FIP Unnes, Rumah Para Pendidik

Sedikit cerita tentang Fakultas Ilmu Pendidikan atau FIP yang ada di Unnes.

Fakultas dengan warna khas Hijau dan merupakan fakultas satu-satunya yang memiliki cabang, yakni di Tegal dulu (PGSD Tegal) dan juga ada cabang di Ngaliyan, PGSD juga.

Mahasiswa FIP dikenal banyak orang sebagai calon guru atau pendidik, meski tidak setiap lulus harus menjadi guru.  Di FIP kamu bisa mengenal banyak mahasiswa dengan berbagai latar dan juga konsentrasi atau jurusannya.

Diantaranya ada

Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan salah satu jurusan yang lumayan banyak peminatnya, disini mahasiswa belajar tentang kurikulum untuk sistem pendidikan di Indonesia, bagaimana penyusunannya, penerapannya, serta evaluasi dari sistem pendidikan di Indonesia.

Mahasiswa Teknologi Pendidikan dikenal jago desain, jadi banyak dari mereka yang jika ikut kepanitiaan sebuah acara hampir bisa ditebak masuknya divisi atau bidang apa? Yap, divisi media, dekorasi ataupun dokumentasi. Dekdok lah gampangnya hehe. Supaya tidak penasaran, seperti apa desainnya, mari kita lihat.

Disini ya, Instagram Selain itu, salah satu event yang ada atau dari mahasiswa Teknologi Pendidikan yaitu Edutech

Pendidikan Non Formal

Jurusan PNF atau Pendidikan Non-Formal, disini mahasiswa beljar mengenai tentang seluk beluk dari pendidikan luar sekolah, bagaimana pentingnya serta sistem pendidikan non formal yang ada di Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi dalam kemajuan dan pembangunan.

Meski jarang banyak yang mengetahui tentang PNF ini, namun mereka yang disini memiliki kontribusi yang besar juga dalam dunia pendidikan.

 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Regional Ngaliyan

Nah, ini FIP cabang Ngaliyan, calon Pendidik Seklah Dasar, mahasiswa PGSD Ngaliyan dikenal sebagai mahasiswa yang tangguh, sebab banyak juga dari mereka yang selain kuliah juga aktif di organisasi, dan organisasinya di Sekaran.

Jarak dari Ngaliyan ke Sekaran memang tidak dekat, juga tidak jauh. Mungkin sekitar 20-30 menit ada, bergantung pada jalan yang dilewati dan kondisinya. Patut diapresiasi perjuangan mereka yang laju untuk ke Sekaran dan kembali lagi ke Ngaliyan.

Mahasiswa PGSD Ngaliyan punya Hima juga, bisa dilihat disini profilnya Hima PGSD .Untuk event meraka saslahsatunya yaitu Fantastic.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Regional Tegal

PGSD Tegal, Nah ini Unnes cabang Tegal. Masyarakat Tegal atau mereka yang ingin jadi guru tidak perlu kuliah di Semarang, Karena Unnes punya cabang di Tegal.

Namun disini mahasiswa PGSD Tegal tidak enaknya yaitu kalo ada event atau acara di Unnes Sekaran mereka tidak bisa ikut berpartisipasi secara penuh disini, ya karen keterbatasan jarak. Kan ga mungkin kalo misal ikut disini dan harus rapat di Unnes Sekaran, masa iya laju.

Bisa, tapi boros. Boros di transport dan waktu perjalanan. Semoga saja, Pintu Ajaib Doraeman segara rilis di Indonesia.

 

Bimbingan Konseling

Sekarang, Jurusan BK Nih. Siapa sih yang ga tau BK ? Iya, yang di Sekolah suka manggilin orang kalo ada siswa terlambat, bermasalah dan rupa-rupa lainnya yang sering dikenal galak. wkwk.

Tapi disini, mahasiswa BK tidak seperti itu, mereka baik-baik dan keren. Sebab dikampus, mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan. Disini mahasiswa BK punya acara keren, yaitu Catarsis sebagai ajang apresiasi seni dan bakat mahasiswa.

Guest starnya kemarin Feby Putri, keren ga tuh ?Selain itu, di Jurusan BK terdapat beberapa komunitas serta unit kegiatan mahasiswa, seperti :

    1. CONCIOUS (Counseling Cinema Of Unique Self), tempat bagi mereka yang suka sinematografi untuk edi pembelajaran.
    2. CEC (Counseling Education Community), kalo ini sebagai wadah untuk berkarya dalam peneilitan dan karya ilmiah.
    3. BIKONSPALA (Bimbingan Konseling Pecinta Alam) ini sebagai wadah pecinta alam mahasiswa BK untuk menciptakan karakter konservasi, cocok buat kamu yang suka dengan naik gunung, aksi konservasi, penghijauan dan lainnya.
    4. B’COUSTIC (Bimbingan dan Konseling Akustik) , kalo komunitas ini cocok untuk kamu yang suka seni, terutama musik, disini bisa menyalurkan bakat menyanyi dan bermusik
    5. LENSA (Lentera Sastera) untuk yang suka puisi, atau sastra yang lain bisa ini jadi pilihan untuk menyalurkan bakatnya dan hobi
    6. GC Sport (Guidance and Counseling Sport) merupakan komunitas dalam bidang olahraga, dari berbagai jenis, seperti bola voli, basket, serta futsal

 

Psikologi

Psikologi, Jurusan yang kebanyakan didominasi oleh perempuan. Nah disini mahasiswa Psikologi biasanya jadi tempat curhat, berkeluh kesah, dan motivasi untuk yang sedih atau minta tips tips buat diri.

Selain itu, Mahasiswa Psikologi Unnes ini punya event yang bergengsi juga, yaitu Psichology Fest

Pendidikan Guru Anak Usia Dini

Kali ini adalah PGPAUD, Yak PG PAUD, Ya kulahnya sama anak-anak PAUD, Mahasiswa PGPAUD cocok ini buat calon istri yang idaman, sifat ke-Ibu-an sudah tidak diragukan lagi. wkwk.

Kuliahnya seneng, seneng, nyanyi-nyanyi, dan bermain, paling Happy dari mahasiswa lain.

Ga melulu sama anak PAUD, tapi disini mereka juga berkreasi di malam Inauguruasinya, yaitu Gelar Karya Mahasiswa PGPAUD

Jika hampir semua jurusan di FIP punya acara dan eventnya yang keren keren, tak kalah juga di tingkat Fakultasnya, dari mahasiwa fakultasnya FIP memiliki acara keren yang juga paling ditunggu tunggu oleh mahasiswa FIP dan umumnya juga mahasiswa Unnes, yaitu Inaugurasi FIP Marvelous (Monumental Art Festival and Share Smile for Us)

 

Di Marvelous FIP Unnes selain event apesiasi seni, juga ada acara amal sebagai bakti dari mahasiswa FIP dan Unnes. Acara yang diadakan oleh BEM FIP Unnes ini rutin diadakan setiap tahunnya.

Pada 2018 marvelous mnghadirkan bintang tamu Jikustik serta Tanggal Tua. Dan pada 2019 kemarin, Marvelous mengundang, Sorry Wortel dan Tri Suaka (Musisi Jogja Project).

Selain dari diatas, mahasiswa FIP juga sering mengadakan acara diskusi publik, seminar pendidikan dan non-pendidikan, lomba-lomba dan banyak yang lainnya.

Oke, kurang lebih itu, sedikit catatan saya tentang FIP. Untuk yang lain silahkan ikuti terus laman ini.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: