Kampusku, Rumahku #2

Sebagai mahasiswa aktif semester satu sudah mulai terbiasa merasakan jauh dari rumah. Di dalam kampus telah mulai dirasakan kekeluargaan yang luar biasa antara teman-teman yang berasal dari berbagai daerah. Suasana rumah yang penuh dengan kenyamanan sudah mulai di rasakan oleh mahasiswa semester satu sebagai buah hasil dari kampus konservasi yang telah membuat suasana menjadi nyaman. Kampus bisa dianggap sebagai rumah baru bagi mahasiswa semester satu yang memang sedang dalam masa peralihan. Disatu sisi mereka menuntut ilmu dan mencari pengalaman, di sisi lain ada keluarga baru yakni teman-teman mereka yang menggantikan keluarga mereka ketika berada jauh dari keluarga.

Suasana yang terbangun ini dapat lebih dikembangkan untuk mencapai tujuan unnes di waktu 5 tahun yang akan datang. Bukan kemwahan yang dibangun dalam nilai-nilai konservasi. Yang terpenting adalah cara untuk terus meningkatkan nilai-nilai dalam jiwa konservasi. Dalam mewujudkan nilai-nilai konservasi, telah dibangun Tujuh Pilar Konservasi, yaitu:

  1. Green Architecture and Internal Transportation (arsitektur hijau dan transportasi Internal), bertujuan untuk mengembangkan dan mengelola bangunan yang hijau serta mewujudkan sistem transportasi yang efisien, ramah lingkungan dan efektif.
  2. Waste Management (Pengolahan Limbah), yang bertujuan untuk melakukan pengurangan, pengelolaan dan pengawasan terhadap produksi sampah dan limbah di lingkungan kampus.
  3. Paperless policy (kebijakan Nirkertas), bertujuan untuk menerapkan administrasi dan ketatausahaan yang berwawasan konservasi secara efisien.
  4. Clean energy (energi bersih),bertujuan untuk melakukan penghematan dalam memanfaatkan energy secara bijak dan pengembangan energy terbarukan.
  5. Etika, Seni dan Budaya, bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya, seni dan etika local untuk menguatkan jari diri bangsa.
  6. Kader Konservasi, bertujuan untuk menananmkan sikap dan nilai-nilai konservasi secara berkelanjutan
  7. Biodiversity Conservation, bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan dalam keberagaman. (buku Pendidikan Konservasi Unnes)

Ketujuh pilar inilah yang menjadi pegangan untuk mengembangkan kampus konservasi dan menjadikan Unnes dikenal sebagai Kampus Konservasi secara Internasional yang memiliki prinsip-prinsip serta pilar yang dikembangkan dan dipegang teguh.

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Published by

Septia Nurkhalisa

saya seorang yang ingin terus belajar!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: