayanan kesehatan diberikan lebih baik dari Amerika, sehingga warga negara Amerika dapat berbondong-bondong ke Kuba untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yaitu pelayanan kesehatan yang diberikan di Kuba seperti halnya dengan pelayanan kesehatan di Inggris, Perancis dan Kanada, yaitu pelayanan kesehatan diberikan secara gratis dan bahkan pemeriksaan maupun pengobatan di rumah sakit yaitu diberikan secara gratis.
Di Negara Inggris, Perancis, Kanada dan Kuba dapat memberikan pelayanan kesehatan secara gratis yaitu karena sumber dana diperoleh dari pajak. Sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma tanpa memandang bulu hal itu di latar belakangi oleh pajak yang dikelola sedemikian rupa oleh negara sehingga bisa menghasilkan kemaslahatan dan kesejahteraan kesehatan masyarakat. Walaupun pelayanan asuransi tidak terlepas dari unsur bisnis, tetapi dalam hal ini lebih mengutamakan kemanusiaan dan tolong menolong. Yaitu dengan mempergunakan sumbangan dari orang kaya, artinya warga negara yang memiliki penghasilan besar rela menyumbang untuk yang berpenghasilan lebih rendah yaitu semakin besar penghasilan maka pajak yang dikeluarkan juga semakin besar.