Silabus Sosiologi SMA/MA #3

A:  Selamattt !!!

B: ???

A:  Kabar Gembira… 

B:  ???

A:  Kini tidak hanya Ekstrak Manggis yang hadir. Silabus Sosiologi untuk SMA Kurikulum 2013 kini telah hadir untuk kita.

B:  kelas berapa?

A:  XII (dua belas)

B:  Bagaimana caranya melihat?

A: Dipostingan berikut ini,


Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok
1.1  Memahami, menghargai, dan menerima  perbedaan kegiatan ritual  sebagai akibat  (implikasi)  dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan  yang dianut.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1  Menentukan sikap positif dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait  dengan kesetaraan dan perubahan sosial budaya  dalam masyarakat multikultur.
2.2  Melestarikan nilai-nilai budaya  sehubungan dengan adanya dampak perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dan globalisasi.
2.3  Memiliki kebanggaan  terhadap nilai-nilai budaya bangsa sebagai warisan nenek moyang.
2.4  Memberikan apresiasi terhadap setiap hasil karya budaya bangsa.
3.1  Menganalisis berbagai masalah  terkait dengan kesetaraan  dan  hubungannya dengan perubahan sosial-budaya dalam masyarakat multikultur. Kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya:
4.1  Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan terhadap berbagaimasalah  terkait dengan kesetaraan  dan  perubahan sosial-budaya dalam masyarakat multikultur.
3.2  Merumuskan langkah-langkah antisipatif pemecahan masalah  sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi Proses globalisasi dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia
4.2  Melakukan kajian literatur, diskusi, pengamatan lapangan, dan berperan aktif dalam upaya  pemecahan masalah  sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh  perkembangan IPTEK dan globalisasi

 

3.3  Menemukan dan memilih strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi Relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi  budaya
4.3  Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan tentang  berbagai strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.4  Mengenal dan menggunakan   metode penelitian kualitatif sebagai ciri utama penelitian Antropologi dalam menganalisis berbagai permasalahan sehubungan dengan perubahan sosial-budaya, kesetaraan, perkembangan  IPTEK, dan globalisasi Karya ilmiah dan Metode penelitian antropologi

 

4.4  Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) hasil penelitian kualitatif  sebagai ciri utama   Antropologi dalam menganalisis berbagai topik  seperti:  budaya, tradisi, agama, religi/kepercayaan,  perubahan sosial-budaya, kesetaraan, perkembangan  IPTEK, dan globalisasi

Atau dapat di Klik TENG MRIKI — (baca: di sini)

(Hening beberapa saat karena sedang mencoba memahami tabel dan dilanjutkan dengan mengeklik link diatas…~)

***

B:  Ini benar untuk kelas Dua Belas??

A:  Ya,

B:  Aaaaarrrrggghhh..

A:  Why..?

B:  U  –  N

A:  ??!@#$%^&*()@#$%^&*??~

Abdurrahman Jtk
Mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang

7 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: