Pendidikan konservasi merupakan sebuah proses pembelajaran untuk membangun spirit penduduk (mahasiswa), tentang lingkungan untuk pembangunan berwawasan masa kini dan memperhatikan genarasi masa mendatang. Tujuan pendidikan konservasi adalah untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.
Unnes sebagai universitas konservasi jelas harus mengusung pendidikan konservasi bagi mahasiswa baik program studi kependidikan maupun non-kependidikan. Kegiatan ini merupakan pembinaan sekaligus pendidikan yang nyata. Aspek penting yang akan ditetapkan dalam pembelajaran kuliah ini adalah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif meliputi proses pemahaman dan menjaga keseimbangan liingkungan. Materi pendidikan konservasi diberikan sebagai materi yang harus diketahui dan dipahami oleh mahasiswa, selanjutnya dikembangkan sendiri oleh mahasiswa. Aspek afektif yang dapat diterapkann dalam pendidikan konservasi meliputi sikap, nilai, dan komitmenyang diperlukan untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan. Asepek psikomotorik yang dapat diterapkann dalam pendidikan konservasi meliputi perilaku dan ketrampilan mahasiswa dalam mengelola lingkungan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk membangun ketrampilan yang dapat meningkatakan kemampuan memecahkan masalah lingkungan.
Universitas Negeri Semarang adalah salah satu universitas yang mengedepankann konservasi. Dalam peraturan rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 tahun 2012 tentang tata kelola kampus berbasis konservasi di Universitas Negeri Semarang pada pasal 2 disebutkan bahwa tata kelola berbasis konservasi bertujuan mewujudkan suasana kampus yang mendukung perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan lingkkungan hidup secara bijaksana melalui pembanggunan berkelanjutan yang berwawasan llingkungan hidup dan berpartisipasi penuh dari warga Unnes.