Internet tidak dipungkuri sudah berperanan menggerakkan perubahan beragam bidang di Tanah Air, terhitung kesehatan. Satu diantaranya yang dulu pernah rasakan pengalaman manfaatkan internet untuk keperluan kesehatan ialah Zahra Rabbiradlia.

Menurut humasmaluku.id Zahra sendiri sebagai salah satunya juara IndiHome Blogger Competition 2022. Dia sukses raih juara satu dalam persaingan itu sesudah menceritakan kisah hidupnya menolong seorang anak pasien leukimia namanya Ali karena internet.

Melalui blog-nya, dia bercerita kejadian itu terjadi pada 2011. Saat itu, ada sebuah ciutan dari account YKI (Yayasan Kanker Indonesia) yang mencari donor trombosit untuk menolong Ali, salah seorang anak pasien leukimia.

Menyaksikan ciutan itu, tanpa berpikir panjang, Zahra langsung mengirimi pesan ke narahubung YKI. Selang beberapa saat, YKI mengirim formulir online untuk proses penyeleksian administrasi.

“Baru saya kenali selanjutnya, proses donor darah yang disodorkan ini rupanya hal yang baru di Indonesia. Donor darah apheresis, demikian namanya,” papar Zahra bercerita ceritanya seperti d ikutip dari tayangan jurnalis, Minggu (2/4/2023).

Dia menjelaskan, rupanya ada beberapa persyaratan yang perlu disanggupi menjadi seorang pendonor aphresis, dimulai dari berat tubuh cukup, kandungan trombosit, Hb, dan tekanan darah normal.

Sesudah dilaksanakan skrining iritologi, ditetapkan cuma ada 3 orang dari belasan calon penggerak yang dipilih sebagai donor, terhitung Zahra. Demikian dipilih, dia juga manfaatkan waktu untuk cari info dari internet berkenaan donor apheresis.

Zahra menjelaskan, dianya manfaatkan internet dari IndiHome untuk cari tahu selanjutnya tentang donor aphresesis. IndiHome diputuskan karena dipandang mempunyai sambungan yang luas dan kecepatan internet yang bagus. Karena itu, dia menyebutkan service internet dari Telkom Indonesia ini seringkali dikatakan sebagai salah satunya katalisator perkembangan bidang kesehatan di Indonesia.

Pemerintahan Indonesia tahun 2022 akan mengeluarkan satelit internet paling cepat. Kecepatannya capai 150 gigabyte dengan ongkos pembangunannya capai Rp 21 Triliun.

Hal tersebut bukanlah tanpa argumen, karena IndiHome ikut serta dalam perubahan digital di bidang kesehatan, khususnya pada periode wabah. Sebagai contoh, IndiHome turut sediakan service telekomunikasi di Wisma Olahragawan Kemayoran.

Tidak itu saja, Telkom Indonesia mendatangkan koneksi internet dan fasilitas TIK untuk mempermudah beberapa petugas Wisma Olahragawan menjaga pasien.

Beberapa yang disiapkan ialah Astinet 2×100 Mbps untuk service internet, IndiHome 4 x 100Mbps, akses Wifi.id 3×100 Mbps, dan Call Center 199 untuk Kementerian Kesehatan. Lantas, ada juga PC, printer, dan monitor TV.

Oleh karenanya, Zahra menyebutkan internet yang didatangkan IndiHome ikut percepat servis kesehatan, pencarian data, dan komunikasi yang efisien di antara pemerintahan dan warga.

Sebagai info, IndiHome Website Competition sebagai persaingan yang terbuka untuk umum dan diadakan telah diadakan 2x oleh IndiHome. Pada tahun kemarin, topik persaingan ini ialah faedah tidak terbatas internetnya Indonesia.

Di lain sisi, IndiHome mengeklaim terus alami perkembangan positif dari semua segi. Satu diantaranya ialah perkembangan pelanggan baru yang semakin meningkat sampai akhir 2022.

Secara detil, IndiHome menulis konsumsi data warga lewat IndiHome sudah tembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dalam jumlah piranti yang tersambung dalam jaringan IndiHome capai lebih dari 180 juta piranti.

Jumlah yang tersambung lumayan besar ingat jumlah pelanggan IndiHome sampai Q3 2022 berada di range sembilan juta pelanggan.

Vice President Pemasaran Manajemen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, E. Kurniawan, menjelaskan besarnya pemakai ekosistem IndiHome mengisyaratkan ada keyakinan besar pada service perusahaan.

Tentu saja aktualisasi positif ini tidak didapatkan demikian saja. Dibutuhkan banyak usaha optimal untuk dapat mendapatkan keyakinan warga. Selama setahun 2022, cukup banyak pembaruan service terus-menerus yang sudah dilakukan oleh IndiHome.

Yang menjadi satu diantara konsentrasi IndiHome ialah pemerataan koneksi internet yang lengkap. Karenanya pembangunan jaringan ke wilayah menjadi satu diantara konsentrasi khusus.

Sampai akhir tahun 2022, IndiHome sudah mencapai 499 dari 514 kota/kabupaten. Sama ini penetratif service IndiHome secara nasional sudah capai 97 %.

Di luar aktivitas core business-nya, nyaris tiap minggu IndiHome memberi support ke beberapa puluh aktivitas multisektor seperti olahraga, esports, seni, literatur, pendidikan sampai aktivitas sosial yang menyebar di semua Indonesia.

Misalnya, moment besar balapan MotoGP Indonesia pada Maret 2022 lalu memahat riwayat baru karena IndiHome ikut peran dalam keberhasilan itu dengan mempersiapkan sarana internet optik fiber untuk semuanya stakeholder yang datang di circuit atau pemirsa yang datang.

Lalu, ada pula support pada “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” sukses diadakan semangat dari warga tidak cuma konsumen setia IndiHome.

Dari cabang olahraga esport, IndiHome sukses melahirkan bakat berpotensi yang siap bawa nama baik Indonesia di ajang internasional, bisa dibuktikan dari beberapa moment yang diadakan perwakilan LEAD by IndiHome ikut dalam kejuaraan Asia Tenggara pada medio tahun 2022.

Support IndiHome pada salah satunya cabang olahraga favorit Indonesia yaitu Badminton juga berbuah hasil.

Ada Ardini Cantika Putri olahragawan junior dari IGBA (IndiHome Badminton Academy) yang mengharumkan nama bangsa selesai raih juara I pada kompetisi Victor Denmark Junior U17 di Odense Denmark yang diadakan 19-23 Oktober 2022.

Dengan rangkaian pengembangan produk, servis, dan beragam aktivitas yang dilandasi rencana dan eksekusi terukur, IndiHome mendapatkan keyakinan warga yang sangat besar.

Kurang 37 penghargaan, berkembang cepat dari 24 penghargaan pada tahun kemarin, dari lembaga bonafide luar dan dalam negeri.