Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban.
|
Pembelajaran pada KD KI-1 dan KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran KD pada KI-3 dan KI-4 melalui indirect teaching (pembelajaran tak langsung).
|
Penilaian hasil belajar pada KD KI-1 dan KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal (catatan pendidik) |
|||
2.1 Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial.
2.2 Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya
|
|||||
3.1 Menganalisis perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat
4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya
|
1. Perubahan sosial dan dampaknya
|
Mengamati
· Mengamati perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar untuk menumbuhkan sikap religiositas dan tanggungjawab etika sosial dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik · Mengkaji konsep perubahan sosial berkaitan dengan pengertian, penyebab dan dampaknya, baik positif maupun negatif melalui berbagai contoh yang ada di masyarakat serta membandingkannya dengan pendapat para pengamat dan ahli
Menanya Menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendiskusikan tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat setempat dengan menggunakan contoh-contoh nyata yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat
Mengumpulkan informasi Mengidentifikasi hasil diskusi tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat
Menalar/Mengasosiasi Menganalisis realitas dan data tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi di masyarakat
Mengomunikasikan Mempresentasikan hasil pengamatan dan pengkajian tentang perubahan sosial di masyarakat
|
Sikap
Observasi Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
Pengetahuan · Tes Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang perubahan sosial dan dampaknya
· Tugas Membuat kesimpulan tentang penyebab dan dampak perubahan sosial dalam masyarakat dan menyebutkan sumber-sumber bacaan yang digunakan
Keterampilan Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang dampak yang terjadi akibat perubahan sosial di masyarakat sekitar
|
24 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
3.2 Mendeskripsikan berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi
|
2. Globalisasi dan perubahan komunitas lokal
|
Mengamati
· Mengamati ragam permasalahan akibat perubahan sosial karena pengaruh globalisasi di komunitas dan masyarakat sekitar · Melakukan kajian dokumen tentang perubahan sosial dan permasalahan sosial di komunitas lokal sebagai akibat atau dampak globalisasi
Menanya Menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendiskusikan hasil pengamatan dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan berbagai permasalahan sosial terkait dampak globalisasi terhadap kehidupan komunitas lokal
Mengumpulkan informasi Melakukan survey tentang perubahan komunitas lokal sebagai akibat globalisasi melalui observasi dan wawancara
Menalar/Mengasosiasi Menganalisis data hasil survey tentang perubahan komunitas lokal sebagai akibat globalisasi dan mengaitkan dengan konsep perubahan sosial
Mengomunikasikan Mempresentasikan hasil kajian tentang perubahan sosial dan permasalahan sosial di komunitas lokal akibat globalisasi
|
Sikap
Observasi · Penilaian tentang perilaku tanggung jawab, disiplin, jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama. · Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pengaruh globalisasi pada masyarakat melalui berbagai instrumen
Pengetahuan · Tes Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep globalisasi dan pengaruhnya pada perubahan sosial
· Tugas Membuat tinjauan ilmiah sederhana hasil pengamatan dan atau studi dokumen tentang permasalahan sosial yang terkait dengan adanya globalisasi
Keterampilan Praktik/Kinerja Praktik wawancara terhadap responden tentang perubahan komunitas akibat pengaruh globalisasi
|
28 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
3.3 Menganalisis ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi
4.3 Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi
|
3. Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi | Mengamati
· Mengamati ketimpangan sosial sebagai dampak dari perubahan sosial di tengah globalisasi untuk menumbuhkan sikap empati dan rasa saling menghargai diantara sesama manusia dan warga masyarakat · Mengkaji berbagai faktor penyebab ketimpangan sebagai akibat perubahan sosial di tengah globalisasi melalui studi dokumen
Menanya Merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan kaitan dengan konsep dari studi dokumen mengenai pengaruh perubahan sosial dan globalisasi terhadap ketimpangan sosial dalam masyarakat
Mengumpulkan informasi · Mengidentifikasi masalah ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar dengan sikap kritis dan kepekaan untuk pemecahan masalah · Melakukan pengumpulan data terkait dengan masalah ketimpangan sosial di masyarakat sekitar
Menalar/Mengasosiasi · Mengolah data dan menganalisis ketimpangan sosial berdasarkan hasil kajian dan pengumpulan data · Mengajukan pendapat atau usulan tentang upaya mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan hasil pengolahan data dan kajian dokumen
Mengomunikasikan · Mempresentasikan hasil pengumpulan data dan usulan upaya mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat · Merumuskan usulan atau rekomendasi kelompok atau bersama tentang upaya mengatasi ketimpangan akibat perubahan sosial di tengah globalisasi
|
Sikap
Observasi Penilaian tentang perilaku tanggung jawab,disiplin, jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama
Pengetahuan · Tes Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentsng ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi
· Tugas Membuat kesimpulan tentang pengaruh globalisasi dan perubahan sosial terhadap terjadinya ketimpangan di masyarakat dengan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan
Keterampilan Proyek Merencanakan, melakukan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang ketimpangan sosial di masyarakat setempat
|
28 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
3.4 Menerapkan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.5 Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial
4.4 Merancang, melaksanakan dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi 4.5 Memaparkan inisiatif, usulan, alternatif dan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi aksi pemberdayaan komunitas
|
4. Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas
|
Mengamati
· Mengamati praktek pemberdayaan komunitas untuk mengatasi ketimpangan dari sudut pandang kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan untuk menumbuhkan kepekaan dan tanggungjawab terhadap pelestarian alam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa · Mengkaji dan mendiskusikan konsep-konsep dasar pemberdayaan komunitas, kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
Menanya · Merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasar hasil pengamatan tentang praktek pemberdayaan komunitas dalam kaitan dengan masalah-masalah yang timbul, kelemahan dan kelebihannya dalam mengatasi ketimpangan sosial berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan · Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap ketimpangan sosial di masyarakat untuk mendorong aksi pemberdayaan komunitas berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
Mengumpulkan informasi · Merancang penelitian berorientasi pada pemecahan masalah menggunakan metode identifikasi kebutuhan, pemetaan aktor dan kepentingan untuk menentukan langkah dan aksi pemberdayaan komunitas berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan · Melakukan praktek aksi pemberdayaan komunitas yang berorientasi pada kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dengan menggunakan berbagai metode (partisipasi, pembimbingan, dan sejenisnya) pada masyarakat di lingkungan setempat
Menalar/Mengasosiasi · Melakukan analisis dan evaluasi terhadap keterlaksanaan aksi pemberdayaan komunitas yang berorientasi pada kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan · Mengemukakan inisiatif, usulan, alternatif pemecahan masalah dan rekomendasi terkait dengan hasil analisis dan evaluasi tentang praktek aksi pemberdayaan komunitas untuk penguatan kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
Mengomunikasikan · Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil praktek pemberdayaan komunitas di masyarakat dengan melakukan evaluasi atas keterlaksanaannya dari masing-masing kelompok di dalam diskusi kelas · Merumuskan hasil diskusi kelas dan pembelajaran yang bisa dipetik dari praktek aksi pemberdayaan komunitas dengan mengemukakan inisiatif, usulan, alternatif dan rekomendasi untuk perbaikan aksi pemberdayaan komunitas ke depan berorientasi pada penguatan kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan |
Sikap
Observasi · Penilaian tentang perilaku tanggung jawab,disiplin, jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama · Menilai tanggapan dan pandangan serta partisipasi siswa terhadap pentingnya pemberdayaan komunitas melalui berbagai instrumen
Pengetahuan: · Tes Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa prinsip dan konsep dasar pemberdayaan komunitas dalam menghadapi globalisasi
· Tugas Membuat tinjauan, usulan dan rekomendasi tentang aksi pemberdayaan masyarakat di masyarakat sekitarnya
Keterampilan · Proyek Merancang, melaksanakan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan hasil praktek aksi pemberdayaan komunitas
· Portofolio: Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan sikap ilmiah
|
64 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan lingkungan setempat serta komunitas di masyarakat |