Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sosiologi kelas XII dialokasikan selama empat jam pelajaran per-minggu. Adapun untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu materi pembelajaran dan kompetensi dasar untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut.
1. Materi Pembelajaran 1
Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat : Perubahan sosial dan sebab-sebab terjadinya perubahan sosial; perubahan sosial dan perubahan hubungan antar individu dan antar kelompok; perubahan sosial dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial di masyarakat; perubahan sosial, kemajuan masyarakat, dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan masyarakat yang demokratis.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami berbagai jenis dan faktor-faktor perubahan sosial serta akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat.
- Menalar berdasarkan pemahaman dari pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya.
2. Materi Pembelajaran 2
Globalisasi dan perubahan komunitas lokal : Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas; berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas disebabkan globalisasi; globalisasi dan dampak ketimpangan sosial di masyarakat; strategi dan berbagai pendekatan pemberdayaan untuk mengatasi ketimpangan sosial akibat globalisasi.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
- Mengategorisasi berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi serta akibat-akibatnya dalam kehidupan nyata di masyarakat sehingga dapat merespon berbagai permasalahan sosial dan ketimpangan disebabkan proses globalisasi.
3. Materi Pembelajaran 3
Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi : Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal; berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal disebabkan globalisasi; penguatan posisi komunitas lokal dalam merespon perubahan sosial disebabkan globalisasi; menjalin relasi antar komunitas lokal untuk memperkuat posisi dalam merespon perubahan sosial yang disebabkan globalisasi.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memahami faktor penyebab ketimpangan sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi.
- Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi.
4. Materi Pembelajaran 4
Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas : Pemberdayaan komunitas berbasis kepemilikan lokal dan partisipasi warga masyarakat; partisipasi masyarakat lokal, atau warga masyarakat, dalam pemberdayaan masyarakat, atau perbaikan kehidupan sosial atau publik; aktivitas pemberdayaan komunitas; evaluasi dan hikmah pembelajaran dari aktivitas pemberdayaan komunitas.
Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :
- Memiliki pengetahuan bagaimana melakukan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
- Merancang, melaksanakan, dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
- Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.
- Mengolaborasikan berbagai alternatif pemberdayaan sosial yang diperlukan untuk mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat.
Catatan : Silabus ini telah melalui proses modifikasi dan penyederhanaan oleh penulis. Semoga bermanfaat.
Untuk silabus lengkapnya dapat dilihat di Silabus Sosiologi SMA Peminatan oleh KEMENDIKBUD.
Recent Comments