Social Bookmarking

Apa sih Social Bookmarking itu?

Apakah kalian pernah mengirimkan link ke temen kalian tentang suatu yang menarik? jika iya berarti kalian pernah mempraktikan social bookmarking itu secara tidak sadar.
Social bookmarking adalah menandai sebuah website dan menyimpannya untuk dibaca nanti. Pernahkah kalian menggunakan bookmark di browser kalian? jika kalian pernah  biasanya kalian menyimpannya dalam bookmark browser. Namun,  social bookmarking Bookmark kalian disimpan dalam database website. Dan karena bookmark kalian online maka kalian bisa share ke teman-teman dengan mudah dan cepat.

Apa sih Manfaat dari Social Bookmarking untuk Kalian?

Tidak hanya dapat menyimpan website favorit kalian dan fitur sharing saja. Akan tetapi, kalian juga dapat melihat apa yang orang lain tag untuk dibookmark pada social bookmarking yang menurutnya mungkin menarik. Rata-rata website social bookmarking dapat mengeksplorasi semua yang sudah di bookmark orang yang menggunakan social bookmarking. Mulai dari yang baru saja di bookmark, populer, dan berdasarkan kategori tertentu seperti teknologi, startup, news, sport dan lain lain.
Bahkan kita dapat mencari seperti saat kalian menggunakan fitur search pada google. Fitur search ini sudah menggunakan algoritma yang dapat menangani metode pencarian yang mirip seperti google.

Kemudian Apa Social News? Apakah Social News seperti Social Bookmarking?

Digg dan Reddit merupakan salah contoh social bookmarking yang dapat di kategorikan social news. Hal ini dikarenakan yang di bookmark para usernya berhubungan dengan website yang membahas politik, sport, teknologi, dan lain sebagainya.

Social news website berbeda dari social bookmarking biasa, yang membedakan adalah berdasarkan spesifikasi yang di bookmark. Kalau social news lebih ke artikel atau postingan yang membahas tentang sesuatu, bukan websitenya. Mungkin karena hal ini dan usernya yang sangat banyak dapat menjadi sumber berita yang sangat besar dan selalu update seperti reddit.  Selain itu, dengan fitur comment, upvote dan lain sebagainya sehingga user dapat berdiskusi dengan user lainnya.

Bagaimana Social Bookmarking Dapat Berguna Bagi Kalian?

Dengan Social Bookmarking dan Social News kalian dapat mencari sesuai dengan kategori yang sudah ada. Kalian juga dapat mengetikkan kata atau kategori yang ingin  dicari dan search engine akan mencarikan  sesuai yang kalian hendaki.

Saat kalian membuka beberapa Social Bookmarking untuk pertama kalinya, akan ditampilkan berdasarkan yang terbaru dan link yang populer. Kalian dapat mencari informasi yang. saling berhubungan dan masih fresh. Sebagai contoh kalian tertarik mengenai Kumpulan Comic Strip, kalian dapat mengetikkan di search engine dan akan dihadapkan dengan berbagai pilihan link. Ada link yang dengan vote ribuan dan ada yang sedikit vote, dengan seperti ini kalian akan terbantu dengan vote tersebut karena sudah direkomendasikan oleh user lain.
Yang berarti bahwa link dengan ribuan vote mungkin adalah link yang terbaik. Dan ini akan mempermudah kalian daripada harus mengetikkan keyword Comic Strip di Search engine dan mencari halaman demi halaman yang mungkin gak berguna.

Jadi, inilah alasan mengapa social bookmarking hadir. Pada awalnya hanya membookmark dan share ke teman-teman kini dapat berkembang menjadi social search engine. Kalian gak perlu mencari di search engine dan mendapatkan ribuan hasil pencarian untuk mencari sesuatu yang kalian butuhkan. Seperti kalian mencari jarum dalam tumpukan jerami. Sekarang kalian tinggal buka situs social bookmarking seperti Delicious atau digg dan pilih sesuai kategori yang kalian minati untuk mencari situs yang populer.
Thanks :D

ref

http://blog.roziqbahtiar.com/apa-social-bookmarking-itu-dan-apa-manfaatnya/