Lewat ke baris perkakas

Skripsi

Salah satu tantangan yang jadi momok menakutkan hampir seluruh mahasiswa semester akhir ya skripsi. Entah kenapa ya selalu aja penderitaan bagi mahasiswa tingkat akhir pasti merujuk ke skripsi. Padahal kalian bisa aja loh ngerjain skripsi dengan easy way like a piece of cake. Emang seberapa menakutkannya sih skripsi ini? Lalu bagaimana cara menghajar makhluk berwujud kumpulan kertas ini dengan santuy? Nah, ini beberapa tips and tricks dari pengalaman yang bisa aku bagi ke kalian:

1. Sesuaikan topik dengan minat kalian

Emang harus gitu ya? seberapa penting sih topik penelitian ini? Eitss, jangan salah sob. Coba bayangin deh, kalau kalian bekerja sesuai dengan minat, dengan kesukaan kalian, kan pasti bakalan seneng dan semangat buat ngerjainnya sih? Otomatis kalo kalian dengan senang hati ngerjain skripsi, ya mau ga mau skripsi kalian bakalan cepet selese.

Topik ini penting banget loh sob buat kelangsungan hidup kalian haha. Karena apa? topik ini berpengaruh ke tahap penelitian, pengolahan data, kesimpulan kalian. Kalo ga sesuai kalian pasti males2an ngerjainnya. dengan paksaan. Terus gimana bisa cepet selesei kalo gini?

Makanya pilih topik yang sesuai dengan minat kalian, misalnya pekerjaan yang jadi cita2 kalian, hobi, dan lingkungan yang kalian suka. Oke lanjut..

2. Kalian pilih tuh dosen pembimbing yang enak

Enak atau engga enaknya dosen pembimbing ada beberapa hal loh sob, misal gampang ditemuin, engga baperan, eco friendly (hemat kertas, hemat uang hehe), engga berbelit-belit ribet minta ganti ini itu dan komunikasi lancar.

Kalian bisa tuh tanya2 ke kaka tingkat, ntah itu pacar/gebetan, udah lulus/belum lulus, siapa aja deh, tapi yang se-jurusan ya. Kaka tingkat kalian bakalan dengan senang hati kok sharing pengalamannya, dengan catatan kalian mintanya dengan baik2 dan kaka tingkat kalian ga punya rasa dendam yaa 😛

Aku ga tau sih kalo di kampus/ fakultas/ jurusan lain, kalau di kampus aku (read: Unnes, jurusan sosiologi dan antropologi) buat dosen pembimbing skripsi biasanya tahap pertama kalian bakalan disuruh ngumpulin topik penelitian, terus kalian bakalan nunggu tuh beberapa hari buat penentuan dosen pembimbing. Tapi tersedia jalur spesial sob, kalian minta aja memo ke dosen yang bersangkutan, ntar Insyaallah 85% kalian bakalan dapet dosen pembimbing sesuai keinginan kalian, tapi harus cepet2an sama temen kalian, jangan sampe kuota mahasiswa bimbingan dosennya penuh.

Tapi ini mungkin tiap Univ. beda ya sob, intinya kalo kalian punya kesempatan buat milih dosen pembimbing, so langsung aja pilih yang enak menurut kalian.

3. Pake judul jangan kepanjangan

Keliatan sepele yah sob? haha. Tapi ini sebenarnya bukan masalah sepele kayak yang kalian bayangin, ntar kalo judul kalian panjang kan susah buat ngehafalinnya, ntar pas sidang malah jadi pertanyaan tuh judul kenapa panjang banget kayak kisah hidupmu haha.

Sederhana saja sob judul skripsi tuh. Gausah berbelit-belit, jangan kebanyakan kata-kata istilah ilmiah dan sebagainya yang bisa jadi pertanyaan pas sidang, karena bakalan nambahin beban kalian, walaupun engga seberapa sih 😀

3. Ga usah sok idealis

Idealis bisa berarti banyak hal sob, dan kalo kalian adalah sosok yang idealis dan punya kemampuan buat menuruti ke-idealisan itu, juga engga ada salahnya sih. Tapi kalau kalian tidak tidak punya kesanggupan memenuhi sifat idealis kalian, ya ntar malahan jadi lama ngerjain skripsinya, bisa2 kalian malah cape sendiri.

4. Ga usah sempurna banget

Kalau kalian mengejar kesempurnaan buat skripsi kalian, ya bakalan lama banget sekali selesainya sob. Ini hampir sama kayak idealis, tapi idealis dari sudut pandang pemikiran kalian, sedangkan kalau ini dari sudut pandang skripsinya.

5. Minta dukungan moral ke orang tua

Bersyukurlah untuk kalian yang masih memiliki orang tua, karena beliau lah yang akan selalu mendukung dan berharap bahwa kelak anaknya akan sukses. Selain dukungan material yang telah mereka berikan, dukungan moral juga tidak kalah pentingnya, karena doa baik mereka di sepertiga malamlah yang dapat menembus langit ke tujuh, dan di ijabah oleh Allah.

6. Perbanyak doa dan berserah diri kepada Allah

Langkah terakhir ini sangat penting, karena semua usaha yang telah kita laksanakan, kalo pada akhirnya kita tidak berdoa dan berserah diri kepada-Nya, maka akan sia-sia. Berserah dirilah hanya kepada Allah, karena sebaik-baik tempat kembali hanyalah kepada Allah semata.

Oke sob, cuma segini tips and tricks yang bisa aku bagikan ke kalian. Tulisan ini murni dari pemikiran aku sendiri, karena aku dan teman-temanku juga pernah bahkan ada yang masih berjuang buat nyelesein skripsi ini. Jangan lupa untuk saling menyemangati buat sesama pejuang skripsi, saling support.  Kalo mungkin kalian punya tips and tricks yang lain, tolong banget ya dibagi di kolom komentar. Stay safe all?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d blogger menyukai ini: