Gemar Membaca, Karakter Pembangun Rumah Ilmu #10

yuk

Gemar membaca, merupakan kegiatan yang harus dimiliki bagi setiap mahasiswa. Dengan membaca, mahasiswa akan mengetahui banyak hal. Membaca dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Bahkan membaca sangat baik dilakukan di waktu luang karena kita tidak akan membuang waktu luang secara sia-sia. berikut ini saya akan membahas mengenai manfaat gemar membaca :

  1. Memperluas wawasan

Memperluas wawasan merupakan manfaat utama yang sudah pasti kita dapat. Terutama apabila kita membaca buku-buku referensi yang sesusai dengan jurusan kita, maka pengetahuan yang kita miliki akan sangat menunjang perkuliahan. Kita juga dapat membaca buku-buku di luar jurusan yang kita pilih. Misalnya buku pengetahuan umum maupun buku non fiksi.

  1. Mendapat inspirasi

Dengan gemar membaca, maka kita akan benyak tahu sehingga kita akan memiliki banyak referensi yang dapat kita jadikan inspirasi disaat kita membutuhkannya. Misalnya saja dalam mengerjakan tugas, apabila kita banyak membaca, maka kita akan memiliki banyak sumber bacaan sehingga kita akan banyak memiliki inspirasi.

  1. Mendapat motivasi

Selain inspirasi, kita juga bisa mendapatkan motivasi dari buku-buku yang kita baca. Namun mengenai motivasi, biasanya kita akan banyak mendapatkannya ketika kita membaca buku-buku non fiksi, seperti novel, cerpen, puisi, syait dll.

  1. Jalan menjadi penulis

Melalui membaca, kita tidak hanya mendapatkan banyak wawasan saja, namun biasanya seseorang yang gemar membaca, keinginan untuk menulis juga ada. Dan keinginan tersebut tumbuh dari kebiasaanya dalam membaca buku. Sering kita dengar bahwa seseorang yang pandai menulis pasti memiliki hobi gemar membaca. Jadi, bagi yang ingin menjadi penuis, rintislah dengan gemar membaca.

  1. Melatih kreativitas

Manfaat lain yang dapat kita dapat dari gemar membaca adalah melatih daya kreativitas. Dengan banyak membaca, maka kita akan banyak tahu. Dan dari situlah kreativitas dapat dibangun. Mengapa ? karena saat kita memiliki wawasan yang luas, maka kita akan mampu mencari solusi ketika dihadapkan pada suatu masalah. Dengan demikian, kreativitaspun dapat berkembang.

Demikianlah manfaat yang bisa kita dapat dari gemar membaca. Membaca adalah jendela dunia. Jadi, mari budayakan membaca. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa. 🙂

Sumber gambar : https://www.google.com/search?q=gemar+membaca&tbm=isch&imgil=DeJPfUqHvbC0qM%253A%253B147wcsgBBMPqPM%253Bhttps%25253A%25252F%25252Fanza123.wordpress.com%25252Ftag%25252Ftips-agar-anak-gemar-membaca%25252F&source=iu&pf=m&fir=DeJPfUqHvbC0qM%253A%252C147wcsgBBMPqPM%252C_&biw=1366&bih=657&usg=__nSqYdgd1B8Z4ZMLm_J6WG5cSLxo%3D&ved=0ahUKEwixl8TT67fJAhWGco4KHXQxDe4QyjcIKw&ei=0RdcVvHqIIbluQT04rTwDg#imgrc=DeJPfUqHvbC0qM%3A&usg=__nSqYdgd1B8Z4ZMLm_J6WG5cSLxo%3D

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: