Putusan

Sebagai game pertama DONTNOD yang diterbitkan sendiri, upaya yang dilakukan untuk membangun dunia Twin Mirror harus dipuji. Di antara elemen gameplay tambahan yang diperkenalkan oleh The Double dan Sam’s Mind Palace, belum lagi pemeran karakter warna-warni yang tinggal di Basswood, Twin Mirror menarik perhatian saya sejak awal, tetapi panjangnya yang pendek mencegahnya menyampaikan perjalanan emosional yang sebanding dengan apa pun yang pernah dilakukan studio sebelumnya.

Pro

  • Premis yang fantastis
  • Cerita yang lebih dewasa dari judul DONTNOD sebelumnya
  • Istana Pikiran adalah pesta visual

Kontra

  • Itu terlalu pendek
  • Gangguan kecil

Spesifikasi Utama

  • Harga Ulasan: £ 27,99
  • Pengembang: DONTNOD
  • Genre: Petualangan Naratif
  • Platform: PS4, Xbox One, PC
  • Tanggal Rilis: 1 Desember 2020

beranda

Ulasan Cyberpunk 2077

We check 1,000s of prices on 1,000s of retailers to get you the lowest new price we can find. Trusted Reviews may get a commission from these offers. Read more here.

 

Twin Mirror menandai judul pertama yang diterbitkan sendiri dari DONTNOD, studio yang diakui secara kritis di balik franchise Life is Strange yang tercinta. 

DONTNOD telah cukup berjalan akhir-akhir ini. Setelah Life is Strange 2 yang hampir sempurna mencapai kesimpulan epiknya sebelum kedatangan tahun 2020, pengembang membuat terobosan baru dengan Tell Me Why , sebuah drama keluarga tiga bagian yang menempatkan karakter transgender di pusat perhatian.

Sekarang, ia kembali lagi dengan pengalaman menerbitkan sendiri yang pertama, yang bagi pengembang mana pun merupakan pencapaian besar. Harapan saya dengan Twin Mirror adalah bahwa ini akan menampilkan potensi penuh studio sebagai salah satu pelopor media ini dalam hal pengalaman interaktif berbasis naratif, dan sementara saya menikmati waktu saya Twin Mirror, saya sedih mengatakan bahwa itu juga membuat saya merasa kecewa – tapi mari kita mundur sejenak.

Di Twin Mirror, pemain berperan sebagai Sam Higgs, seorang mantan jurnalis investigasi yang jelas-jelas terbakar oleh peristiwa masa lalunya, sekarang hidup dalam keadaan terputus secara emosional dari orang-orang yang pernah paling dekat dengannya. Kisah Sam diambil saat ia kembali ke kampung halamannya di Amerika, Basswood, di mana kematian mendadak seorang teman lama memaksanya untuk menghadapi semua yang ia coba lupakan.

Terkait: Game PS4 Terbaik

Cermin Kembar

Keadaan berubah menjadi aneh ketika putri muda dari almarhum baru-baru ini tampaknya mencurigai adanya permainan kotor, memohon Sam untuk menganggap serius klaimnya dan menyelidiki kematian untuk dirinya sendiri. Tak lama kemudian, rencana Sam untuk melakukan kunjungan singkat berubah menjadi urusan yang jauh lebih dalam, karena perut tersembunyi Basswood mulai menampakkan dirinya, menunjukkan betapa banyak yang telah berubah dalam waktu sejak Sam pergi.

Dengan Sam dan penghuni utama Basswood yang sedikit lebih tua dari karakter utama dalam Life is Strange, narasinya terasa jauh lebih dewasa. Tema kompleks dieksplorasi seperti pengangguran, penyalahgunaan narkoba dan bahaya tak terduga dari hubungan orang dewasa.

Banyak dari tema-tema ini sekunder dari kesombongan utama permainan: fakta versus perasaan. Saya sadar akan konotasi politik modern yang terkait dengan frasa itu, tetapi dalam kasus Twin Mirror, ini secara khusus berkaitan dengan profesi lama Sam dan bagaimana pencarian seorang jurnalis akan kebenaran sering kali memiliki konsekuensi dunia nyata yang tidak diinginkan.

Misalnya, magnum opus Sam adalah artikel yang mencela kondisi kerja yang mengerikan yang ditemukan di tambang Basswood. Meskipun tidak diragukan lagi merupakan upaya mulia, penyelidikan Sam menghasilkan penutupan tambang dan pengangguran massal di Basswood – fakta yang terus-menerus dilontarkan kepadanya oleh mantan penambang kota.

Terkait: Cyberpunk 2077 

Cermin Kembar

Setelah terbakar sekali sebelumnya, Sam sekarang harus mempertimbangkan pilihan yang ada. Selidiki lebih lanjut tentang kematian temannya, yang berpotensi membahayakan kenalan lama dalam upaya mencari kebenaran, atau mencoba berada di tingkat emosional bagi mereka yang berduka, menuntun mereka menjauh dari bahaya sepanjang petualangan.

Untuk menawarkan bantuan dalam hal ini, jiwa Sam ternyata merupakan gudang senjata multifaset, dengan dua kekuatan super tersembunyi: The Double dan Mind Palace. Si Kembaran adalah perwujudan dari atribut empati Sam yang hanya bisa dilihat Sam. Kehadirannya memungkinkan beberapa hiburan bolak-balik karena konsekuensi dari tindakan yang akan datang ditimbang secara real time.

Atau, melayani untuk memanjakan sisi analitis Sam adalah Istana Pikiran (pertimbangkan Benteng Superman Solitude dan Anda tidak jauh) – visualisasi yang indah dari cara kerja batin Sam di mana waktu berhenti.

Menyelam ke Istana Pikiran, Sam mampu melihat kenangan dengan presisi tepat dan bahkan mengevaluasi TKP dengan memindai berbagai petunjuk di lingkungan. Ini adalah alat yang praktis, tetapi di atas segalanya, itu luar biasa untuk dilihat, dengan visual yang cerah dan jelas yang kontras dengan palet warna yang redup dan suram yang ditampilkan di Basswood.

Terkait: PS5 vs Xbox Series X. 

Cermin Kembar

Istana Pikiran dapat berubah dengan uang sepeser pun, karena penampilannya terkait langsung dengan emosi Sam. Jika dia panik, Istana menjadi lebih seperti penjara mental, karena kecemasan Sam mencoba membuatnya tetap dalam kebingungan. Momen-momen ini sangat menarik karena mengingatkan pemain bahwa Istana Pikiran tidak dapat diandalkan secara konsisten sebagai perlindungan dari semua yang terjadi di sekitar mereka.

Sungguh memalukan bahwa dengan mekanisme unik ini, dan setelah membentuk pemeran karakter yang menarik, Twin Mirror berakhir sebelum Anda menyadarinya. Tidak seperti judul DONTNOD sebelumnya, Twin Mirror bukanlah petualangan episodik, dengan seluruh game tersedia sejak awal.

Dengan mengingat hal itu, saya masih berasumsi bahwa Twin Mirror kurang lebih akan menumpuk dengan panjang yang sama dari pengalaman sebelumnya, padahal sebenarnya jauh lebih pendek daripada yang mana pun. Sekitar enam jam, itu hanya sedikit lebih lama dari waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk menyelesaikan lebih dari dua episode Life is Strange.

Memilih gim yang lebih pendek tidak dengan sendirinya bermasalah, tetapi saat itulah Twin Mirror masih bertindak seolah-olah Anda telah memainkan gim tersebut selama sekitar selusin jam dan membedahnya seperti yang Anda lakukan di jeda biasa di antara episode. Masalahnya adalah bahwa liku-liku utama narasi dan titik plot tidak mendarat dengan dampak yang sama seperti yang mereka harapkan.

Terkait: Nintendo Switch Pro 

Cermin Kembar

Tanpa memanjakan terlalu banyak, contoh paling jelas dari ini datang tepat sebelum klimaks, di mana pemain harus membuat keputusan pasti untuk maju dengan maksud menemukan kebenaran di atas semua biaya, atau memprioritaskan keselamatan Sam dan orang-orang terdekat dia.

Keputusan itu didahului oleh beberapa pembentukan karakter untuk The Double sendiri, tetapi waktu saya yang relatif singkat dengan karakter tersebut mencegah saya untuk terhubung dengan taruhan emosional (dan ini datang dari seseorang yang menangis seperti bayi saat bermain Life is Strange).

Dibandingkan dengan perjalanan multi-negara bagian Sean dan Daniel dalam Life is Strange 2, Twin Mirror tidak memberi penonton cukup waktu untuk menghangatkan diri dengan para pemeran karakternya, dan saya bertanya-tanya apakah game tersebut mungkin bernasib lebih baik jika hanya itu saja. memperkenalkan lebih sedikit karakter ke dalam campuran untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan karakter yang sebenarnya penting.

Patut ditunjukkan bahwa saya juga mengalami beberapa gangguan di sepanjang jalan dan meskipun tidak ada yang merusak permainan, mereka memang menawarkan sedikit rasa frustrasi seperti ketika sebuah prompt tombol menolak untuk muncul.

Putusan – Haruskah Anda membeli Twin Mirror?

 

 

Ini adalah bukti betapa saya menikmati penceritaan dan pembangunan dunia DONTNOD bahwa keluhan utama saya dengan Twin Mirror adalah tidak lebih dari itu.

Ini membangun premis yang menarik yang membuat saya bersemangat untuk menyelami misteri yang menarik, di samping beberapa mekanik yang terinspirasi yang bisa mengaturnya di jalan menuju kehebatan, tetapi semuanya berakhir begitu cepat sehingga tidak pernah sepenuhnya memenuhi janji akan sebuah narasi yang tak terlupakan.

Twin Mirror masih sangat menyenangkan untuk dimainkan, dan berbagai ending mengundang pemain untuk kembali lebih dari satu kali, tetapi jangan berharap itu memiliki resonansi emosional yang sama seperti Life is Strange atau Tell Me Why.