Putusan

Serius Sam 4 mengemas ulang, alih-alih menata ulang mekanisme inti penembak ikonik dengan cara yang akan menghibur penggemar game aslinya. Sayangnya, kurangnya inovasi dan rasa hmour yang sudah ketinggalan zaman niscaya akan membuat pendatang baru kesal.

Pro

  • Sekuel yang setia pada franchise ikonik
  • Gunplay itu menyenangkan, kacau, dan imajinatif
  • Banyak variasi di banyak lokasi kampanye

beranda

Mafia: Ulasan Edisi Definitif

Kontra

  • Humor sudah usang dan kasar
  • Tidak berinovasi atau cocok dengan penembak modern sama sekali

Spesifikasi Utama

  • Harga Ulasan: £ 34,99
  • Pengembang: Croteam
  • Genre: Shooter
  • Tanggal Rilis: 24 September 2020
  • Platform: PC, Google Stadia

Serius Sam 4 adalah entri terbaru dalam waralaba penembak orang pertama yang ikonik yang populer di awal tahun 2000-an. Ini adalah game yang telah ditunggu-tunggu oleh para penggemar game ini selama hampir satu dekade, dengan entri “asli” terakhir yang diluncurkan pada tahun 2009.

Ini bertujuan untuk melakukan trik yang sama seperti Doom dan Shadow Warrior sebelumnya, membawa franchise klasik kembali dari kubur. Meskipun memiliki aspirasi yang mirip dengan Doom dan Shadow Warrior, Serious Sam 4 bukanlah reboot.

Sebaliknya, ini adalah sekuel langsung yang membuat Anda sekali lagi melangkah ke posisi Sam “Serious” Stone saat dia melanjutkan pertarungannya melawan alien penyerbu Mental, dan pasukan monster anehnya.

Fokus pada “membawa lari dan senjata klasik yang sama, gameplay arcade” kembali ke audiens baru adalah kekuatan terbesar Serious Sam 4, dan juga kelemahannya yang paling mencolok.

Terkait: Game PC Terbaik

Mulailah dengan hal-hal positif. Serious Sam 4 bukanlah game yang kompleks. Sebagai penembak pergi, itu tentang sekolah tua karena mendapat. Ini menugaskan Anda untuk meledakkan 16 level, tersebar di tiga bab cerita. Meskipun pengaturannya berubah di masing-masing, tujuan dasarnya sama: meledakkan jalan Anda dari satu pos pemeriksaan ke pos lain menggunakan gudang senjata dan gadget yang semakin hebat untuk mengeluarkan alien yang cukup bodoh untuk menghalangi jalan Anda.

Jika ini terdengar agak retro, itulah intinya. Serious Sam 4 memakai statusnya sebagai franchise shooter “klasik” sebagai lencana kehormatan, dan sengaja menempel sedekat mungkin dengan game aslinya. Satu-satunya perubahan adalah perubahan pada senjata dan gadget yang ditawarkan, lampiran baru, dan sistem keterampilan yang tidak dibasahi.

Ini adalah satu-satunya hal yang menawarkan variasi apa pun ke game, di luar lokal level. Senjata dihargai / ditemukan saat Anda bermain dan berkisar dari pistol dasar dan senapan ganda hingga peledakan alien yang benar-benar konyol. Lampiran adalah hadiah yang memungkinkan Anda mengubah senjata tertentu, melakukan hal-hal seperti menambahkan peluncur granat di bawah laras ke senapan aksi pompa dasar Anda. Mereka bertindak sebagai hadiah utama untuk menjelajahi misi sampingan gim, yang pada dasarnya adalah level mini dalam peta yang menugaskan Anda untuk menjatuhkan bos yang menantang, atau gelombang musuh yang diperpanjang.

SAM adalah sistem keterampilan yang memungkinkan Anda membuka kemampuan baru menggunakan artefak alien yang ditemukan di lokasi tersembunyi berserakan di sekitar kampanye utama gim. Keterampilan dan gadget ini menawarkan satu-satunya kemiripan strategi dalam permainan. Keterampilan dibagi menjadi beberapa kelompok terpisah yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti memulihkan kesehatan dari “pembunuhan jarak dekat” – yang bekerja dengan cara yang mirip dengan eksekusi Doom – atau senjata dengan dua tangan.

Kombinasi faktor-faktor tidak terlalu orisinal, tetapi mereka berhasil menghibur dengan cara yang anehnya menghibur dengan menawarkan pengalaman menembak arcade yang tidak perlu dipikirkan, over-the-top yang sangat konyol sehingga sulit untuk tidak terpesona dalam pembukaan. jam.

Terkait: Apa yang perlu Anda ketahui tentang PS5

Dari adegan pembuka hingga kredit akhir, Serious Sam tidak pernah memberi Anda jeda untuk berpikir. Setiap level Anda akan menemukan diri Anda menembak, membakar, menendang, menusuk, dan umumnya melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan kepada segerombolan alien yang benar-benar konyol. Di luar b-movie Earth Defense Force game, saya belum menemukan franchise yang mampu memuat setiap level dengan cukup banyak musuh licik untuk dikalahkan. Dan di sinilah Serious Sam 4 bersinar paling terang.

Tidak ada yang lebih menggembirakan daripada menerjang langsung ke pasukan berkekuatan 1000 orang preman alien Mental sambil memegang minigun ganda. Hal ini terutama berlaku karena mekanika penembakan inti, meskipun tidak pada level Doom, sangat memuaskan. Setiap serangan membawa bobot dan tim pengembangan telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan animasi kematian musuh. Sebuah ledakan tunggal dari senapan laras ganda yang tepat waktu akan menyebabkan tampilan kembang api dari darah dan anggota tubuh yang robek untuk terbang melintasi peta.

Ketergantungan sekolah lama pada kesehatan dan pickup baju besi, dikurangi segala bentuk regenerasi kesehatan juga memaksa risiko tinggi, strategi penghargaan tinggi untuk upaya baru-baru ini id Software. Penambahan co-op online juga membuat pertarungan semakin menyenangkan, terutama saat bermain dengan teman di salah satu kesulitan yang lebih tinggi.

Namun, setelah paruh pertama pertandingan, retakan mulai terlihat. Pada awalnya, sebagian besar masalah berasal dari tulisan yang kurang ajar. Menjadi blak-blakan, seperti Duke Nukem dan Shadow Warrior, nada dan selera humor Serious Sam selalu menjadi ciri khasnya. Bagi orang-orang yang masih menghargai merek komedi khusus Beavis dan Butthead, ini tidak akan menjadi masalah.

Tetapi bagi banyak pemain muda, dialog dengan cepat akan menjadi sangat menggelegar. Pada lebih dari satu kesempatan saya merasa ngeri ketika tim Sam mulai misoginis mengenang tentang “waktu itu dia [DISENSOR] salah satu NPC wanita game di [FOR THE LOVE OF GOD WHY DID THEY THINK THIS WAS FUNNY] di salah satu seri ‘sebelumnya cicilan. Itu ketinggalan jaman, malas dan kasar; hanya berfungsi untuk menyoroti dengan tepat bagaimana sebenarnya di balik waktu Serious Sam 4 sebenarnya.

Terkait: Semua fakta di Xbox Series X.

Setelah ini, Anda akan segera mulai melihat bagian lain dari gim yang belum terlalu menua. Desain levelnya fungsional, dan ada banyak variasi pada lingkungannya, tetapi setelah beberapa saat tidak ada lagi fakta bahwa itu sangat diformulasikan dan jelas datar dibandingkan dengan penembak modern lainnya.

Ada banyak musuh yang sangat berbeda untuk dilawan, termasuk staples seri seperti Headless Kamikaze, Beheaded Rocketeer, ditambah musuh baru seperti Pengamuk Diproses yang panik, Belcher dan Zelot Zelot yang panik. Tapi AI mereka sangat, sangat mendasar.

Setiap musuh memiliki serangan skrip malas yang tidak menyimpang darinya. Pada awalnya jumlah musuh yang sangat banyak melakukan pekerjaan yang baik untuk menutupi ini, tetapi setelah Anda memakukan aliran serangan mereka dan menemukan senjata terbaik untuk digunakan melawan mereka, semuanya menjadi sedikit mekanis. Dalam beberapa jam pertama, memori otot penembak awal tahun 2000/90-an saya telah kembali dan saya melewati sebagian besar pertarungan dengan memberondong lingkaran dasar dan menjajakan punggung dengan sedikit usaha, bahkan di level selanjutnya.

Hal ini membuat Serious Sam 4 terasa seperti sekumpulan tulang yang kokoh dengan sedikit daging. Saya tidak bisa tidak berharap pengembang telah mengambil halaman dari buku penembak modern dan menambahkan setidaknya beberapa ide baru ke formula yang dicoba dan diuji. Doom dan Doom Eternal berhasil karena mereka membangun di atas fondasi yang ada dengan ide-ide baru yang berani. Shadow Warrior 2 membawa seri ini ke depan dengan menambahkan sistem jarahan dan misi. Penambahan inilah yang membuat keduanya terasa seperti game modern yang hebat, bukan hantu zaman dulu.

Haruskah saya membeli Serious Sam 4?

 

 

Jika Anda seorang golden oldie yang mencari penembak retro untuk menenggelamkan gigi Anda ke Serious Sam 4 layak untuk dicoba. Ini memaku cukup dasar untuk menawarkan pengalaman arcade yang menyenangkan dan bermanfaat, sayangnya ini tidak mengalihkan perhatian dari penyakit biasa-biasa saja.

Rasa humor yang lelah dan kurangnya inovasi dibandingkan dengan penembak kontemporer menahannya dari sekuel yang mungkin diharapkan beberapa orang, tetapi penggemar hardcore masih akan menemukan banyak hal untuk dinikmati di sini.