Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah FIP UNY mendapatkan nilai A (364). Dengan dikeluarkan surat keputusan tersebut, kini Prodi S1 PLS merasa bahagia dan bangga. “Tentu ini menjadi kebanggaan sendiri untuk Prodi PLS yang sebelumnya berakreditasi B”, ungkap Dr. Sujarwo, M.Pd, selaku Ketua Program Studi S1 PLS.
Sujarwo menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama semua pihak, baik dari Dekanat, Dosen, Admin, Mahasiswa, Alumni atas sumbangsih berupa tenaga, pikiran, dana sehingga Prodi S1 PLS berhasil memperoleh Peringkat A.
Untuk mempertahankan peringkat akreditasi ini, Sujarwo memiliki beberapa upaya penguatan. “Untuk mempertahankan akreditasi ini, prodi akan terus melakukan upaya-upaya penguatan seperti: 1). Penguatan kelembagaan melalui optimalisasi peran dan fungsi Dosen, mahasiswa dan alumni; 2). Penguatan Jejaring/mitra dalam rangka mengembangkan laboratorium dan daya serap lulusan; 3). Peningkatan Soft Skill Mahasiswa; dan 4). Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, ungkapnya.
Sebagaiamana diketahui bahwa Akreditasi institusi perguruan tinggi merupakan  proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh institusi perguruan tinggi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi perguruan tinggi

 

VISI dan MISI

VISI:

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah yang unggul di tingkat nasional yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, kecendikiaan, dan berwawasan kebangsaan.

MISI:

  1. Mengembangkan praksis pendidikan luar sekolah yang memberdayakan masyarakat yang berkarakter.
  2. Membelajarkan masyarakat secara berkelanjutan menuju tercspsinya masyarakat belajar yang berlandaskan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian dan responsif terhadap tuntutan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pendidikan profesional yang berbasis penelitian
  4. Melaksanakan praktik pembelajaran dalam bidang dan program pendidikan luar sekolah.
  1. Tujuan

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah menyelenggarakan pendidikan akademik program srudi S1 Pendidikan Luar Sekolah, menyiapkan tenaga kependidikan luar sekolah yang memiliki kompetensi: 1) Pengelolaan program PLS, 2) Fasilitator pusat kegiatan belajar masyarakat, 3) Pelaku wirausaha sosial dan pemberdayaan masyarakat.

 

  1. BIDANG KEAHLIAN

Mengacu padaKepmendiknas Nomor 232/U/2000, serta SK Mendiknas No. 045/U/2002, mengenai prospek bidang pekerjaanlulusan Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah, adalah sebagai Pengelola& Pengembangan Program PLS/PNFI serta fasilitator pembelajaran padalembaga-lembaga PLS/PNFI, yang meliputi:

1)      Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

2)      Pendidikan Orang Dewasa

3)      Pendidikan Kepemudaan

4)      Pendidikan Kesetaraan

5)      Pendidikan Keaksaraan

6)      Pendidikan Pemberdayaan Perempuan

7)      Pendidikan Masyarakat dan Pelatihan Kerja

Pendidikan dan Pelatihan yang lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik (akademik, keterampilan-kewirausahaan) sesuai dengan kebutuhan.

 

TENAGA EDUKATIF

Guna mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang bermutu, Progran Studi PLS memiliki tenaga edukatif tetap berjumlah 17 orang, terdiri dari 3 Guru Besar, 5 orang Doktor, 9 orang Magister (dua dosen sedang menempuh program Doktor), 15 Dosen telah tersertifikasi sebagai pendidik, secara lebih rinci tenaga edukatif tersebut adalah:

  1. Dr. Wuradji, M.S
  2. Dr. Sodiq Azis Kuntoro, M.Ed
  3. Dr. Yoyon Suryono, M.S
  4. Sumarno, Ph.D
  5. Sugito, MA
  6. Sujarwo, M.Pd
  7. Puji Yanti Fauziah, M.Pd
  8. Iis Prasetya, MM
  9. Setya Rohadi, M.Kes (sedang S3)
  10. Entoh Tohani. M.Pd (Sedang S3)
  11. Nur Djazifah ER, M.Si
  12. Mulyadi, M.Pd
  13. W. Septiarti, M.Si
  14. Suhartaa, M.Pd
  15. Widyaningsih, M.Si
  16. Hiryanto, M,Si
  17. Lutfi Wibawa, M.Pd

Video PLS FIP UNY, Prof Dr. Sodiq Aziz Kuntoro,

FASILITAS BPEMBELAJARAN
Fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran disediakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta / Fakultas Ilmu Pendidikan / Program Studi Pendidikan Luar Sekolah maupun hasil kerja sama dan bantuan dari masyarakat serta sumber lain, meliputi: Ruang Kuliah yang cukup representative, Laboratorium Komputer yang dilengkapi dengan LCD, OHP, Laptop, Handycam, Slide Projektor, Walkman, TV , VCD Player, Mini Compo, Tape Recorder, kamera manual dan digital, untukn meningkatkan skill dan kemampuan profesional yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran PLS, Perpustakaan Fakultas / Jurusan ujntuk mendukung kajiak keilmuan PLS.
Dalaam mendukung mempersiapkan lulusannya agar memiliki komopetensi utama sebagai pendidikan luar sekolah maupun beberapa kompetensi pendukung lainny, Program studi PLS telah mempersiapkan fasilitas pendukung berupa Laboratorium di Luar Kampus “Rumah Pasinaon di Gunung Kidul”, dengan mitra beberapa PKBM, LSM, dan SKB, BPKB, BP2KS, P2PAUDNI, Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini yang berlokasi di Kampus UPP II Jalan Bantul Yogyakarta sebagai ajang penelitain dosen maupun mahasiswa, praktik perkuliahan, kegiatan PPL-KKN, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan akademik lainnya, serta berbagai kegiatan kerja sama dengan pihak-pihak terkait

.PROSPEK LULUSAN PLS

Lulusan PLS FIP UNY telah bekerja di beberapa instansi pemerintah ( Depdikbud, Dikmas, P2PAUDNI, BPKB, SKB, Dinsos, BKKBN, Penmas, Depnaker dll) dan Swasta (Peneliti, Trainer, Konsultan PLS, Penmas, Pengelola PKBM, LSM, Wirausaha, dll).

Presetasi pengembangan yang pernah diraih hingga saat ini:

  1. Pemenang Program Hibah Kompetisi A-2 tahun 2005-2007
  2. Pendamping PKBM
  3. Pemberantasan Buta Aksara 2008-2010
  4. Kajian Rumah pintar, taman pintar dan komunitas pintar 2010
  5. Efikasi Kebijakan PNFI (2010)
  6. Kajian Aksara Kewirausahaan (2011)
  7. Beberapa penelitian tahun 2011-2012 (Stranas, Hikom, Hibah bers

 

 

Source:https://fip.uny.ac.id/prodi/pendidikan-luar-sekolah