Archive for November, 2015

Silabus Antropologi SMA Kelas XII

Kompetensi Inti

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Read the rest of this entry »

Silabus Antropologi SMA Kelas XI

Kompetensi Inti

KI  1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Read the rest of this entry »

Silabus Antropologi SMA Kelas X

Kompetensi Inti

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Read the rest of this entry »

Video Negeri di Atas Awan Kaya Budaya Dieng Jawa Tengah

         Dieng adalah salah satu dataran tinggi yang memiliki tempat wisata dan menarik.  Berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Menurut sejarah, dataran tinggi Dieng disebut sebagai tempat para dewa dewi tinggal. Nama Dieng sendiri diambil dari bahasa Kawi: “di” yang artinya tempat atau gunung dan “Hyang” yang artinya dewa. Sehingga Dieng berarti daerah pegunungan tempat dewa dewi bersemayam. Mau tau lebih lanjut keunikan Dieng ? klik link dibawah ini iyaa 😀

clik clik 1

Globalisasi ? Siapa Takut !

     Globalisasi secara umum dan singkat adalah sebuah proses terbentuknya dunia tanpa batas. Akan tetapi, globalisasi bukanlah sebuah konsep yang dapat didefinisikan dan dirumuskan dalam satu rangkaian kejadian atau sebuah proses yang dapat diartikan secara jelas mulai dari awal hingga akhir. Pengertian globalisasi tidak dapat digunakan untuk keseluruhan manusia dan semua situasi. Mau tau lebih lanjut dampak positif dan negatif globalisasi, jangan lupa klik video dibawah ini iyaa 😀

klik disini iyaa !

PPT Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Mau tau lebih lanjut tentang perkembangan Kurikulum di Indonesia dari awal kemerdekaan sampai kurikulum yang terbaru, jangan lupa klik link di bawah ini iyaa 😀

Klik disini !!!

Belajar Nama-Nama Suku Yuk !

suku

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk. Hal ini tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa. Suku bangsa merupakan sekumpulan masyarakat yang memiliki kebiasaan dan budaya yang sama. Berikut ini adalah daftar nama suku-suku bangsa di Indonesia dikelompokkan berdasarkan provinsi dimana mereka tinggal. Untuk lebih tahu info lengkapnya klik link dibawah ini yes 😀

Klik Disini

Ayoo Belajar Sosiologi !!!

Apa sih manfaat belajar sosiologi ?

Agar hubungan itu berjalan dengan baik, tertib, lancar, dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan, maka dalam hidup bermasyarakat tersebut manusia menciptakan berbagai norma, nilai, dan tradisi sebagai pengatur sekaligus pedoman bagi anggota masyarakat dalam bersikap dan bertingkah laku. Namun demikian tidak jarang muncul perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, sehingga melahirkan perilaku menyimpang dan konflik di antara anggota masyarakat.

Berikut ini  beberapa manfaat mempelajari sosiologi :  Read the rest of this entry »

SEJARAH SOSIOLOGI DI DUNIA & INDONESIA

Pada tahun 1842 istilah Sosiologi sebagai cabang Ilmu Sosial dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis, bernama August Comte tahun 1842 dan kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat lahir di Eropa karena ilmuwan Eropa pada abad ke-19 mulai menyadari perlunya secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan sosial.

Read the rest of this entry »

Silabus Sosiologi Kelas XII SMA

Satuan Pendidikan        :  SMA/MA

Kelas                                 :  XII

Kompetensi Inti              :

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan klik link di bawah ini iyaa 😀

Silabus Sosiologi Kelas XII SMA