SOFTWARE

1.PERAN PERANGKAT LUNAK (S0FTWARE)
Perangkat lunak sesungguhnya adalah program.Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perseorangan.
2.PERANGKAT LUNAK BERDASARKAN FUNGSINYA
1. Perangkat Lunak Aplikasi (application software) Adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
2. Perangkat Lunak Sistem (System Software, kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software) Adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan atau keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, contohnya adalah Windows dan Linux.
3.SOFTWARE BERDASARKAN CARA MENDAPATKAN DAN HAK PEMAKAIAN
1. Perangkat Lunak Komersial (commersial software)
Perangkat lunak hak beli, karena mempunyai hak cipta. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa izin pemegangnya. Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. Contohnya adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshope.
2. Perangkat Lunak Domian-Publik
Perangkat lunak yang mempunyai sifat gratis, karena tidak mempunyai hak cipta. Perangkat lunak seperti ini biasanya berupa kode dan banyak dijumpai diinternet.
3. Sharewer
Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus menerus . seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
4. Freeware
Perangkat lunak yang digunakan tanpa perlu membayar sama sekali. Perangkat lunak tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar.
5. Rental Ware
Perangkat lunak yang digunakan dengan cara menyewa, memiliki hak cipta. Sewa biasanya dilakukan per tahun.
6. Free software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai (sepanjang lisensi memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah.
7. Open Source
Serupa dengan free software. Hanya berbeda dalam filosofi. Dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimaksudkan untuk menghilangkan makna ”free”pada “free software yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata terseut memiliki arti yang bermacam-macam, yakni “free” dalam arti gratis atau kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tentu perangkat lunaktersebut akan segera berevolusi menuju ketingkat kesempurnaan.

3.ISTILAH VERSI DAN RILIS

Pada perangkat lunak dikenal istila versi (vesion)dan rilis (release). Versi menyatakan sebuah perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya versi dinyatakan dengan bilangan semacam berikut: 2.0, 3.0, 4.0, 5.0, 6.0 dan sebagainya. Terkadang notasi lain digunakan sebagai contoh Microsoft Office 97 dan Ofice 2000.
Rilis menyatakan perunbahankecil terhadap sebuah versi yang sama. Rilis biasanya dinyatakan dengan angka dibelakang tanda titik. Contoh versi 4.0 bisa menjadi 4.1, 4.11, dan 4.12.

PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak biasanya digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, dan merancang rumah.
PERANGKAT LUNAK APLIKASI DAPAT DIGOLONGKAN MENJADI :
1. Perangkat Lunak Hiburan
Mencakup program-program permainan (game), program memainkan musik (misalnya WinAmp), dan program untuk memainkan film (misalnya Xing).
2. Perangkat Lunak Pendidikan
Berguna
untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan. termasuk dalam kategori itu adalah program kamus, ensikjopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dan simulasi.
Adakalnya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus. Perangkat lunak seperti ini biasa disebut edutainment. Banyak program untuk anak-anak yang mendukung unsur hiburan dan pendidikan. Mereka dapat bermain-main dengan komputer tetapi sekaligus belajar kata-kata atau mengenali benda.
3. Perangkat Lunak Bisnis
Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).
4. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja
Berguna untuk meningkatkan produktivitas pemakai.

SUMBER : https://materiptiannisa.blogspot.co.id/2012/12/perangkat-lunak-aplikasi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: