KEWIRAUSAHAAN ( usaha sandal flanel )
November 16th, 2015 by Siti Muzaenatun 3401413042 sosant'13

RINGKASAN

A.    Manajemen

Nama Perusahaan                   : DWI WARNA

Nama Pemilik Perusahaan   : Dwi Nurhasanah

Bidang Usaha                          : Kerajinan Tangan

Jumlah Tenaga Kerja             : 4 orang

B.     Pemasaran

Produk yang Dipasarkan         : Sandal

Sasaran Konsumen/Pembeli    : semua usia

Wilayah Pemasaran                 : Yogyakarta, Semarang dan sekitarnya

Rencana Penjualan/Tahun       : 2015

Penetapan Harga Jual              : Rp. 35.000,-

C.    Keuangan

Total Pembiayaan Proyek                        : Rp. 300.000,-

Pinjaman yang Diajukan                          : Rp. 300.000,-

Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman   : 7 hari

Penjualan perTahun                                  : Rp.138.600.000,-

Keuntungan perTahun                             : Rp. 31.680.000,-

PENDAHULUAN

A.    Judul Kegiatan

Usaha Kerajinan Sandal

B.     Status Usaha

Usaha yang akan kami jalankan adalah usaha pengembangan dan pemasaran produk dengan sistem online.

C.    Rasional Kegiatan

Bentuk kerja sama usaha kerajinan sandal unik yang akan k ami lakukan adalah jenis usaha kerajinan berskala kecil yang khusus hanya mendistribusikan sekaligus memasarkan berbagai macam sandal berbahan baku sandal jepit dengan hiasan boneka dari kain flanel. Alasan kami dalam memilih bekerjasama dengan usaha kerajinan sandal unik DWI WARNA kami dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

  1. Sandal sudah menjadi barang kebutuhan pokok manusia. Sandal dipakai sebagai alas kaki atau pelindung kaki dari debu atau yang membahayakan kaki saat berjalan. Oleh karena itu kami menjual sandal karena selalu dicari oleh banyak orang.
  2. Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. Produksi hanya membutuhkan sandal jepit sebagai bahan utamanya. Dan untuk lebih menarik sandal jepit tersebut di lapisi kain flanel dan ditempeli boneka lucu dari kain flanel.
  3. Kami memasarkannya dengan sistem online, sehingga kami hanya membutuhkan alat komunikasi sebagai alat pemasaran kami. Mutu dan kualitas benar-benar kami jaga demi kepuasan konsumen.

D.    Tujuan Kegiatan

Tujuan didirikannya usaha kerajinan sandal unik ini adalah:

  1. Untuk mengembangkan kreatifitas diri dalam bidang kerajinan sandal hias kain flanel.
  2. Memanfaatkan peluang disela-sela waktu senggang sebagai mahasiswa agar lebih menghasilkan.
  3. Sebagi bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha.

METODE PELAKSANAAN

A.    Produk

Produk kerajian yang dihasilkan Rumah Produksi DWI WARNA adalah SANDAL UNIK, yaitu jenis sandal berbahan utama sandal jepit yang dilapisi kain flanel dan kemudian diberi hiasan boneka atau asesoris lainnya yang juga terbuat dari kain flanel. Sandal unik diproduksi berdasarkan kreatifitas, hiasan yang digunakan berupa boneka kecil berkarakter kartun dan bentuk yang menarik terbuat dari kain flanel. Bentuk hiasan yang digunakan juga bisa melalui pesanan sesuai dengan keinginan konsumen. Sandal unik ini bersifat universal, tidak hanya anak kecil yang menyukai tapi juga para remaja dan orang dewasa. Konsumen dari sandal unik ini adalah para wanita.

B.     Bahan Baku

Bahan baku utama SANDAL UNIK adalah buah sandal jepit yang berbahan dasar karet. Untuk memperindah sandal yang jepit yang biasa menggunakan bahan flanel.

 

  1. Proses Produksi

SANDAL UNIK akan diproduksi dengan proses sebagai berikut:

  1. Sandal jepit yang sudah di peroleh dicuci terlebih dahulu agar kebersihan tetap terjaga lalu dikeringkan.
  2. Buat pola pada kain flanel sesuai dengan ukuran sandal jepit lalu digunting. Buat pola dengan ukuran sedikit lebih dari sandal jepitnya agar mudah pada saat penempelan pada sandal jepit.
  3. Kain flanel yang sudah dibentuk dijahit ke sandal jepit dengan rapi.
  4. Setelah sandal jepit terlapisi kain flanel, tahap selajutnya adalah menempelkan boneka kecil yang sudah disiapkan. Tempelkan memakai lem kayu.
  5. Sandal unik yang sudah jadi siap dipakai.

D.    Pemasaran

Segmen pasar yang dibidik adalah wilayah Yogyakarta dan Semarang. Diperkirakan dengan jumlah penduduk 5.562 jiwa (berdasarkan situs pemerintah Kabupaten Blora), Jika 5% dari jumlah penduduk yang menjadi sasaran pemasaran tertarik terhadap produk sandal unik, maka akan ada calon konsumen sebesar 278 konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara membuka stand. Dengan asumsi konsumen 278 orang, maka jumlah produk yang harus dihasilkan adalah kurang lebih 278 pasang perbulan.

E.     Strategi Pemasaran

  1. Menyebarkan gambar di media sosial.
  2. Menggunakan jasa pengiriman logistic JNE dan melayani pembayaran secara online melalui bank yang sudah ditentukan.

  1. Analisis SWOT

Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strenght), kelemahan (waekness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threath). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses.

Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas:

  1. Strenght
    1. Sandal sudah menjadi kebutuhan pokok manusia jadi sandal akan terus dicari oleh banyak orang.
    2. Sandal unik didesain dengan full-colour dan dengan gambar yang unik sehingga menjadikan pemakai lebih terlihat hidup.
  2. Weakness
    1. Perkembangan jenis sandal sangat cepat sehingga menyulitkan untuk lebih mengembangkan ide yang lebih baru lagi.
    2. Banyaknya pesaing yang beroperasi didaerah tempat yang sama.
  3. Opportunities
    1. Bahan yang digunakan mudah didapat.
    2. Pengelolaannya cukup mudah.
    3. Mendatangkan keuntungan yang cukup banyak.

 

  1. Threath
    1. Perkembangan sandal yang cepat membuat konsumen akan beralih ke jenis sandal yang lebih terbaru lagi.
    2. Pesaing yang menjual produk sejenis semakin banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TARGET KELUARAN

A.    Target produk

Produk yang akan dihasilkan adalah SANDAL UNIK . kualitas produk yang akan dihasilkan adalah sandal jepit yang kuat dan menarik karena hiasannya. Sesuai dengan jumlah konsumen yang ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah 11 pasang sandal perhari atau 278 perbulan (24 hari kerja/bulan)

B.     Target konsumen

Konsumen yang ditargetkan adalah wanita semua usia dengan jumlah target rata-rata 11 orang perhari atau 278 orang perbulan.

C.    Target pendapatan

Jumlah pendapatan yang ingin saya peroleh setiap hari adalah Rp. 220.000,- dan dalam sebulan dapat memperoleh Rp.—-,-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA BIAYA

A.    Rencana Biaya Usaha

Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Biaya Operasi
    1. Bahan Baku
No. Uraian Vol Satuan Harga/Sat

(Rp.)

Jumlah

(Rp.)

Sandal jepit 1 Lusin 10.000,- 100.000,-
Kain flanel 10 m2 4.000,- 40.000,-
Boneka hias 1 Buah 3.000,- 3.000,-
Lem kayu 3 Buah 4.000,- 12.000,-
Gunting 3 buah 4.000,- 12.000,-
Total 200.000,-

 

 

 

b.     Menghitung Harga Jual

No. Uraian Jumlah Biaya (Rp.) Kapasitas Produk Biaya per Unit
1. Biaya bahan baku per hari 200.000,- 11 18.000,-
2. Biaya perlengkapan per hari 100.000,- 11 9.000,-
Total biaya operasi per hari 300.000,-
Total biaya per unit 27.000,-
Margin keuntungan yang diharapkan 30%
Harga jual produk per unit 27.000,- + 8.000 = 35.000,-

 

 

 

 

ORGANISASI PELAKSANA

A.     Personal

Personal pelaksana kegiatan usaha tersusun sebagai berikut:

No. Nama Pendidikan Deskripsi Tugas
1. ………………………………. ………………………….. Pengelola
2. ………………………………. ………………………….. Manajer dan pemasaran
3. ………………………………. ………………………….. Produksi
4. ………………………………. ………………………….. Produksi

 

 

 

PENUTUP

Demikian proposal usaha kerajinan sandal unik saya buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk saya dan mengundang para investor untuk bekerja sama membangun usaha kerajinan sandal unik ini. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk, rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola.

Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 


2 Responses  
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Lewat ke baris perkakas