ULASAN AKHIR 10 BLOG SEJAWAT

Blog No.1 

  1. blog1Nama Pemilik Blog : ARUM YUNI ASTUTI
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/arumyuni/
  3. Kelebihan / keunggulan : Kategori pada blog sangat jelas sehingga memudahkan pembaca untuk mencari informasi atau data sesuai dengan yang dibutuhkan. Pemilihan tema sesuai, tidak terlalu ramai, dan tidak terlalu memusingkan kontras warnanya.  Pada profil sangat jelas tujuan dibuatnya blog tersebut serta informasi yang lengkap memudahkan pembaca untuk menghubungi pemilik blog.
  4. Kekurangan/kelemahan : Banyak widget double sehingga merusak keindahan blog serta ada widget yang tidak terpakai seperti meta sehingga kesannya memenuhi blog.  Pada menu atas sudah terdapat kategori tetapi pada widget samping kanan terdapat dua kategori.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya widget yang tidak terpakai serta widget yang double dihapus saja. Alangkah lebih baik lagi jika postingan diberi gambar agar menarik untuk dibaca. Sebaiknya penulisan judul postingan diberi keterangan bab agar pembaca mudah mencari materi pada bab yang diinginkan.

Blog No . 2

BLOG2

  1. Nama Pemilik Blog : GISELLA TIORIVA
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/gisellatioriva/
  3. Kelebihan / keunggulan : Pemilihan tema sudah sesuai dengan postingan sehingga pembaca tidak mengalami kesulitan saat membaca postingan. Letak kategori sangat mudah dilihat sehingga pembaca mudah untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Pada profil tujuan dibuat blog terpampang jelas serta contac person yang bisa dihubungi dicantumkan. Postingan materi terdapat gambar sehingga dapat menarik pembaca untuk membaca postingannya.
  4. Kekurangan/kelemahan : Gambar tajuk pada blog yaitu gambar buah, artinya tidak ada kaitannya dengan pembelajaran sosiologi dan antropologi.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya pada kategori pendidikan sosiologi dan pendidikan antropologi di ganti dengan pembelajaran sosiologi dan pembelajaran antropologi agar memudahkan pembaca mencari informasi. Gambar tajuk pada blog sebaiknya diganti dengan gambar yang ada kaitannya dengan materi seperti masyarakat multikultural, kerumunan, budaya, dan sebagainya. Sebaiknya penulisan judul postingan diberi keterangan bab agar pembaca mudah mencari materi pada bab yang diinginkan.

Blog No . 3

blog3

  1. Nama Pemilik Blog : PUTRI NOVITASARI
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/putrinovitasari/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tema sederhana tidak terlalu ramai sehingga pembaca mudah untuk membaca postingan. Penempatan widget sesuai dengan tema sehingga tidak merusak keindahan blog. Pada profil terdapat contac person pemilik blog sehingga memudahkan pembaca untuk menghubungi pemilik blog. Pada penulisan judul postingan ada keterangan bab sehingga memudahkan pembaca mencari materi pada bab yang diinginkan.
  4. Kekurangan/kelemahan : Pada profil tidak ada tujuan dari dibuatnya blog tersebut serta tidak ada foto pemilik blog sehingga pembaca tidak mengetahui wajah pemilik blog. Pada postingan diseluruh blog tidak diberi gambar yang tujuannya untuk menarik pembaca.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Alangkah lebih baik lagi jika postingan diberi gambar agar menarik untuk dibaca. Sebaiknya pada kategori sosiologi SMA dan antropologi SMA diperjelas lagi diganti dengan pembelajaran sosiologi SMA dan antropologi SMA agar pembaca mudah mencari informasi tentang pembelajaran sosiologi dan antropologi SMA. Sebaiknya pada profil diberi foto pemilik blog agar pembaca mengetahui seperti apa wajah pemilik blog. Sebaiknya mengikuti blog atau link teman diblog ditambahkan lagi tidak hanya 12 teman saja.

Blog No . 4

blog4

  1. Nama Pemilik Blog : LINA IDAMATUS SILMI
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/linasilmi/
  3. Kelebihan / keunggulan : Pemilihan tema tidak terlalu ramai sehingga memudahkan pembaca membaca postingan di blog. Letak widget sesuai dengan tampilan tema sehingga tidak merusak keindahan postingan di blog. Perpaduan warna antara tema yang warna dominannya putih serta tulisan yang berwarna merah membuat tulisan terlihat lebih jelas.
  4. Kekurangan/kelemahan : Ada kolom menu subscribe to feed yang jika dibuka hanya teks atau kode yang tidak mudah dimengerti artinya. Pada profil tidak ada tujuan dari dibuatnya blog tersebut. Kurang konsisten dalam menambahkan gambar pada postingan karena ada postingan yang ada gambarnya dan ada postingan yang tidak ada gambarnya.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Alangkah lebih baiknya menu subscibe to feed dihapus saja karena merusak keindahan blog. Sebaiknya profil blog dilengkapi dengan tujuan dubuatnya blog tersebut. Sebaiknya pada judul postingan diberi keterangan bab agar mempermudah pembaca mencari materi pada bab yang diinginkan. Widget meta sebaiknya dihapus jika tidak digunakan. Penulisan postingan sebaiknya lebih dirapikan lagi menggunakan rata kanan kiri.

Blog No . 5

blog5

  1. Nama Pemilik Blog : ANISA AULIA AZMI
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/anisaauliaazmi/
  3. Kelebihan / keunggulan : Pemilihan tema yang menarik sehingga memudahkan pembaca untuk membaca postingan di blog tersebut. Letak kategori di atas mempermudah pembaca untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Kelengkapan profil pada blog membuat pembaca mengetahui tujuan dari dibuatnya blog tersebut, mengetahui wajah pemilik blog, serta mengetahui contac person pemilik blog apabila sewaktu-waktu membutuhkan. Letak widget rapi serta konsisten menulis menu pada widget menggunakan bahas Inggris semua sehingga memperindah blog.
  4. Kekurangan/kelemahan : Ada double kategori yaitu di atas dan di samping kanan. Kurang konsisten dalam memberi gambar pada postingan karena ada yang ada gambarnya dan ada yang tidak ada gambarnya.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya kategori diletakkan di atas blog saja dan kategori pada widget di samping kanan dihapus saja. Sebaiknya pada judul postingan diberi keterangan bab agar mempermudah pembaca mencari materi pada bab yang diinginkan. Alangkah lebih baik lagi jika semua postingan diberi gambar karena akan menarik pembaca untuk membaca postingan pada blog.

Blog No . 6

blog6

  1. Nama Pemilik Blog : SYARAFINA NANDANISITA
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/syarafina/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tampilan tema menarik sehingga pembaca tertarik untuk membaca postingan pada blog. Letak widget sesuai dengan tema sehingga tidak menggangu postingan dalam blog. Profil yang dicantumkan lengkap sehingga pembaca mengetahui tujuan dari dibuatnya blog tersebut, wajah pemilik blog, seta contac person pemilik blog. Postingan dalam blog menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca blog mudah memahami isi postingan tersebut.
  4. Kekurangan/kelemahan : Tidak ada gambar di dalam postingan sehingga dapat mengurangi daya tarik pembaca.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya dalam postingan diberi gambar agar  menarik untuk dibaca.  Alangkah lebih baiknya jika menulis menu pada widget menggunakan bahasa yang sama. Jika memilih untuk menggunakan bahasa Inggris, semuanya juga menggunakan bahasa Inggris.  Seperti guest dan as follower sebaiknya tidak perlu menggunaka bahasa Indonesia seperti pos-pos terbaru. Sebaiknya pada judul postingan diberi keterangan bab agar mempermudah pembaca mencari materi pada bab yang diinginkan.

Blog No . 7

Camera 360
Camera 360
  1. Nama Pemilik Blog : IKA YUNI ARYANTI
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/ikayuni/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tema yang digunakan menarik sehingga menambah daya tarik pembaca. Konsisten dalam penggunaan bahasa. Artinya, di dalam blog pada menu maupun widget semuanya menggunakan bahasa Inggris.  Letak widget sesuai dengan tema sehingga tidak mengganggu postingan dalam blog. Postingan di dalam blog terdapat gambar yang ada kaitannya dengan materi walaupun ada beberapa yang tidak ada gambarnya.
  4. Kekurangan/kelemahan : Kurang konsisten meletakkan gambar pada postingan karena ada postingan yang tidak ada gambarnya. Profil tentang pemilik blog ada dua yaitu, pada menu about me dan pada widget.  Tidak mencantumkan tujuan pembuatan blog tersebut.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya konsisten dalam meletakkan gambar pada postingan sehingga pembaca akan tertarik membaca blog tersebut. Alangkah baiknya profil hanya satu saja pada menu about me, dan pada widget profilnya dihapus saja. Sebaiknya pada profil dilengkapi dengan tujuan dibuatnya blog tersebut agar pembaca mengetahui tujuan dari dibuatnya blog tersebut. Pada diberi keterangan tentang follower agar tidak hanya terpampang uti’s blog, erina’s blog saja. Sebaiknya pada judul postingan diberi keterangan bab agar mempermudah pembaca mencari materi pada bab yang diinginkan. Selain itu, kategori about sociology dan about anthropology diganti dengan kata-kata bahasa Inggris yang ada kaitannya dengan pembelajaran misalnya lesson atau study atau lainnya.

Blog No . 8, 

blog8

  1. Nama Pemilik Blog : ANISA MAR`ATUSHOLEHAH
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/anisamarsol79/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tema yang digunakan menarik sehingga pembaca tertarik untuk membacanya. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca terutama bagi siswa SMA. Penataan widget rapi sehingga tidak mengganggu postingan dalam blog.
  4. Kekurangan/kelemahan : Tidak ada menu lain untuk profil yang lengkap dari mulai tujuan dibuatnya blog dan foto pemilik blog.  Profil yang disajikan dalam bentuk widget. Menurut saya, kurang menarik jika disajikan dalam bentuk widget. Tidak ada gambar dalam postingan sehingga mengurangi minat baca pembaca blog.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Alangkah lebih baik lagi jika postingan diberi gambar agar menarik untuk dibaca. Sebaiknya membuat menu profil kemudian diberi foto pemilik blog agar pembaca mengetahui seperti apa wajah pemilik blog serta tujuan dibuatnya blog tersebut agar pembaca mengetahui tujuan dibuatnya blog tersebut. Pada judul postingan materi pembelajaran sebaiknya diberi bab agar pembaca mudah mencari informasi tentang bab yang dibutuhkan.

Blog No . 9

blog9

  1. Nama Pemilik Blog : AENNY MARROH UKHTI N.F
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/aennymarroh/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tema dan pilihan gambar tajuk yang digunakan menarik sehingga dapat menambah daya tarik pembaca. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca khususnya siswa SMA. Penataan widget sudah rapi sehingga tidak mengganggu postingan di dalam blog.
  4. Kekurangan/kelemahan : Masih ada sample page yang tidak ada fungsinya. Tidak ada menu lengkap untuk profil, tidak ada tujuan dibuatnya blog tersebut, serta tidaka ada foto pemilik blog sehingga pembaca blos merasa kebingungan. Masih ada widget yang tidak digunakan sehingga merusak keindahan blog seperti meta.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya lebih konsisten dalam meletakkan gambar di dalam postingan karena ada postingan yang ada gambarnya dan ada postingan yang tidak ada gambarnya. Sebaiknya sample page diganti dengan menu profil yang berisi biodata lengkap, contac person, foto, serta tujaun dibuatnya blig tersebut agar pembaca blog mengetahui tentang pemilik blog. Widget blog teman sebaiknya lebih dirapikan lagi agar dipandang lebih rapi. Pada judul postingan materi pembelajaran sebaiknya diberi bab agar pembaca mudah mencari informasi tentang bab yang dibutuhkan. Kategori pembelajaran sosiologi dan sosiologi SMA membingungkan. Sebaiknya memilih salah satu atau diganti dengan pembelajaran sosiologi SMA saja.

Blog No . 10

blog10

  1. Nama Pemilik Blog : ZAKARIA AHMAD
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/sosiologica/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tema yang dipilih sangat menarik sehingga menambah pengunjung untuk membaca blog tersebut. Postingan materi terdapat gambar sehingga dapat menarik pembaca. Bahasa yang digunakan dalam postingan mudah dipahami oleh pembaca khususnya siswa SMA. Letak widget rapi sehingga tidak mengganggu keindahan blog. Penulisan kategori sudah rapi sesuai dengan isi blog.
  4. Kekurangan/kelemahan : Tidak ada tujuan pembuatan blog tersebut sehingga pembaca tidak mengatahui maksud dari dibuatnya blog tersebut. Masih ada widget yang tidak gunakan tetapi masih terpampang di blog seperti meta. Blog teman yang diikuti masih sedikit yaitu hanya 7 orang.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Sebaiknya profil dilengkapi dengan tujuan dari pembuatan blog tersebut. Pada penulisan judul postingan sebaiknya diberi bab agar memudahkan pembaca menemukan materi yang diinginkan. Blog teman yang diikuti sebaiknya ditambahkan lagi misalnya menjadi 15 orang. Penulisan postingan sebaiknya lebih dirapikan lagi menggunakan rata kanan kiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: