Kilas Balik Unnes Fair, Tahun ke Tahun

[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]

Unnes Fair 2011 Digelar 1-2 Oktober

Rabu, 21 September 2011 | 11:43 WIB


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unnes akan menyelenggarakan Unnes Fair 2011 di kawasan  kampus Unnes Sekaran Gunungpati  Semarang,  1-2 Oktober 2011.

Reinold Hutapea selaku ketua panitia mengatakan, Unnes Fair 2011 wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Meski demikian, kegiatan ini terbuka untuk umum dan akan ada perekrutan anggota baru.

Unnes Fair 2011 akan diisi pameran, penampilan UKM, dan pentas musik. Yang paling menarik, ada doorprize untuk pengunjung, antara lain handphone, jaket, helm, dan kaus.

Beberapa stan sponsor dan jajanan juga akan memeriahkan acara tersebut.

src : https://unnes.ac.id/berita/unnes-fair-2011.html

 

52 UKM Meriahkan Unnes Fair 2011

Sabtu, 1 Oktober 2011 | 19:35 WIB


52 UKM Meriahkan Unnes Fair 2011

HUMAS/AGUS

Bermain Seruling – Patrik mahasiswa baru Unnes program darmasiswa dari Madagaskar turut serta memeriahkan acara Unnes Fair 2011. Dia menyanyikan lagu apuse menggunakan seruling khas madagaskar.

Semua unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Semarang ikut berpartisipasi dalam Unnes Fair 2011, Sabtu-Minggu (1-2/10) di kawasan Unnes kampus Sekaran. Mereka terdiri atas  52 UKM yang tergabung dalam Forum UKM Universitas.

Ketua Panitia Reinold Hutapea menerangkan, Unnes Fair 2011 mengambil tema “Unnes Fair 2011: Wujudkan Prestasi dalam Gemerlap Konservasi”. “Hal itu kami tunjukkan dengan setting tempat yang bernuansa alam dan meriah,” katanya.

Kegiatan yang ditujukan untuk menyambut 7.000 mahasiwa baru ini, lanjut ketua panitia, berisi stan UKM yang dilengkapi dengan 3 panggung di sisi paling kanan dan kiri serta panggung utama di tengah.

“Itu mempermudah mahasiswa UKM untuk memamerkan hasil karya masing-masing. Apalagi panitia mendukung dan memberikan kesempatan seluas-luasnya pada UKM yang ingin menampilkan aksi masing untuk menarik minat mahasiswa baru supaya masuk menjadi anggota. Tak ketinggalan juga ada stan makanan dan pujasera juga turut serta memeriahkan acara ini,” katanya.

“Unnes Fair masih akan dilanjutkan lagi besok pagi mulai pukul 09.00 . Masih ada dorprize utama berupa handphone, jaket, helm, dan kaus yang akan dibagikan. Selain itu, live music dan band lokal sudah dijadwalkan untuk mengisi acara besok pagi. Jadi, silakan hadir kembali dan nikmati pertunjukanya. Gratis,” katanya.

src : https://unnes.ac.id/berita/52-ukm-meriahkan-unnes-fair-2011.html

 

Buka Unnes Fair, Rektor Imbau Civitas Akademika Rukun

Jumat, 12 Oktober 2012 | 8:05 WIB


Sebanyak 54 unit kegitan mahasiswa (UKM), 9 stan organisasi kemahasiswaan yang terdiri atas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM), dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) ambil bagian dalam Unnes Fair 2012. Kegiatan digelar di kawasan hutan konservasi, Kamis-Jumat (11-12/10), di kompleks hutan konservasi Unnes kampus Sekaran.

Tak hanya melibatkan mahasiswa, acara yang mengusung tema “Tumbuhkan Jiwa Muda Cerdas Berkarakter Konservasi” itu juga melibatkan masyarakat setempat dengan ikut mendirikan stan makanan dan pakaian.

Dalam sambutannya, Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo mengimbau civitas akademika Unnes untuk menjaga kerukunan baik di lingkungan kampus maupun sekitar. “Kita harus rukun, bekerja sama untuk melakukan berbagai kegiatan. Dengan semangat kebersamaan, kita dapat melakukan banyak hal dengan hasil yang terbaik bagi kita semua,” katanya ketika membuka Unnes Fair.

Unnes Fair merupakan wadah perkenalan bagi seluruh UKM kepada mahasiswa baru. Perkenalan ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa baru mengenali diri sendiri dan menemukan UKM yang sesuai dengan minat dan bakatnya sebagai tempat untuk pengembangan potensi diri. Berbagai atraksi dipertunjukkan oleh mahasiswa dalam acara yang menjadi agenda tahunan itu. Di antaranya penampilan karawitan dan seni gamelan, tari Jawa klasik, marching band, aksi teatrikal, band, dan akustik.

Daiva Lazusyte, peserta darmasiswa asal Lituania mengaku terkesan dengan berbagai pertunjukan yang ditampilkan dalam acara itu. “Senang dan terkesan dengan pertunjukan tari tradisional dan musik gamelan yang ditampilkan oleh mahasiswa,” katanya.

src : https://unnes.ac.id/berita/rektor-imbau-civitas-akademika-unnes-tetap-rukun.html

 

53 UKM Ramaikan Unnes Fair 2013

Senin, 16 September 2013 | 15:05 WIB


53 UKM Ramaikan Unnes Fair 2013

SIHONO/HUMAS

Mahasiswa Asing Program Darmasiswa sedang mencoba hockey pada Unnes Fair di stan UKM Hockey Senin (16/9) di kampus Sekaran.

Puluhan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) berunjuk kebolehan dalam Unnes Fair 2013 di kampus Sekaran.

Dwi Turistyanto ketua panitia melaporkan Unnes Fair ini berlangsung dua hari yakni Senin-Selasa (16-17/9) diikuti 53 UKM dari delapan fakultas. Mereka memamerkan karya dan prestasi mahasiswa diantaranya UKM Hockey, Woodball, Pencak Silat, Kerokhanian, dan Tari.  Mengusung tema Unnes Fair 2013 Bersinergi Wujudkan Prestasi di Kampus Konservasi.

Selain itu, juga dimeriahkan festival band yang diikuti 33 personil. Band yang menjadi jawara akan menjadi bintang tamu pada Unnes Inagurasi mendatang.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan kegiatan ini untuk mengenalkan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang keduanya saling menunjang kepada mahasiswa di lingkungan kampus.

“Kegiatan pengenalan kampus inilah diharapkan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan mahasiswa baru sebelum memulai perkuliahan,” kata Prof Fathur Rokhman.

Prof Fathur Rokhman juga mengemukakan, mahasiswa baru itu akan menemui hal-hal baru sehingga perlu beradaptasi yang tidak pernah dirasakan, dilihat, maupun dialami sebelumnya. Di sisi lain, wawasan tentang kampus juga bermanfaat dalam pengembangan bakat, minat, dan potensi yang dimilikinya.

Dengan menampilkan itu, kata Prof Fathur,  mereka termotivasi karena karya-karya mereka dihargai oleh universitas dan masyarakat. Motivasi itu juga, kita harapkan dapat membangun peningkatan prestasi mereka.

Prof Fathur juga mengatakan, Unnes Fair ini juga sebagai ajang silaturahmi antar mahasiswa karena bisa melihat keunggulan dari setiap fakultas, UKM, dan silaturahmi akademik. Dengan silaturahmi akademik itu mereka adalah bagian satu komunitas keilmuan. Dengan kesadaran itu mereka akan termotivasi untuk berkarya.

Selain itu, kata Dia, Unnes Fair juga sebagai kerjasama yang bagus antar fakultas, UKM, mahasiswa, masyarakat sekitar, dan Perbankan karena mereka juga mengambil peran dalam prestasi mahasiswa.

Mahasiswa asing pun juga ikut ambil bagian pada Unnes Fair ini. Mereka merupakan mahasiswa Unnes program Darmasiswa berjumlah 20 orang dan mahasiswa asing reguler dari Turki untuk saling melihat, saling menilai antar prestasi itu, kata Prof Fathur.

Sisworo Ari Wibowo pelatih UKM Hockey menuturkan tim kami sudah meraih prestasi di tingkat regional maupun nasional diantaranya Juara III putri  Invitasi Hockey Ruangan Perguruan Tinggi (IHRPT) ITB se-Indonesia 2010, Juara I putra Hockey Field antar Club se-Jateng 2011, Juara II putri Hockey Field antar Club se Jateng 2011, Juara II putra (IHRPT) ITB se-Indonesia 2012, Juara III putra Hockey Indoor se-Jateng 2012, juara II putri hockey Indoor se-Jateng 2012.

Kemudian, menjadi juara I  Floorball se- Indonesia putra tahun 2013, Juara III putra IHRPT ITB se-Indonesia 2013, dan juara II putri floorball se-Indonesia 2013.

src : https://unnes.ac.id/berita/53-ukm-ramaikan-unnes-fair-2013.html

 

55 Unit Kegiatan Mahasiswa Ramaikan Unnes Fair 2014

Rabu, 24 September 2014 | 7:22 WIB


55 Unit Kegiatan Mahasiswa Ramaikan Unnes Fair 2014
LINTANG/HUMAS

Sebanyak 55 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti Unnes Fair 2014 selama dua hari Selasa-Rabu (23-24/9).

Pembukaan secara resmi oleh Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Selasa (23/9) di kampus Sekaran, Gunungpati.

Ketua pelaksana Tsani Muftih Hidayati melaporkan, acara ini diikuti 55 UKM yang ada di Unnes diantaranya UMK Riptek (pengembangan teknologi), UKM Usecc (UKM Kesehatan), UKM Pencak Silat, UKM Senam, UKM Unsec (kewirausahaan), UKM BP2M (UKM Penerbitan), dan UKM REM FM (UKM Penyiaran).

Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat membuka acara mengatakan kegiatan UKM Fair ini sebagai wahana untuk mengenalkan UKM pada mahasiswa baru sehingga mereka bisa mengenal sebih dekat tentang kegiatan apa yang ada di dalam UKM masing-masing tersebut.

Sehingga, kata Rektor mahasiswa baru itu bisa memilih mau ikut menjadi anggota aktif UKM-UKM yang ada di Unnes sesuai dengan bakat dan minatnya.

Rektor menyebut ada 3 karakter mahasiswa yaitu karakter mahasiswa semangat berprestasi, karakter santun, dan karakter harmoni. Apapun karakter mahasiswa, sebaiknya mereka selain rajin mengikuti perkuliahan, juga ikut salah satu atau beberapa UKM yang ada di Unnes.

Unnes Fair 2014 mengambil tema “Harmoni Kreasi Wujudkan Prestasi di kampus Konservasi”. Saat pembukaan diisi pula dengan tari gambyong, teatrikal dari teater SS tengtang konservasi yakni menceritakan tentang perlunya tanaman dan menjaga lingkungan dari kerusakan maupun pengrusakan.

Selain itu dipanggung terbuka juga diisi dengan penampilah dari semua stand UKM secara bergantian diantaranya dari UKM Busana menampilkan Fashion Show kreasi busana dari plastik dan kertas yang tidak terpakai.

src : https://unnes.ac.id/berita/55-unit-kegiatan-mahasiswa-ramaikan-unnes-fair-2014.html

 

55 UKM Ramaikan Unnes Fair

Selasa, 29 September 2015 | 15:58 WIB


55 UKM Ramaikan Unnes Fair
SIHONO/HUMAS

Sebanyak 55 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti Unnes Fair 2015 selama dua hari Selasa-Rabu (29-30/9).

Kegiatan dibuka oleh Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Selasa (29/9) di area hutan mini kampus Sekaran Gunungpati.

Ketua panitia Evi Arifiani melaporkan, kegiatan ini diikuti 55 UKM yang ada di Unnes diantaranya UMK Menwa, Mahapala, SAR, Senam, Woodball, Riptek, Unsec, BP2M, REM FM, Kesenian,Teater SS, Clik, Busana, Boga, KSR, UKKI, UKKK, dan Design.

Kegiatan yang diselenggarakan Forum UKM ini mengusung tema “Gebyar Kreasi Pemuda Konservasi”. Panitia menyediakan dua panggung terbuka untuk menampilkan kebolehan masing-masing UKM secara bergantian.

Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum disela sela kegiatan menyampaikan, Unnes Fair ini sebagai wahana untuk mengenalkan UKM kepada mahasiswa baru sehingga mereka bisa mengenal sebih dekat tentang kegiatan apa yang ada di dalam UKM.

Sebab mahasiswa baru wajib menjadi anggota minimal satu UKM bisa memilih menjadi anggota aktif UKM yang sesuai dengan bakat dan minatnya, terang Rektor.

Rektor berharap, dengan sesuai minat dan bakat itu diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan potensi dirinya dan prestasi.

src : https://unnes.ac.id/berita/55-ukm-ramaikan-unnes-fair.html

 

57 UKM Ramaikan Semarak UNNES Fair 2016

Rabu, 28 September 2016 | 11:01 WIB


57 UKM Ramaikan Semarak UNNES Fair 2016
DOC/HUMAS

UNNES Fair telah menjadi event tahunan yang dinantikan warga Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kian tahun UNNES Fair kian berkembang dan telah berhasil menjadi pesta karya mahasiswa UNNES. Dengan dukungan penuh dari Universitas, event UNNES Fair dapat memberikan dampak positif bagi karya unggul mahasiswa.

Semarak UNNES Fair 2016 di Hutan Mini UNNES resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rustono, Rabu (28/09). Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung dua hari dengan memamerkan produk unggulan dari 57 UKM.

Karya yang ditampilkan mulai dari karya teknologi tepat guna, desain busana, lukisan, alat permainan edukatif, jurnal ilmiah, dan produk usaha.

Panitia berharap partisipasi peserta pameran ditingkatkan lagi pada kegiatan sejenis tahun mendatang sehingga tujuan utama kegiatan ini, yaitu untuk lebih mengenalkan UNNES kepada masyarakat luas dapat tercapai.

src ; https://unnes.ac.id/berita/57-ukm-ramaikan-semarak-unnes-fair-2016.html

 

Tampilkan Ajang Unjuk Bakat 57 UKM dan Komunitas, UNNES Fair Kembali Digelar

Selasa, 19 September 2017 | 10:37 WIB


Tampilkan Ajang Unjuk Bakat 57 UKM dan Komunitas, UNNES Fair Kembali Digelar
ABD AZIZ STUDENT STAFF/HUMAS

Dalam rangka ajang unjuk bakat dan pengenalan komunitas mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada mahasiswa baru, UNNES Fair kembali digelar pada Selasa dan Rabu (19-20/9/2017) di pelataran Hutan Mini UNNES, Sekaran. Pada gelaran UNNES Fair kali ini, terdapat 57 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan komunitas yang mengikuti acara ini.

UKM dan komunitas tersebut antara lain UKM Resimen Mahasiswa, Woodball, Senam, Teater SS, REM FM, Riptek, EDS, Kesenian Jawa, Clic, UKKI, UKKK, Tim Pandawa, Reptil, dan lain sebagainya.

Acara yang diselenggarakan oleh Forum UKM UNNES ini mengusung tema “Gelora Edukatif Karya Nyata UNNES Reputasi”. Terdapat dua panggung terbuka yang disediakan oleh panitia untuk menampilkan kebolehan dari setiap UKM secara bergantian.

Selain diisi dengan stand UKM, acara UNNES Fair kali ini juga diisi dengan stand food court bagi mahasiswa yang ingin mencicipi sajian kuliner khas sekitar UNNES dan fashion store. Terdapat pula bintang tamu grup band lokal, Young Generation, yang akan memberikan hiburan di hari kedua acara ini. Yang berbeda dalam gelaran UNNES Fair kali ini adalah adanya band competition yang dapat diikuti oleh mahasiswa UNNES.

Disambut oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Bambang Budi Raharjo, beliau mengapresiasi acara ini sebagai bentuk penyaluran bakat dari mahasiswa baru. Diharapkan para mahasiswa dapat mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa yang sesuai dengan bakat dan minatnya, sehingga dapat berprestasi untuk meningkatkan reputasi UNNES.

(Cesar Abdul, Student Staff)

src : https://unnes.ac.id/berita/tampilkan-ajang-unjuk-bakat-57-ukm-dan-komunitas-unnes-fair-kembali-digelar.html

 

UNNES Fair 2018, Wadah Mahasiswa Baru Menyumbang Prestasi

Selasa, 28 Agustus 2018 | 13:57 WIB


UNNES Fair 2018, Wadah Mahasiswa Baru Menyumbang Prestasi
HUMAS/DOK

Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menggelar UNNES Fair 2018 di Kawasan Hutan Mini UNNES Sekaran Gunungpati untuk mengenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), komunitas serta prestasi yang diraih kepada mahasiswa baru sejak Selasa-Rabu (28-29/8).

Ketua Panitia Sigit Arif Hidayat melaporkan, UNNES Fair ini diselenggarakan oleh Forum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNNES dan diikuti oleh 57 UKM serta komunitas seluruh UNNES.

Ke 57 UKM dan komunitas tersebut diantaranya UKM Menwa, Pramuka, Mahapala, SAR, Tarung Derajat, Woodball, Senam, Teater SS, REM FM, Riptek, Kesenian Jawa, Clic, UKKI, UKKK, Panahan, Teknologi Quran, Reptil, Wushu, Penelitian, Catur, Marching Band, dan Usaha Busana. Pada acara yang bertemakan “Unity in Diversity” ini dimeriahkan dengan adanya panggung hiburan, stand makanan dan photobooth.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang BR saat membuka UNNES Fair menyampaikan, jadilah mahasiswa yang kreatif dengan mengikuti UKM. Selain itu, dengan menyalurkan bakat dan minat di UKM, para mahasiswa diharapkan dapat mengukir prestasi dan memamerkan hasil karyanya.

Salah satu Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Farah Yumna Faqiha masuk menjadi anggota UKM Panahan untuk meningkatkan bakat dan minatnyakarena sudah beberapa kali mendulang prestasi bidang olahraga diantaranya Juara 1 & 3 Pakualam Cup 2018 tingkat nasional, Juara 3 Kejurnas PPLP 2017 tingkat nasional dan Juara 3 Popnas 2017 tingkat nasional.

Alumni SMA N 1 Semarang ini berharap dapat mengikuti dan meraih medali emas di POMNAS 2019 mewakili UNNES. Dirinya mengaku senang karena mendapat fasilitas dan dukungan penuh dari UNNES.

src : https://unnes.ac.id/berita/unnes-fair-2018-wadah-mahasiswa-baru-menyumbang-prestasi.html

 

Unnes Fair 2019 Ajang UKM Rekrut Anggota Baru

Selasa, 10 September 2019 21:52
ISTIMEWA
Stan Unit Kegiatan Mahasiswa di Unnes Fair 2019, Senin (10/9/2019)

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Sebanyak 59 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dipamerkan dalam Unnes Fair 2019.

Unnes Fair digelar selama dua hari, Senin dan Selasa (10-11/9/2019. Acara tersebut merupakan ajang bagi UKM di Unnes untuk merekrut anggota baru.

Setiap UKM memamerkan ketrampilan di panggung Unnes Fair secara bergantian.

Panitia juga menyediakan stan bagi seluruh UKM sebagai tempat menerima pendaftaran anggota baru atau sekedar konsultasi.

Stan tersebut juga dimanfaatkan sebagai tempat memamerkan prestasi yang pernah diraih oleh UKM.

“Unnes Fair hari ini ada demo expo UKM melalui penampilan dari UKM. Jumlah UKM ada 59 dan 7 komunitas dari internal maupun luar Unnes,” sebut Ketua Panitia Unnes Fair 2019, Arif Febriyana.

Ia menyebutkan, Unnes Fair hari pertama ini diikuti oleh mahasiswa baru dari empat fakultas, yaitu Fakultas Teknit, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum.

Sementara di hari kedua, Selasa (11/9/2019) esok, akan diikuti mahasiswa baru dari empat fakultas tersisa yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Bahasa dan Seni, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Menurutnya, sekitar 7.038 mahasiswa baru mengikuti Unnes Fair. Ia mengatakan, Unnes Fair rutin diselenggarakan setiap tahun setelah penerimaan mahasiswa baru.

“Tujuan Unnes Fair untuk regenarasi bagi UKM. Mahasiswa yang aktif di UKM dapat mengikuti lomba dan mengharumkan nama Unnes,” ucapnya.

Satu di antara mahasiswa baru, Diasty Ayu, mengatakan, begitu banyak mahasiswa yang hadir di Unnes Fair sehingga cukup berdesakan. Namun, ia tetap memilih UKM untuknya aktif berorganisasi selain berkuliah.

“Banyak UKM yang ada tetapi saya memilih UKM Musik sama UKM Komperasi Mahasiswa,” ucap mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Guru Paud tersebut.(*)
Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Unnes Fair 2019 Ajang UKM Rekrut Anggota Baru, https://jateng.tribunnews.com/2019/09/10/unnes-fair-2019-ajang-ukm-rekrut-anggota-baru. Penulis: Jamal A. Nashr – Editor: galih permadi

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: