PENDIDIKAN KONSERVASI

nn
Pendidikan konservasi merupakan sebuah proses pembelajaran untuk membangun spirit penduduk (mahasiswa), tentang lingkungan untuk pembangunan berwawasan masa kini dan memperhatikan genarasi masa mendatang. Tujuan pendidikan konservasi adalah untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.
Unnes sebagai universitas konservasi jelas harus mengusung pendidikan konservasi bagi mahasiswa baik program studi kependidikan maupun non-kependidikan. Kegiatan ini merupakan pembinaan sekaligus pendidikan yang nyata. Aspek penting yang akan ditetapkan dalam pembelajaran kuliah ini adalah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif meliputi proses pemahaman dan menjaga keseimbangan liingkungan. Materi pendidikan konservasi diberikan sebagai materi yang harus diketahui dan dipahami oleh mahasiswa, selanjutnya dikembangkan sendiri oleh mahasiswa. Aspek afektif yang dapat diterapkann dalam pendidikan konservasi meliputi sikap, nilai, dan komitmenyang diperlukan untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan. Asepek psikomotorik yang dapat diterapkann dalam pendidikan konservasi meliputi perilaku dan ketrampilan mahasiswa dalam mengelola lingkungan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membangun ketrampilan yang dapat meningkatakan kemampuan memecahkan masalah lingkungan.
Universitas Negeri Semarang adalah salah satu universitas yang mengedepankann konservasi. Dalam peraturan rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 tahun 2012 tentang tata kelola kampus berbasis konservasi di Universitas Negeri Semarang pada pasal 2 disebutkan bahwa tata kelola berbasis konservasi bertujuan mewujudkan suasana kampus yang mendukung perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan lingkkungan hidup secara bijaksana melalui pembanggunan berkelanjutan yang berwawasan llingkungan hidup dan berpartisipasi penuh dari warga Unnes.

Published by

Ramllah

Perkenalkan nama saya Ramllah. Saya lahir di Wonosobo, 28 Desember 1997. Saya merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara. Saya beragama islam. Hobi saya menulis, membaca, berenang, badminton, dan memasak. Meskipun hobi saya berenang namun, sampai saat ini saya belum bisa berenang dengan benar berbeda dengan hobi saya badminton, alhamdulillah saya bisa bermain dengan baik karena badminton merupakan salah satu olahraga ringan. saya hobi menulis maka dari itu saya masuk menjadi anggota KIME ( komunitas ilmiah mahasisawa ekonomi). Saya merupakan mahasiswa di Universitas Negeri Semarang jurusan Pendidikan ekonomi (akuntansi). Saya memutuskan memilih jurusan ini karena saya suka menghitung dan jurusan saya waktu di SMK juga jurusan akuntansi. Menurut saya akuntansi merupakan suatu keahliah yang wajib dimiliki setiap orang karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan seseorang. selanjutnya, saya memilih jurusan pendidikan karena saya ingin menjadi pendidik yaitu dengan tujuan menularkan atau mentrasnformasikan ilmu yang saya miliki kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: