NURUL PUNYA

Buat Dunia Bahagia Karenamu, Mari Belajar Bersama

Materi Sosiologi Kelas X bab 3: Pengertian Gejala Sosial dan Contohnya

gse_multipart225872

Pengertian Gejala Sosial dan Contohnya – Gejala sosial merupakan masalah sosial yang mempengaruhi dan di pengaruhi oleh perilaku manusia di dalam lingkungan kehidupannya.
Gejala sosial juga merupakan suatu fenomena yang di dalamnya terdapat beberapa perubahan, dan bahkan beberapa konflik penyatuan dimensi sosial yang ada pada diri manusia ketika berinteraksi antar sesama makhluk sosial. Gejala yang terjadi pada kehidupan masyarakat merupakan gejala yang terjadi spontan dan menimbulkan perubahan yang mengarah pada sesuatu yang di anggap positif dan negatif. Contoh gejala sosial yang biasa terjadi salah satunya adalah menyaksikan atau bahkan ikut terlibat dalam konflik tersebut.

Konflik merupakan sebuah bentrokan, hal tersebut dapat di selesaikan dengan cara mengambil jalan perdamaian yang di lakukan kedua pihak yang terlibat.Tidak semua gejala yang terjadi di sebabkan oleh pihak yang sengaja melakukan masalah sosial yang di kehendaki. Namun, adanya perubahan pada salah satu aspek ke aspek lainnya bisa saja terjadi karena masalah sosial yang tidak di kehendaki. Hal tersebut dapat menghasilkan beberapa perubahan pada aspek lain. Terjadinya dampak gejala sosial yang tidak di kehendaki, maka itulah yang nantinya di kategorikan ke dalam masalah sosial. Berikut contoh masalah sosial yang terjadi pada kehidupan masyarakat :

  1. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan keadaan dimana terjadinya ketidakmampuan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Misalnya kebutuhan dasar : Makanan, pakaian, kesehatan, pendidikan, dan tempat berlindung yang kurang layak. Kemiskinan adalah suatu permasalahan yang global, hal ini di sebabkan karena adanya kesulitan pada aspek pekerjaan dan pendidikan. Kemiskinan terjadi bukan hanya di daerah pelosok Indonesia, tetapi kemiskinan juga terjadi di daerah perkotaan yang konon telah banyak menjajikan kemewahan. Akan tetapi menurut survai, saat ini kemiskinan di Indonesia sudah mulai berkurang.

  1. Kejahatan
    Kejahatan merupakan perilaku perbuatan yang sangat bertentangan dengan undang-undang. Hal ini sangat merugikan bagi masyarakat yang menjadi korban kejahatan seperti kehilangan harta benda yang mereka punya. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kriminalitas yang tinggi. Jenis kejahatan yang terjadi di Indonesia sudah sangat beragam, dari segi motif dan caranya. Kejahatan yang sering terjadi di sebabkan oleh faktor kekurangan ekonomi. Hal ini terjadi bukan hanya pada kalangan kurang terpelajar , bahkan orang terpelajar pun terkadang masuk pada daftar orang yang melakukan tindakan kriminal.
    Misalnya : Tawuran, pemalakan, dan sebagainya.
  2. Pendidikan
    Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk tingkat pendidikannya cukup rendah di dunia. Banyak sekali anak-anak yang tidak bersekolah, mereka sibuk membantu orang tuanya mencari nafkah. Pastinya mereka ingin merasakan sekolah seperti anak-anak yang lain. Namun karebna faktor ekonomi orangtuanya yang kurang mampu.
  3. Pengangguran
    Pengangguran merupakan masalah serius yang di hadapi negara Indonesia.
    Jumlah pendudukan yang semakin banyak, namun tidak di imbangi dengan jumlah lapangan kerja. Hal ini menyebakan terjadinya pengangguran.
  4. Keadilan
    Keadilan merupakan suatu kondisi kebenaran secara moral mengenai sesuatu hal yang menyangkut benda atau orang. Keadilan memiliki tingkat kepentingan yang sangat besar

 

Sumber:

https://pengayaan.com/pengertian-gejala-sosial-dan-contohnya/

posted by nurul in PENDIDIKAN/SOSIOLOGI SMA and have No Comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment

Skip to toolbar