Mata Pelajaran/Peminatan : Sosiologi/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X / Semester 1
Materi Pokok : Gejala sosial di masyarakat
Alokasi Waktu : 1 JP (3 x 45 menit)
- Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuanya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator pencapaian kompetensi |
1.1. Memperdalam nilai agama yang dianut dan menghormati agama lain.
|
1.1.1. Memahami keberagaman masyarakat sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa
|
2.2. Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
|
1.1.1. Memiliki pemahaman tentang keberadaan diri sendiri dan manusia di sekitarnya sebagai mahkluk sosial |
3.2 Menerapkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial antarindividu, dan kelompok dan antar kelompok
|
3.1.1. Mendeskripsikan hakikat tindakan sosial sebagai dasar dari hubungan-hubungan sosial di masyarakat
3.1.2. Menyebutkan jenis-jenis tindakan sosial dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. 3.1.3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi berlangsungnya interaksi sosial 3.1.4. Mengidentifikasi syarat-syarat untuk terjadinya interaksi sosial sebagai gejala-gejala sosial
|
4.2. Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok.
|
4.1.1. Membuat laporan hasil diskusi tentang hakikat tindakan sosial, jenis-jenis, syarat dan faktor yang memengaruhi interaksi sosial sebagai upaya mengembangkan diri dalam berinteraksi sosial
|
C . Tujuan Pembelajaran
- Memahami keberagaman masyarakat sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa.
- Memiliki pemahaman tentang keberadaan diri sendiri dan manusia di sekitarnya sebagai mahkluk sosial.
- Mendeskripsikan hakikat tindakan sosial sebagai dasar dari hubungan-hubungan sosial di masyarakat.
- Menyebutkan jenis-jenis tindakan sosial dan contohnya minimal 3, dalam kehidupan sehari-hari
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi berlangsungnya interaksi sosial.
- Mengidentifikasi syarat-syarat untuk terjadinya interaksi sosial sebagai gejala-gejala sosial.
- Membuat laporan hasil diskusi tentang hakikat tindakan sosial, jenis-jenis, syarat dan faktor yang memengaruhi interaksi sosial sebagai upaya mengembangkan diri dalam berinteraksi sosial.
- Materi Pelajaran
- Apa itu tindakan sosial.?
- Faktor Interaksi Sosial.
- Syarat-syarat interaksi sosial.
- Matode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah kombinasi dari metode-metode;
- pengamatan
- kajian pustaka
- latihan ketrampilan
- penemuan (discovery)
- kerja kelompok
- pemecahan masalah
- Media
- Video pembelajaran Interaksi sosial antara individu dan antar kelompok
- Alat dan bahan
- LCD Proyektor
- Laptop
- Sumber Pembelajaran
- Buku:
- Sosiologi Untuk SMA/MA Kelas X, Idianto Mu’in, Penerbit Erlangga – Jakarta. 2013
- Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi – Universitas Indonesia, Jakarta: 1993
- Sosiologi Suatu Pengantar. Soerjono Soekanto, Raja Grafindo, Jakarta; 1990
- Interaksionisme Simbolik, Perspektif Sosiologi Modern, Riyadi Soeprapto, Averrroes Press, Malang: 2002.
- Artikel Koran
“Interaksi Simbolik Ibadah Haji” Fathorrohman, KOMPAS, Jum’at 20 Septermber 2013
- Masyarakat di lingkungan sekitar
Semarang, 4 April 2015
Memeriksa/Menyetujui Disusun Oleh
Kepala SMA Islam Sultan Agung 1 Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Drs. Sarjana Saka Mahardika Oktav N , S.Pd,
NIP. NIM. 3401413092 (Rombel 2)
3 comments
great post 🙂
Informasinya sangat bermanfaat. Salam prestasi.
tulisannya dirapikan lagi, kurang rata kanan kiri