Tips Agar Keyboard Laptop Awet

Tips Agar Keyboard Laptop Awet


 

Keyboard merupakan salah satu hardware yang diperlukan dan penting pada komputer. Tanpa keyboard mungkin kita akan kesusahan untuk mengetik dan melakukan beberapa hotkey kecuali jika yang dipakai adalah komputer layar sentuh. Keyboard memiliki jenis yang bervariasi, pada komputer biasanya menggunakan keyboard jenis QWERTY yang digunakan pertama kali oleh mesin tik buatan E Remington pada tahun 1874.

Tips Agar Keyboard Laptop Awet

Keawetan keyboard juga bervariasi, faktor terbesar yang menentukan keawetan suatu keyboard adalah bagaimana cara kita merawatnya dan menggunakannya sehari-hari. Jika anda salah dalam merawat dan menggunakannya pasti keyboard tersebut tidak akan berumur panjang dan akan cepat rusak dalam jangka waktu pendek. Agar keyboard tersebut awet kita harus mengetahui bagaimana cara merawat dan menggunakan keyboard yang benar, mari kita simak yang berikut ini.

Jangan menekan tombol keyboard terlalu keras

Cara Agar Keyboard Laptop Awet

Keyboard pada umumnya memiliki per penahan yang terletak di bawah tombol-tombol keyboard. Satu tombol keyboard memiliki satu per yang terus menahan keyboard agar tidak masuk terus-menerus dan tidak lepas dari keyboard. Jika kita menekan tombol keyboard terlalu kasar bahkan sampai membanting tangan ke keyboard laptop, ada kemungkinan tombol pada keyboard laptop tersebut tidak mau kembali ke atas atau yang lebih parah lagi akan lepas dari tempatnya. Jadi gunakan keyboard laptop anda biasa saja jangan mengetik terlalu kasar dan usahakan jangan terdengar bunyi yang keras pada saat mengetik.

Gunakan keyboard eksternal pada saat bermain game

Tips MerawatKeyboard Laptop Awet

Pada saat bermain game biasanya kita akan menggunakan keyboard dan mouse. Keyboard adalah hardware yang paling rawan terkena kerusakan saat bermain game, khususnya pada tombol WASD, CTRL dan Spasi, dan tidak perlu terkejut jika pada laptop anda ataupun warnet yang berisi game online stiker di tombol keyboardnya kebanyakan luntur dan hilang. Agar keyboard pada laptop anda tidak terkena kerusakan yang parah pada saat bermain game, saya sarankan untuk menggunakan keyboard eksternal pada saat bermain game.

Selalu bersihkan dari debu dan kotoran

Tips Agar Keyboard Laptop Awet

Debu dan kotoran pada keyboard biasanya akan menumpuk jika tidak dibersihkan secara rutin. Hati-hati debu tersebut bisa saja masuk ke dalam keyboard laptop anda dan membuat keyboard menjadi tidak enak lagi untuk disentuh, karena bisa saja debu tersebut adalah pasir yang masuk dan menghalangi per yang berada di bawah tombol keyboard laptop. Anda bisa membersihkan keyboard laptop dengan kuas untuk melukis, pembersih vakum, dan tissue.

Jauhkan keyboard dari air

Tips Agar Keyboard Laptop Awet

Keyboard pada umumnya tidak tahan terhadap air, jadi ketika keyboard tersebut kemasukan air biasanya akan terjadi korsleting pada keyboard tersebut sehingga tidak bisa dipakai kembali. Air tersebut tidak hanya merusak keyboard tetapi juga akan merusak mesin pada laptop anda sehingga akan memakan banyak uang untuk memperbaikinya kembali. Jadi jauhkan minuman dan air apapun di sekitar keyboard laptop anda.

Jangan ditumpuk dengan benda yang berat

Tips Agar Keyboard Laptop Awet

Keyboard pada laptop juga tidak tahan terhadap benda berat jika ditaruh di atasnya. Jika saja itu anda lakukan, biasanya keyboard tersebut akan cepat rusak dan pernya juga tidak nyaman untuk disentuh lagi. Jadi jangan pernah letakkan benda berat di atas keyboard laptop anda, bukan hanya merusak keyboard tetapi juga bisa merusak mesin pada laptop tersebut karena tertindih.

Gunakan pelindung keyboard untuk laptop

Tips Agar Keyboard Laptop Awet

Ada beberapa orang di internet yang mengatakan bahwa pelindung keyboard akan merusak laptop karena menutupi sirkulasi udara yang berada di celah keyboard. Padahal hal tersebut SALAH, sirkulasi pada laptop tidak terletak di celah tombol keyboard tetapi di bawah laptop dan di beberapa sisi laptop. Pelindung keyboard laptop bisa melindungi keyboard laptop anda dari debu dan juga butiran air (butiran air ya, bukan seliter air). Jadi tunggu apa lagi, beli saja pelindung keyboard laptop, harganya sekitar 15 ribu rupiah.

Sumber : https://rh-comp.blogspot.co.id/2015/07/tips-agar-keyboard-laptop-awet.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: