ULASAN 10 BLOG TEMAN SEJAWAT ( TUGAS UAS)

Pada postingan artikel ini, akan membahas mengenai hasil ulasan terhadap 10 blog teman yang belum tertera namanya di link blog teman. Dimana di dalamnya terdapat penilainan mengenai kelebihan, kekurangan, serta saran untuk blog tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menjadi bahan penilaian dan masukkan terhadap blog teman agar menjadi koreksi dan perbaikan bagi blog teman. Selain itu, artikel ini di posting juga bertujuan untuk memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Praktek Laboratorium. Berikut adalah hasil ulasan saya terhadap 10 blog teman yang belum tertera di link blog teman.

Blog 1

IMG_8641-225x300

  1. Nama Pemilik Blog : Mariska Yunita
  2. Alamat/http : https://blog.unnes.ac.id/mariskayunita/
  3. Kelebihan/keunggulan :

Tampilan blog baik, unik, dan rapi. Setiap artikel juga disertai dengan gambar yang relevan sehingga menambah kesan menarik. Pemilihan temanya baik karena di dalamnya terdapat banyak warna yang menghidupkan dan memperindah tampilan

  1. Kekurangan/kelemahan :

Belum terdapat kategori “Sosilogi SMA” sehingga semua materi ajar sosiologi SMA masuk ke kategori “sosiologi”, masih terdapat akun Uncategorized, ada beberapa artikel yang format penulisannya belum rapi, dan informasi mengenai pemilik blog belum lengkap

  1. Saran dan usulan tambahan/perbaikan :

Sebaiknya menambah akun kategori “Sosiologi SMA” kemudian mengganti kategori pada semua postingan materi ajar sosiologi ke “Sosiologi SMA”, menghapus akun uncategorized karena tidak dipakai, memperbaiki format penulisan (rata kanan dan kiri) yang belum rapih, serta melengkapi informasi pemilik blog beserta tujuan pembuatan blog supaya blog lebih bermanfaat. Penulisan dirapikan lagi dan formatnya disesuaikan. Selebihkan sudah OK

Blog 2

IMG_20150211_140157-580x580

  1. Nama Pemilik Blog : Arif Ponco Putranto
  2. Alamat/http : https://blog.unnes.ac.id/arifponco79/
  3. Kelebihan/keunggulan :

Untuk tampilan blog menarik dan sangat rapi, informasi mengenai pemilik blog lengkap dan jelas, tiap artikel disusun rapi dan beberapa disertai dengan gambar yang relevan

  1. Kekurangan/kelemahan :

penulisan judul artikel materi sosiologi/materi antropologi tidak disertai dengan bab materi, artikel yang ada di uncategorized (selayang pandang pemilik blog) tersebut isinya sama dengan yang di halaman profil, dan kalimat “kumpulan artikel Sosiologi, Antropologi, Pendidikan dan Umum” yang ada di bagian atas tulisannya kecil dan warnanya kurang jelas sehingga kirang kontras dengan background warna. Tulisan pada masing-masing kategori yang bersebelahan dengan leave a comment kuranf jelas.

  1. Saran dan usulan tambahan/perbaikan :

Saran utama, pilihlah tema yang tepat yang menjadikan tampilan blog lebih menarik dan warnanya indah sehingga menarik pembaca. Sebaiknya judul artikel materi sosiologi/materi antropologi ditulis masing-masing babnya agar lebih jelas, artikel yang ada di uncategorized sebaiknya dihapus atau diganti dengan tulisan lain karena sudah ada di halaman profil, dan penulisan keterangan blog yang ada di atas sebaiknya diganti huruf besar dan warna yang jelas.

Blog 3

image-580x580

  1. Nama Pemilik Blog : Levina Thirza Astria
  2. Alamat/http : https://blog.unnes.ac.id/levina/
  3. Kelebihan/keunggulan :

tampilan blog yang bagus dan dan menarik. Warnanya juga indah serta menunjukkan keilmuan.

  1. Kekurangan/kelemahan :

 Terdapat beberapa artikel yang penulisannya belum memenuhi standar penulisan artikel yang baik serta tidak di readmore sehingga terkesan kurang rapi. Terdapat judul yang kurang jelas pada beberapa artikel materi sosiologi/antropologi. Artikel yang di posting kurang lengkap baik sosiologi sma maupun antropologi sma karena terdiri dari bab-bab saja. format Tidak terdapat kategori “Sosiologi SMA” dan “Antropologi SMA” sehingga artikel yang seharusnya masuk kategori tersebut masuk ke kategori lain. Penataan widget yang kurang rapi dan informasi mengenai pemilik dan tujuan  blog kurang jelas dan lengkap.

  1. Saran dan usulan tambahan/perbaikan: agar blog menarik dan sesuai dengan standar yang ditentukan sebaiknya melakukan hal berikut.

Memperbaiki format penulisan (kiri-kanan, penomoran, dsb) Menambah kategori “Sosiologi SMA” dan “Antropologi SMA”   kemudian mengganti kategori pada artikel materi sosiologi/antropologi yang sebelumnya “Sosiologi” atau “ Antropologi ke “Sosiologi SMA” dan “Antropologi SMA”. Merapikan widget dan menghapus widget yang tidak diperlukan, Melengkapi informasi pemilik blog (tujuan pembuatan blog). Artikel yang panjang di readmore sehingga tampilan di home akan rapi, Penulisan judul artikel materi sosiologi/materi antropologi secara lengkap dan jelas yaitu dengan menambah nama materi, kelas, dan bab. Melengkapi dan memposting semua materi sosiologi SMA dan antropologi SMA yang telah di tugaskan dan sekiranya bermanfaat.

Blog No. 4

  1. Pemilik : Ayu Prihaningtyas
  2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/tyasayu/
  3. Keunggulan :

Tema yang digunakan dalam blog sudah dan menarik . warnanya cukup baik. Sudah ada beberapa kategori dan bisa dibuka semua. Sudah ada link blog teman dan sudah menunjukkan keilmuan sosiologi dan antropologi.

  1. Kelemahan :

Belum ada kategori dan materi sosiologi dan antropologi untuk pembelajaran SMA.Belum memanfaatkan spot yang disediakan blog seperti profil pemilik dan tujuan blog belum ada. Terdapat bagian “Just another Jejaring Blog Unnes Sites site” yang belum dimaksimalkan Belum ada Hit Counter, Penugasan belum lengkap.

  1. Saran :

Blog perlu dipercantik lagi

Maksimalkan spot yang disediakan oleh tema blog seperti mengganti bagian “Just another Jejaring Blog Unnes Sites site” menjadi identitas blog yang lebih menarik Tambahakan materi-materi pembelajaran baik sosiologi maupun antropologi. Tambahkan hit counter sehingga kita bisa mengetahui kefektifan site melalui penghitungan jumlah pengunjung. Tambahkan identitas pemilik blog dan tujuan pembuatan blog supaya lebih baik dan berguna.

Blog No. 5

68f8e82004e4d0314a7d53692f5d3535-bpfull

  1. Nama : Andika Cahya P.
  2. Alamat :  https://blog.unnes.ac.id/blognyadika/
  3. Keunggulan :

Blog sudah berisi artikel pembelajaran Tampilan blog menarik, berwarna dan dilengkapi gambar yang rekevan. Informasi blog sudah baik.

  1. Kelemahan :

Format penulisan artikel kurang rapi dan tatanan kurang menarik terutama pada bagian tulisannya.Widget kategori ada dua, penataan widget kurang rapi Belum ada kategori Sosiologi SMA dan Antropologi SMA. Penulisan judul belum konsisten. Ada yang huruf kapital semua dan ada pula yang huruf kecil

  1. Saran :

Perhatikan penataan dan tampilan artikel terutama pada bagian penulisan huruf baik di judul maupun di dalam tubuh atau isi artikel. Rapihkan penataan widget Tambahkan kategori Sosiologi SMA dan Antropologi SMA. Kemudian masukan artikel pembelajaran SMA ke dalam dua kategori tersebut.

Blog No . 6

  1. Nama Pemilik Blog : Firma Aprilianti
  2. Alamat Blog/http    : https://blog.unnes.ac.id/firmaap/ 
  3. keunggulan:

Tampilan blog sudah baik dan menarik. Kategori dalam blog sudah lengkap sesuai yang diwajibkan dan bisa dibuka. Setiap postingan sudah diberikan “read more”. Sudah ada link blog teman dan hit counter.

  1. kelemahan:

Beberapa postingan blog tidak menyertakan sumber bacaan. Sample page belum dimanfaatkan. Tidak ada profil pemilik da tujuan pembuatan blog. Tampilan postingan terutama format artikel dan penulisannya kurang rapi. Ada tiga postingan yang tidak memiliki kategori.

  1. Saran:

Agar lebih rapi, tampilan di setiap postingan bisa di ratakan kanan-kirinya. Sample page bisa dimanfaatkan sebagai halaman profil pemilik blog, identitas, tujuan pembuatan blog, dan informasi tentang blog. Postingan tentang materi antropologi SMA dan sosiologi SMA bisa diberikan keterangan bab per materi pada setiap judul artikelnya. Materi Sosiologi SMA Kelas XI tentang konflik masukkan dalam kategori Sosiologi SMA.

Blog No . 7

  1. Nama Pemilik Blog : Fadlan Sesar R
  2. Alamat Blog/http    :https://blog.unnes.ac.id/papangpang/
  3. keunggulan:

Tampilan blog sudah cukup baik, Sudah terdapat  link blog teman, Sudah terdapat hit counter, Sample page sudah digunakan sebagai profil pemilik dan sudah dilengkapi dengan identitas pemilik blog.

  1. kelemahan:

Tampilan dan pemilihan tema kurang menarik, pada bagian profile belum terdapat tujuan pembuatan blog. Belum ada kategori sosiologi SMA dan antropologi SMA. Terdapat kategori yang tidak bisa dibuka. Isi blog belum lengkap sesuai penugasan yang diberikan. Format penulisan artikel belum rapi atau rata kanan dan kiri. Kurang media atau gambar yang relevan sehingga terlalu monoton.

  1. Saran dan usulan tambahan / perbaikan untuk blog milik Fadlan, adalah:

Perhatikan format artikel beserta penulisannya. Tambahkan media pendukung seperti gambar dll. Pilihlah tema dan background blog yang baik supaya lebih menarik serta menunjukkan informasi keilmuan. Tambahkan kategori sosiologi SMA dan antropologi SMA. Profil pemilik dilengkapi dengan tujuan pembuatan blog dan informasi mengenai artikel yang ada di blog. Isi blog dilengkapi sesuai dengan penugasan yang telah diberikan.

Blog No . 8

BeautyPlus_20151124144032_fast-225x300

  1. Nama Pemilik Blog : Tyas Dika
  2. Alamat Blog/http    : https://blog.unnes.ac.id/bloktyas/
  3. keunggulan:

Tampilan blog sudah baik, sudah dilengkapi dengan hit counter, kategori sudah lengkap, dan sudah ada link blog teman. Postingan sudah diberi media gambar yang sesuai dengan isi artikel, sehingga tampilan lebih menarik. Profil pemilik sudah terdapat  tujuan pembuatan blog dan kontak pemilik blog yang bisa dihubungi. Semua kategori yang ada dapat dibuka.

  1. kelemahan:

Penulisan artikel belum sesuai dan rapi terlihat seperti tulisa copy paste yang diratakan sehingga kurang rapi. Judul pada postingan kurang rapi, ada yang menggunakan huruf kapital semua ada yang tidak. Ada postingan artikel yang tidak bisa langsung dibaca, harus di download dahulu.

  1. Saran dan usulan tambahan / perbaikan untuk blog milik Tyas Dika, adalah:

Penulisan judul postingan dirapikan lagi supaya tampilan lebih menarik. Postingan artikel yang harus di download dahulu harap ditampilkan saja di dalam satu artikel yang utuh. Format artikel harap diperhatikan terutama bagian tulisannya. Pilihlah tema yang sesuai, warna jelas dan menarik supaya blog lebih baik dan bermanfaat.

Blog No. 9

  1. Nama : Deni Kusdianto
  2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/den1/
  3. Keunggulan : Blog sudah lengkap, bagus, menarik, dan Informatif dan dilengkapi dengan gambar yang relevan dan sesuai dengan materi. Sudah terdapat profile pemilik dan tujuan pembuatan blog.
  4. Kelemahan :

Format penulisan artikel masih terdapat yang belum rata kanan kiri. Perlu diperhatikan huruf besar kecil di artikel (penulisan)

  1. Saran :

Artikel yang dibagikan sebaiknya di buat justify (rata kanan kiri). Tambahkan media yang lebih menari lagi seperti video dan ppt. sebaiknya readmore tidak terlalu panjang.

Blog No.10

  1. Nama Pemilik Blog : Imam Tri Hidayat
  2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/imamtrihidayat/
  3. Kelebihan :

Tampilan blog sudah terlihat rapi dan sangat menarik. Background pada blog terlihat bagus meskipun sederhana. Sudah cukup kreatif dalam memainkan warna font. Profil dan deskripsi blog sudah dalam page sendiri. Sudah terdapat banyak akun link yang bermanfaat seperti jurnal komunitas. Terdapat media yang relevan dengan materi seperti gambar .

  1. Kekurangan :

Terdapat tulisan yang sangat kecil sepert(Mari belajar Sosiologi dan Antopologi).Pembuatan kategori terlalu banyak. Padahal isi dari kategori antropologi dengan kategori antropologi SMA dan edukasi sama. Selain itu, isi dari kategori sosiologi dengan sosiologi SMA juga sama. Pada kategori sosiologi umum hanya terdapat satu postingan saja. Format pembuatan artikel belum rapi terutama pada bagian penulisan belum rata kanan-kiri.

  1. Saran :

Perhatikan penulisan artikel dan pilihlah tema yang tepat. Kategori antropologi, edukasi, dan sosiologi dihilangkan, karena kategori-kategori tersebut isinya sama, oleh karena itu akan lebih baik jika terdapat pada satu kategori saja. Kemudian kategori sosiologi umum menurut saya juga lebih baik dihilangkan karena hanya terdapat satu postingan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: