LATAR BELAKANG
Sekarang ini banyak orang yang melalaikan atau tidak peduli dengan pentingnya manajemen. Padahal dengan manajemen kita bisa mengatur segala sesuatu yang ada dalam kehidupan kita dengan baik dan benar. Selain itu juga, dengan manajemen kita bisa menetapkan sebuah tujuan yang akan kita capai dimasa depan dan bisa membantu kita dalam mengambil keputusan yang baik.
Contoh pentingnya manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah memanajemen kegiatan kita sehari-hari, seandainya kita tidak memanajemen kegiatan kita maka semua kegiatan kita akan berantakan. Contoh lainnya adalah memanajemen keuangan kita, seandainya kita tidak memanajemen keuangan kita maka kita akan selalu kehabisan uang dan tidak akan cukup untuk kehidupan sehari-hari
PENTINGNYA MANAJEMEN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Sebelum membahas peran penting manajemen dalam kehidupan sehari-hari, akan lebih baik kita mengerti dahulu arti dari manajemen itu sendiri. Berikut adalah beberapa pengertian manajemen dari beberapa ahli:
- James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
- Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
- George .R. Terry
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
- Henry Fayol
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
- Mary Parker Follet
Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, yang mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui peraturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang mungkin diperlukan, atau berarti dengan tidak melakukan tugas-tugas itu sendiri.
Dari pengertian-pengertian diatas, kita menjadi mengerti bahwa manajemen sangat penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa aspek manajemen yang perlu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain yaitu:
- Manajemen Waktu
kita harus memanajemen waktu karena jika tidak memanajemen waktu maka kita akan banyak membuang waktu untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak berguna dan Orang yang tidak dapat memanfaatkan waktunya dengan baik, ia seolah-olah dikejar-kejar waktu, tidak bisa mewujudkan tujuannya, dan apabila dia melakukan suatu pekerjaan, hasilnya tidak akan maksimal karena dilakukan dengan tergesa-gesa.
Berikutnya dalam hal menyempatkan waktu untuk berkumpul keluarga. Hal ini akan menimbulkan suatu efek positif baik untuk anak ataupun orang tua. Salah satunya, orang tua tidak hanya terus-menerus sibuk dalam pekerjaannya. Ia harus mampu menjaga keseimbangan tubuhnya dalam hal kesehatan. Luangkanlah waktu istirahat untuk berkumpul bersama keluarga karena sejatinya obat dari rasa lelah adalah indahnya kebersamaan bersama keluarga. Dan seorang anak pasti membutuhkan kasih sayang serta perhatian dari orang tuanya. seorang anak perlu mendapatkan motivasi dari orang tua dengan cara pemberian ilmu baik duniawi maupun akhirat agar seimbang serta motivasi untuk dapat mencapai apa yang dicita-citakan oleh seorang anak. Hal ini membuktikan bahwa manajemen waktu sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.
- Manajemen Keuangan
Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang tidak bisa mengatur keuangannya terlebih lagi uangnya sendiri. Maka dari itu manajemen sangat sekali diperlukan khususnya dalam keuangan untuk bisa merencanakan jumlah uang yang dimiliki digunakan untuk keperluan yang jelas dan pasti. Apabila kita tidak memanajemen keuangan kita maka akan terjadi pemborosan, dengan menghambur-hamburkan uangnya untuk kepentingan atau hal-hal yang tidak berguna. Dan memanajemen keuangan harus di terapkan agar pemasukkan yang didapat dari bekerja dapat mencukupi kehidupan kita. Apabila manajemen keuangan tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka yang akan terjadi pengeluaran yang berlebihan dan tak mencukupi kehidupan kita.
- Manajemen Berorganisasi
Dalam organisasi kegiatan manajemen sangat penting. Manajemen dalam organisasi merupakkan sesuatu hal yang sangat penting dilakukan
Kantor merupakan salah satu organisasi yang menggunakan manajemen. Pengertian kantor sendiri adalah keseluruhan ruang yang menjadi tempat pelaksanaan kegitan tata usaha, kegiatan manajemen, tugas pimpinan lainnya dalam sebuah organisasi. Dalam kantor perlu di bentuk kegiatan manajemen. Manajemen disini bukan hanya tentang keuangan melainkan tentang penjadwalan para pekerja di kantor tersebut.
Keuangan dalam perkantoran harus di manajemen agar dapat mengatur semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam kantor tersebut. Apabila manajemen keuangan tidak dilakukan akan terjadi pembangkrutan kantor karena tidak adanya pencatatan rmembentuk sekelompok karyawan. Oleh karena itu Manajemen keuangan merupakan kegiatan yang paling penting dalam perkantoran. Karena keuangan adalah tujuan orang melakukan perkantoran.
Manajemen perjadwalan atau manajemen jadwal para karyawan yang bekerja di kantor tersebut harus dilakukan untuk mengatur pekerjaan para karyawan kantor. Tanpa adanya penjadwalan kantor tidak dapat berjalan karena tidak adanya jam kerja untuk karyawan kantor tersebut. Selain mengatur jadwal karyawan kantor perlu juga mengatur bagian bagian untuk mendifisikan pekerja- pekerjanya.
Jadi, kita harus memanajemen dalam melakukan segala sesuatu didunia ini. Karena semua yang dilakukan perlu adanya manajemen agar dapat terlaksana dengan baik. Walaupun memanajemen sangat sulit dilakukan karena setiap manusia terkadang ingin bebas melakukan hal yang mereka inginkan tanpa adanya konsep apa yang harus dilakukannya dan merasa bosan bahkan sungkan untuk menepati manajemen jadwal yang sudah dibuat.
Namun dengan tekad akan mengubah diri dan tekad ingin menjadi lebih baik, kita bisa memanejemen apa yang perlu dilakukan tanpa adanya rasa ingin bebas dan bisa terus menepati jadwal yang kita buat dan jika kita sudah terbiasa kita akan merasakan manfaatnya. Manfaatnya yang kita rasakan yaitu:
- Kita bisa lebih menghargai waktu
- Kita bisa mengatur keuangan dalam keseharian dengan baik dan benar
- Senantiasa melakukan inovasi atas kegiatan sehingga kita hidup kita lebih teratur.
- Dengan manajamen segala kegiatan yang dilakukan hasilnya akan baik
- Meningkatkan kesadaran kita akan ancaman eksternal sehingga kita akan terbiasa mempersiapkan rencana lain atas kejadian yang tidak diinginkan dari faktor luar.
DAFTAR PUSTAKA
https://pratamafahmi.blogspot.com/2011/01/penerapan-manajemen-dalam-kehidupan.html
https://karodalnet.blogspot.com/2013/02/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli.html
https://zonaekis.com//fungsi-manajemen-di-dalam-organisasi/
- Hani Handoko. 1984. Manajemen. BPFE Yogyakarta