Pengertian Open Source

Pengertian Open Source

Pengertian open source dan contohnya dapat kamu baca dan pahami di artikel ini. Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk softwere (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari softwere tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan softwere tersebut menjadi lebih baik lagi. Keunggulan dari open source softwere ini yaitu dapat di peroleh secara free atau gratis tanpa perlu membayar lisensi softwere. Dan biasanya open source softwere dapat di peroleh di internet, salah satu softwere open source yang terkenal yaitu sistem operasi komputer Linux.

Open source softwere ini sangat di tunjang oleh internet, awalnya open source di-unduh dari internet lalu digunakan oleh orang yang memakainya dan dapat di perbaiki atau di kembangkan lagi jika terdapat kekurangan pada softwere tersebut. Dan hasil dari pengembangannya softwere tersebut akan dipublikasikan ke internet lagi, dan dapat di gunakan oleh orang banyak. Pada saat ini sangat mudah sekali untuk mendapatkan open source softwere di internet.

macam-macam aplikasi open source | sumber gambar: bedahinformatika.blogspot.com

Tentunya dalam pengembangan open source software melibatkan banyak sekali orang dari berbagai belahan dunia, yang berinteraksi melalui dunia maya atau jaringan internet. Maka seiring berkembangnya teknologi semakin banyak bermuculan berbagai macam softwere yang dibuat berbasis open source yang di upload ke internet. Pola dari open source ini telah banyak melahirkan develover yang sangat handal.

Softwere yang gratis atau free softwere yang berbasis open source buka program yang ecek-ecek, jangan mengaggap bahwa jika softwere yang gratis itu kurang bagus kualitasnya. Karena sudah banyak terbukti kehebatan dan kehandalan dari open source softwere. Karena free software yang berbasis open source telah banyak melalui proses perbaikan yang terus menerus sehingga softwer-nya akan semakin sempurna.

Contoh Softwere Open source

Berikut ini merupakan beberapa contoh open source softwere yang populer, diantaranya seperti di bawah:

  • Linux, merupakan software sistem operasi yang gratis dan sangat populer.
  • XAMPP, merupakan paket softwere yang berguna untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk juga di dalamnya Apache dan MySQL (database).
  • Mozilla Firefox, merupakan softwere yang berguna untuk menjelajahi halaman web di internet.
  • OpenOffice, merupakan paket softwere perkantoran yang berguna untuk mengolah kata, tabel dan database.
  • osCommerce, merupakan softwere aplikasi web yang digunakan untuk toko online.
  • ClamAV & ClamWin, merupakan softwere antivirus.
  • Audacity, merupakan softwere perekam sekaligus pengolah audio.
  • GIMP, merupakan softwere pengolah foto dan juga gambar digital.
  • VideoLAN, merupakan softwere pemutar file multimedia.
  • Blender, merupakan program untuk pembuatan model 3 (tiga) dimensi, misalnya seperti animasi dan game.
  • Filezilla, merupakan softwere jaringan yang berfungsi untuk transfer file via protokol FTP pada jaringan komputer atau jaringan internet.
  • Mplayer, merupakan ssoftwere pemutar musik yang berbasis open source.

sumber:https://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-open-source-dan-contohnya-lengkap.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: