Panduan Kegiatan Pembelajaran Kelas X Berdasarkan K13

Hello dears, kali ini Catatan Mumtazahmad akan berbagi mengenai silabus Sosiologi SMA khususnya kelas X.

Yang pertama yakni waktu.

Adapun alokasi waktunya yakni: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi dasar siswa dalam memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan serta sebagai materi pembelajaran Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis memiliki fungsi yaitu: Sosiologi sebagai ilmu sosial, Realitas sosial sebagai obyek kajian, dan Kehidupan sosial sebagai objektivitas. Yang mana kegiatan embelajaran itu dilakukan dengan Mengamati  gejala sosial, Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan Sosiologi, Mengidentifikasi dan menjelaskan gejala sosial dalam kehidupan bermasyarakat, Memberikan arti (menjelaskan), merumuskan (mengidentifikasi, menganalisis), dan menyimpulkan hasil pengamatan, dan Menyampaikan hasil pengamatan dan kesimpulannya dalam diskusi kelas mengenai fungsi ilmu sosiologi.

Kompetensi dasar siswa dalam mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat dan mengolah realitas individu, kelompok dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat memiliki materi belajar sebagai berikut: Individu, kelompok  dan hubungan sosial dalam pembentukan identitas perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib sosial. Kegiatan belajaryang dilakukan seperti mengamati berbagai bentuk hubungan sosial dan mengkaji hubungan sosial mengajukan pertanyaan tentang berbagai bentuk hubungan sosial, melakukan wawancara, menganalisis hasil  wawancara,menemukan konsep dasar Sosiologi, menyimpulkan hasil temuan Setelah itu siswa memaparkan hasil  pengamatan dan mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar Sosiologi baik secara individual mau pun berkelompok

Kompetensi dasar siswa dalam menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di  masyarakat dan kemampuan dalam mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat. Materi belajarnya yakni tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah Mengamati ragam gejala sosial di masyarakat sekitar seperti:

  • Mengajukan berbagai pertanyaan
  • Mendiskusikan berbagai pertanyaan
  • Melakukan survey di masyarakat
  • Menganalisis data dari hasil survei
  • Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial
  • mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai gejala sosial
  • melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat

adapun materi belajarnya yakni dengn metode penelitian sosial, merancang penelitian, merumuskan pertanyaan, teknik pengumpulan data, mengolah dan menganalisis data, merumuskan dan menyajikan hasil penelitian. Beberapa kegiatan belajar yang dilakukan dalam kompetensi ini yakni:

  • Melakukan kajian pustaka tentang metode-metode penelitian sosial
  • Mendiskusikan dan merumuskan pertanyaan terkait metode penelitian
  • Menyusun rancangan penelitian sederhana tentang berbagai gejala sosial
  • Melakukan penelitian sederhana menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi, dan kajian dokumen atau kajian pustaka tentang ragam gejala sosial
  • Menentukan topik penelitian, metode penelitian, dan jenis data
  • Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan data hasil penelitian
  • Menyusun laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah serta menyajikan hasil laporan dalam  berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan